ADWEB – Search Engine Optimization (SEO) merupakan suatu langkah untuk meningkatkan performa situs web sehingga dapat muncul di posisi puncak hasil pencarian pada mesin pencari seperti Google.
Salah satu usaha dalam pengoptimalan ini meliputi optimasi konten agar ramah terhadap SEO dan implementasi strategi pemasaran konten yang efektif. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang apa itu pemasaran konten dan cara untuk mengoptimasi konten SEO.
Apa Pengertian dari Content Marketing?
Jika Anda menggunakan strategi pemasaran digital untuk mempromosikan produk dan bisnis Anda, maka Anda tidak dapat mengesampingkan peran kunci dari content marketing.
Jadi, apa itu content marketing?
Content marketing adalah strategi pemasaran yang memprioritaskan pembuatan, distribusi, dan promosi konten yang relevan dan berharga bagi audiens target.
Keuntungan dari content marketing adalah menarik minat calon pelanggan, membangun kepercayaan, dan menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah ada.
Melalui pemasaran konten, merek dapat meningkatkan kesadaran merek, membentuk dan membangun citra positif sebuah brand, membangun reputasi bisnis yang baik, dan juga bisa mempengaruhi keputusan pembelian sebuah produk yang ditawarkan kepada konsumen.
7 Saran untuk Mengoptimalkan SEO pada Konten Situs Web
Anda dapat melakukan optimasi konten SEO melalui berbagai metode, termasuk melalui konten di situs web Anda. Berikut adalah beberapa cara untuk mengoptimalkan konten agar ramah SEO:
Menetapkan Strategi Pemasaran melalui Konten
Pada tahapan ini, Anda harus menetapkan strategi pemasaran konten dan tujuan dari pembuatan konten tersebut. Apakah tujuannya untuk membangun kesadaran merek, memperkenalkan produk, memberikan informasi tentang layanan, pengetahuan, atau planning untuk meluncurkan produk baru?
Lebih baik lagi jika dalam perencanaan konten, Anda juga bisa menyertakan contoh nyata tentang apa yang harus dilakukan demi mencapai tujuan tersebut.
Melakukan Riset Audiens dan Pasar
Sasaran Untuk mengoptimalkan konten, Anda perlu melakukan riset audiens dan pasar sasaran terlebih dahulu.
Bagaimana cara melakukan riset ini?
Anda dapat menerapkan pola mencari prospek untuk mengumpulkan data terkait preferensi audiens, kebiasaan belanja mereka, demografi, daya beli, dan lain-lain. Kemudian, Anda dapat menggunakan data hasil riset tersebut untuk merencanakan strategi konten yang lebih efektif.
Contoh: jika menemukan bahwa audiens lebih menyukai konten visual, maka Anda dapat menciptakan konten dengan dukungan foto, gambar, infografis, dan bentuk visual lain demi untuk menarik perhatian audiens dan mendorong mereka untuk melakukan sesuatu terhadap penawaran Anda (Misal : Pembelian).
Meningkatkan Kualitas Konten dan Menerapkan SEO Konten berkualitas tinggi
Meningkatkan Kualitas Konten dan Menerapkan SEO Konten berkualitas tinggi adalah kunci keberhasilan strategi pemasaran konten dan implementasi teknik SEO. Konten yang berkualitas tidak hanya akan memuaskan konsumen, tetapi juga diprioritaskan oleh Google yang lebih menghargai konten yang menjawab kebutuhan pengguna internet secara menyeluruh.
Oleh karena itu, ciptakanlah konten yang menarik, unik, dan dapat menjadi solusi atas berbagai masalah yang dihadapi konsumen.
Sertakan CTA
Anda dapat memasukkan CTA yang tepat untuk menarik perhatian audiens kepada produk, layanan, dan bisnis Anda.
CTA, atau singkatan dari Call to Action, merupakan frase, kata, tombol, atau spanduk yang bertujuan untuk mendorong pembaca konten untuk melakukan tindakan tertentu yang Anda saranakan setelah mereka membaca konten.
Dengan menggunakan kalimat ajakan yang menarik, Anda dapat mempengaruhi audiens untuk berpartisipasi dalam langkah-langkah yang Anda harapkan mereka lakukan.
Misalnya, Anda bisa membuat CTA yang mengajak audiens untuk “Dapatkan Diskon 10% dengan Berlangganan Newsletter” atau “Klik di Sini untuk Mendapatkan Penawaran Eksklusif”.
Secara prinsip, kalimat ajakan harus singkat,padat, jelas, dan juga menarik, sehingga mudah dipahami oleh audiens dan mereka akhirnya melakukan tindakan yang Anda rencanakan untuk mencapai tujuan pemasaran.
Penempatan Kata Kunci yang Tepat
Memilih kata kunci yang relevan merupakan langkah penting dalam mengoptimalkan konten SEO. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan penelitian kata kunci atau ‘keyword research’.
Pilihlah kata kunci yang sering digunakan oleh audiens saat melakukan pencarian di mesin pencari. Anda tidak harus selalu memilih kata kunci dengan volume pencarian yang besar, tetapi pastikan kata kunci tersebut relevan dengan produk, bisnis, dan topik yang dibahas dalam konten Anda.
Penerapan kata kunci juga memiliki metodenya sendiri. Idealnya, sebarkan kata kunci dalam konten secara merata dan tidak berlebihan. Penggunaan sinonim dan variasi kata kunci dianjurkan untuk memperkaya konten.
Penggunaan kata kunci yang sama secara berlebihan tanpa variasi antara kata kunci pendek dan panjang dapat menyebabkan artikel Anda terjebak dalam spamming kata kunci. Hal ini tentunya akan sangat merugikan bagi situs web Anda.
Ingatlah, Google lebih memprioritaskan konten yang layak dibaca oleh manusia, bukan hanya dimengerti oleh robot Google.
Membuat Judul yang Menimbulkan Rasa Ingin Tahu:
Headline atau judul merupakan bagian yang sangat penting yang akan menentukan apakah audiens akan mengklik tautan artikel situs web atau konten. Judul yang menarik dan membangkitkan rasa ingin tahu memiliki peluang yang lebih besar untuk mendorong audiens melakukan klik untuk mengetahui lebih lanjut.
Untuk meningkatkan peluang tersebut, Anda juga bisa memasukkan kata kunci dalam judul, URL, dan juga paragraf pertama konten.
Membuat URL yang SEO Friendly :
Dalam membuat URL untuk konten artikel di situs web, pastikan URL tersebut ramah SEO, seperti memastikan panjang URL tidak melebihi 55 karakter atau hanya terdiri dari 3-5 kata, memasukkan kata kunci dalam URL, menghindari penggunaan angka atau karakter khusus, dan lain sebagainya.
Optimasi URL konten dapat meningkatkan peluang konten untuk mendapatkan peringkat terbaik di mesin pencari dan meningkatkan visibilitas halaman. Selain itu, URL yang memberikan gambaran yang jelas tentang isi halaman sebelum pengguna mengaksesnya dapat meningkatkan daya tarik dan relevansi konten, serta mendukung strategi SEO secara keseluruhan.
Apakah Anda ingin situs web Anda beserta seluruh konten di dalamnya mendapatkan posisi teratas di halaman hasil pencarian mesin pencari? Jika ya, segera terapkan ketujuh metode optimasi konten untuk mencapai Target Optimasi SEO seperti yang telah dijelaskan di atas.