Cara Gabung Membership YouTube: Panduan Lengkap dan Terperinci

Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan membership YouTube, artikel ini akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara melakukannya. Membership YouTube adalah fitur yang memungkinkan para pengguna mendapatkan akses eksklusif ke konten kreator yang mereka sukai. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk bergabung dengan membership YouTube dan menikmati semua manfaat yang ditawarkannya.

Sebelum kita masuk ke detailnya, penting untuk mengetahui bahwa membership YouTube tidak gratis. Setiap kreator memiliki harga langganan yang berbeda-beda untuk keanggotaan mereka. Namun, dengan menjadi anggota, Anda akan mendapatkan akses ke konten eksklusif, emotikon unik, badge khusus, dan berbagai manfaat lainnya yang tidak tersedia untuk pengguna biasa. Jadi, jika Anda ingin mendukung kreator yang Anda sukai dan mendapatkan akses eksklusif ke kontennya, berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk bergabung dengan membership YouTube.

Membuka Aplikasi YouTube

Langkah pertama dalam bergabung dengan membership YouTube adalah membuka aplikasi YouTube di perangkat Anda. Pastikan Anda telah mengunduh dan memperbarui aplikasi YouTube ke versi terbaru untuk mendapatkan fitur membership yang diperlukan.

Untuk membuka aplikasi YouTube, cari ikon YouTube di layar perangkat Anda dan ketuk untuk membukanya. Jika Anda belum mengunduh aplikasi YouTube, Anda dapat mengunduhnya secara gratis melalui toko aplikasi resmi di perangkat Anda. Setelah membuka aplikasi YouTube, pastikan Anda masuk ke akun Anda atau daftar akun baru jika Anda belum memiliki satu.

Pastikan Memperbarui Aplikasi YouTube

Sebelum membuka aplikasi YouTube, pastikan Anda telah memperbarui aplikasi ke versi terbaru. Perbarui aplikasi melalui toko aplikasi resmi di perangkat Anda, seperti App Store untuk pengguna iOS atau Google Play Store untuk pengguna Android. Dengan memperbarui aplikasi, Anda akan mendapatkan akses ke fitur-fitur terbaru yang mungkin termasuk fitur membership YouTube.

Masuk atau Daftar Akun YouTube

Jika Anda sudah memiliki akun YouTube, pastikan Anda masuk ke akun tersebut sebelum melanjutkan. Dalam banyak kasus, Anda harus masuk ke akun YouTube untuk dapat bergabung dengan membership. Jika Anda belum memiliki akun YouTube, Anda dapat membuatnya dengan mengklik tombol “Daftar” atau “Sign Up” di layar masuk aplikasi YouTube.

Pilih Kanal Kreator

Setelah membuka aplikasi YouTube, cari kanal kreator yang menawarkan membership. Anda dapat mencarinya dengan menggunakan fitur pencarian di aplikasi atau menemukannya melalui rekomendasi di beranda Anda.

Untuk mencari kanal kreator, ketuk ikon kaca pembesar atau ikon pencarian di bagian bawah layar aplikasi YouTube. Ketikkan nama kreator atau topik yang Anda minati di kolom pencarian dan tekan tombol “Cari” di keyboard perangkat Anda. Hasil pencarian akan muncul, dan Anda dapat menelusuri daftar kanal kreator yang mungkin menawarkan membership.

Gunakan Filter Pencarian

Jika Anda ingin menyaring hasil pencarian untuk menemukan kanal kreator yang menawarkan membership, Anda dapat menggunakan filter pencarian. Ketuk ikon filter di sebelah kanan kolom pencarian dan pilih opsi “Membership” atau “Keanggotaan” dari daftar filter yang tersedia. Hal ini akan membatasi hasil pencarian hanya untuk kanal kreator yang memiliki fitur membership.

Temukan Kanal Melalui Rekomendasi

YouTube juga dapat memberikan rekomendasi kanal kreator yang menawarkan membership di beranda Anda. Jika Anda sering menonton konten dari kreator yang mirip atau terkait dengan kanal kreator dengan membership, YouTube mungkin akan menampilkan rekomendasi kanal tersebut di beranda Anda. Jelajahi rekomendasi ini untuk menemukan kanal kreator yang menarik bagi Anda.

Klik Tombol “Join”

Setelah menemukan kanal kreator yang Anda inginkan, buka kanal tersebut dan cari tombol “Join” atau “Bergabung”. Tombol ini biasanya terletak di bawah video atau di bagian deskripsi kanal.

Untuk bergabung dengan membership YouTube, Anda perlu mengklik tombol “Join” atau “Bergabung”. Tombol ini biasanya berwarna merah atau biru dan ditempatkan dengan jelas di halaman kanal kreator. Jika tidak ada tombol “Join” atau “Bergabung” yang terlihat, coba gulir ke bawah halaman kanal atau periksa bagian deskripsi kanal untuk menemukannya.

Tombol Bergabung di Bawah Video

Pada beberapa kanal kreator, Anda akan menemukan tombol “Join” atau “Bergabung” di bawah video yang mereka unggah. Tombol ini seringkali terletak di sebelah tombol “Like” dan “Subscribe”. Cari tombol tersebut di bawah video kanal kreator yang menawarkan membership dan klik untuk melanjutkan proses bergabung.

Tombol Bergabung di Bagian Deskripsi Kanal

Jika tidak ada tombol “Join” atau “Bergabung” di bawah video, periksa bagian deskripsi kanal kreator. Beberapa kreator memasukkan tombol “Join” atau “Bergabung” di bagian deskripsi kanal sebagai opsi untuk bergabung dengan membership. Gulir ke bawah halaman kanal dan cari tombol tersebut di bagian deskripsi kanal.

Pilih Tipe Keanggotaan

Setelah mengklik tombol “Join”, Anda akan melihat pilihan tipe keanggotaan yang ditawarkan oleh kreator. Pilih tipe keanggotaan yang sesuai dengan preferensi dan anggaran Anda.

Tipe keanggotaan yang ditawarkan oleh kreator dapat bervariasi, tergantung pada kreator tersebut. Beberapa kreator menawarkan harga langganan bulanan, sementara yang lain menawarkan langganan tahunan dengan harga diskon. Beberapa kreator juga menawarkan tipe keanggotaan dengan manfaat ekstra, seperti akses ke grup eksklusif atau merchandise khusus. Teliti pilihan tipe keanggotaan yang ditawarkan oleh kreator dan pilih yang sesuai dengan preferensi Anda.

Pilih Tipe Keanggotaan Bulanan atau Tahunan

Banyak kreator menawarkan pilihan tipe keanggotaan bulanan atau tahunan. Tipe keanggotaan bulanan memungkinkan Anda membayar biaya langganan setiap bulan, sementara tipe keanggotaan tahunan memungkinkan Anda membayar biaya langganan sekali dalam setahun. Tipe keanggotaan tahunan sering kali lebih murah daripada tipe bulanan, karena kreator menawarkan diskon untuk langganan jangka panjang.

Periksa Manfaat Tambahan

Beberapa kreator menawarkan manfaat tambahan untuk tipe keanggotaan tertentu. Misalnya, beberapa kreator memberikan akses ke grup eksklusif di platform lain, seperti Discord atau Facebook. Beberapa kreator juga memberikan merchandise eksklusif kepada anggota mereka. Periksa manfaat tambahan yang ditawarkan oleh kreator dan pastikan Anda memilih tipe keanggotaan yang memberikan manfaat yang paling menarik bagi Anda.

Verifikasi Pembayaran

Setelah memilih tipe keanggotaan, Anda akan diarahkan ke halaman pembayaran. Verifikasi pembayaran dengan memasukkan detail kartu kredit atau menggunakan metode pembayaran lain yang tersedia.

Untuk memverifikasi pembayaran, ikuti petunjuk pada layar. Jika Anda memilih untuk membayar dengan kartu kredit, masukkan detail kartu kredit Anda, seperti nomor kartu, tanggal kadaluwarsa, dan kode keamanan. Pastikan informasi yang Anda masukkan benar dan validuntuk menghindari masalah dengan pembayaran. Jika Anda memiliki metode pembayaran lain yang tersedia, seperti PayPal atau voucher hadiah, pilih opsi tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan.

Periksa Detail Pembayaran

Sebelum mengonfirmasi pembayaran, pastikan untuk memeriksa kembali detail pembayaran Anda. Pastikan jumlah biaya langganan sesuai dengan tipe keanggotaan yang Anda pilih. Periksa juga informasi pembayaran yang Anda masukkan, seperti nomor kartu kredit atau alamat email PayPal, untuk memastikan tidak ada kesalahan.

Konfirmasi Pembayaran

Setelah memverifikasi dan memeriksa kembali detail pembayaran, klik tombol “Konfirmasi” atau “Beli Sekarang” untuk menyelesaikan pembayaran. Setelah pembayaran berhasil, Anda akan menerima konfirmasi melalui email atau pemberitahuan di aplikasi YouTube bahwa Anda telah resmi menjadi anggota kanal kreator tersebut.

Nikmati Manfaat Keanggotaan

Setelah pembayaran berhasil, Anda sekarang telah resmi menjadi anggota kanal kreator tersebut. Nikmati semua manfaat keanggotaan, seperti akses ke konten eksklusif, emotikon unik, badge khusus, dan lainnya.

Manfaat keanggotaan YouTube dapat bervariasi tergantung pada kreator. Beberapa kreator mungkin memberikan akses eksklusif ke video yang tidak tersedia untuk pengguna biasa. Beberapa kreator juga mungkin memberikan emotikon khusus yang dapat Anda gunakan saat mengomentari video mereka. Selain itu, Anda juga dapat mendapatkan badge khusus yang menunjukkan status keanggotaan Anda ketika mengomentari video kreator tersebut.

Akses Konten Eksklusif

Salah satu manfaat utama menjadi anggota kanal kreator adalah mendapatkan akses eksklusif ke konten mereka. Kreator dapat mengunggah video atau konten lain yang hanya dapat dilihat oleh anggota mereka. Ini memberi Anda kesempatan untuk melihat konten yang tidak tersedia bagi pengguna biasa dan merasakan pengalaman yang lebih mendalam dengan kreator yang Anda sukai.

Emotikon Unik dan Badge Khusus

Sebagai anggota kanal kreator, Anda juga dapat menggunakan emotikon unik atau badge khusus saat mengomentari video mereka. Emotikon ini dapat memberikan ekspresi yang lebih kaya saat Anda berinteraksi dengan kreator dan komunitas mereka. Badge khusus juga memungkinkan Anda menunjukkan status keanggotaan Anda di komentar, menjadikan Anda bagian dari komunitas yang eksklusif.

Mengelola Keanggotaan

Jika Anda ingin mengelola keanggotaan Anda, termasuk membatalkannya atau mengubah tipe keanggotaan, Anda dapat melakukannya melalui pengaturan akun YouTube Anda.

Akses Pengaturan Akun

Untuk mengelola keanggotaan YouTube, buka aplikasi YouTube dan masuk ke akun Anda. Setelah itu, ketuk ikon profil Anda di pojok kanan atas layar untuk membuka menu pengaturan. Cari dan ketuk opsi “Pengaturan” untuk membuka halaman pengaturan akun Anda.

Pilih Opsi Keanggotaan

Di halaman pengaturan akun, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Keanggotaan” atau “Membership”. Ketuk opsi ini untuk membuka halaman pengaturan keanggotaan Anda.

Ubah Tipe Keanggotaan

Di halaman pengaturan keanggotaan, Anda dapat mengubah tipe keanggotaan yang Anda pilih sebelumnya. Pilih opsi “Ubah” atau “Change” di sebelah tipe keanggotaan Anda dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengubah tipe keanggotaan.

Batalkan Keanggotaan

Jika Anda ingin membatalkan keanggotaan YouTube, pilih opsi “Batal Berlangganan” atau “Unsubscribe” di halaman pengaturan keanggotaan. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk membatalkan langganan Anda. Pastikan untuk membatalkan langganan sebelum tanggal pembayaran berikutnya agar tidak dikenakan biaya lagi.

Menghubungi Dukungan Pelanggan

Jika Anda mengalami masalah dengan keanggotaan YouTube atau memiliki pertanyaan lainnya, jangan ragu untuk menghubungi tim dukungan pelanggan YouTube melalui website resmi mereka atau melalui aplikasi YouTube.

Kunjungi Website Dukungan Pelanggan

Anda dapat mengunjungi website resmi dukungan pelanggan YouTube untuk mencari panduan dan solusi untuk masalah yang Anda alami. Cari “Dukungan Pelanggan YouTube” di mesin pencari Anda dan pilih situs resmi yang muncul. Di situs ini, Anda dapat mencari topik yang berkaitan dengan keanggotaan YouTube atau menghubungi tim dukungan pelanggan melalui formulir kontak yang disediakan.

Hubungi Dukungan Melalui Aplikasi YouTube

Jika Anda lebih suka menghubungi dukungan pelanggan melalui aplikasi YouTube, buka aplikasi dan masuk ke akun Anda. Ketuk ikon profil Anda di pojok kanan atas layar dan pilih opsi “Bantuan dan Umpan Balik” atau “Help and Feedback”. Di sini, Anda dapat mencari panduan dan menemukan opsi untuk menghubungi tim dukungan pelanggan melalui email atau obrolan langsung.

Membatalkan Keanggotaan

Jika suatu saat Anda ingin membatalkan keanggotaan YouTube, Anda dapat melakukannya melalui pengaturan akun YouTube atau melalui aplikasi YouTube. Pastikan untuk membatalkan langganan sebelum tanggal pembayaran berikutnya agar tidak dikenakan biaya lagi.

Batalkan Langganan Melalui Pengaturan Akun

Untuk membatalkan langganan YouTube melalui pengaturan akun, buka aplikasi YouTube dan masuk ke akun Anda. Buka menu pengaturan akun dengan mengklik ikon profil Anda di pojok kanan atas layar. Cari dan ketuk opsi “Pengaturan” untuk membuka halaman pengaturan akun Anda. Di halaman pengaturan, cari opsi “Keanggotaan” atau “Membership” dan ketuk untuk membuka halaman pengaturan keanggotaan Anda. Di halaman ini, Anda akan menemukan opsi untuk membatalkan langganan Anda.

Batalkan Langganan Melalui Aplikasi YouTube

Jika Anda lebih suka membatalkan langganan melalui aplikasi YouTube, buka aplikasi dan masuk ke akun Anda. Ketuk ikon profil Anda di pojok kanan atas layar dan pilih opsi “Keanggotaan” atau “Membership”. Di halaman keanggotaan, Anda akan menemukan opsi untuk membatalkan langganan Anda.

Mengikuti Kreator Lainnya

Selain menjadi anggota kanal kreator yang Anda sukai, Anda juga dapat mengikuti kreator lainnya dengan membership YouTube. Jelajahi berbagai kanal kreator yang menawarkan membership dan temukan konten eksklusif lainnya yang mungkin menarik bagi Anda.

Gunakan Fitur Pencarian

Untuk menemukan kreator lain yang menawarkan membership, gunakan fitur pencarian di aplikasi YouTube. Ketuk ikon kaca pembesar atau ikon pencarian di bagian bawah layar untuk membuka kolom pencarian. Ketikkan kata kunci yang relevan dengan topik yang Anda minati, seperti “gaming”, “musik”, atau “kuliner”, dan tekan tombol “Cari” di keyboard perangkat Anda. Hasil pencarian akan muncul, dan Anda dapat menelusuri daftar kanal kreator yang menawarkan membership.

Gunakan Rekomendasi YouTube

YouTube juga dapat memberikan rekomendasi kanal kreator yang menawarkan membership di beranda Anda. Jika Anda sering menonton konten dari kreator yang mirip atau terkait dengankanal kreator dengan membership, YouTube mungkin akan menampilkan rekomendasi kanal tersebut di beranda Anda. Jelajahi rekomendasi ini untuk menemukan kanal kreator yang menarik bagi Anda.

Ikuti Kreator dengan Membership Serupa

Jika Anda menemukan kanal kreator yang menawarkan membership dan Anda menyukainya, coba cari kreator lain dengan topik atau genre yang serupa. Banyak kreator yang memiliki minat dan konten yang mirip, sehingga Anda mungkin menemukan kanal kreator lain yang menawarkan membership dan dapat memberikan pengalaman yang serupa.

Gunakan Fitur “Berdasarkan Kanal Ini”

Setelah menemukan kanal kreator yang menawarkan membership, coba gunakan fitur “Berdasarkan Kanal Ini” di aplikasi YouTube. Fitur ini akan menampilkan rekomendasi kanal lain yang serupa dengan kanal yang Anda sedang lihat. Ketuk ikon tiga titik di samping nama kanal dan pilih opsi “Berdasarkan Kanal Ini” untuk melihat rekomendasi kanal lain yang mungkin menarik bagi Anda.

Panduan Lengkap Bergabung dengan Membership YouTube

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara bergabung dengan membership YouTube. Dari membuka aplikasi YouTube hingga mengikuti kreator dan menikmati manfaat keanggotaan, langkah-langkah tersebut akan membantu Anda menjadi bagian dari komunitas eksklusif yang ditawarkan oleh kreator yang Anda sukai. Jika Anda ingin mendukung kreator dan mendapatkan akses eksklusif ke konten mereka, jangan ragu untuk mengikuti panduan ini. Bergabunglah dengan membership YouTube sekarang dan nikmati semua manfaatnya!

Ingatlah bahwa setiap kreator memiliki kebijakan dan aturan yang berbeda untuk membership mereka. Pastikan untuk membaca dan memahami syarat dan ketentuan dari kanal kreator yang Anda pilih sebelum bergabung dengan membership. Selalu periksa harga langganan, manfaat keanggotaan, dan kebijakan pembatalan sebelum membuat keputusan akhir.

Jadilah bagian dari komunitas yang mendukung kreator yang Anda sukai dan nikmatilah konten eksklusif yang tidak tersedia untuk pengguna biasa. Bergabunglah dengan membership YouTube sekarang dan jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman yang lebih dalam dengan kreator favorit Anda!

Related video of Cara Gabung Membership YouTube: Panduan Lengkap dan Terperinci