Cara Download Story TikTok: Panduan Lengkap

Anda ingin tahu cara download story TikTok? Jika Anda tertarik untuk menyimpan atau mendownload story TikTok dari akun pengguna lain, kami telah menyusun panduan lengkap untuk Anda. TikTok telah menjadi platform populer di mana pengguna dapat berbagi video pendek kreatif mereka. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara mengunduh story TikTok yang menarik perhatian mereka. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah detail tentang cara download story TikTok dengan mudah. Mari kita mulai!

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk diingat bahwa mengunduh dan menggunakan konten orang lain harus dilakukan dengan hormat dan mematuhi hak cipta. Pastikan Anda hanya mengunduh dan menggunakan konten yang memiliki izin dari pemiliknya atau yang diizinkan oleh platform seperti TikTok.

Membuka Aplikasi TikTok

Langkah pertama untuk mendownload story TikTok adalah membuka aplikasi TikTok di perangkat Anda. Pastikan Anda telah masuk ke akun Anda atau buat akun baru jika Anda belum memilikinya. Setelah masuk, Anda akan melihat beranda TikTok dengan video-video yang diposting oleh pengguna lain.

Setelah membuka aplikasi TikTok, Anda akan melihat berbagai video pendek yang diposting oleh pengguna lain. Anda dapat menjelajahi video-video ini dengan menggulir ke atas dan ke bawah. Jika Anda menemukan video yang menarik dan ingin mengunduh story-nya, langkah selanjutnya adalah menemukan akun pengguna yang memposting video tersebut.

Untuk menemukan akun pengguna, cukup ketuk avatar pengguna atau nama pengguna di bagian bawah video. Ini akan membawa Anda ke halaman profil pengguna tersebut.

Profil Pengguna

Setelah Anda berada di halaman profil pengguna, Anda dapat melihat semua video yang diposting oleh pengguna tersebut. Jika pengguna memiliki story yang ingin Anda unduh, Anda perlu membuka story tersebut terlebih dahulu.

Pada halaman profil pengguna, Anda dapat menemukan tab “Story” di antara tab-video lainnya seperti “Grid” atau “Liked”. Ketuk tab “Story” untuk melihat semua story yang telah diposting oleh pengguna tersebut.

Buka Story TikTok

Setelah Anda membuka tab “Story” pada halaman profil pengguna, Anda akan melihat daftar semua story TikTok yang telah diposting oleh pengguna tersebut. Story TikTok biasanya berupa video pendek atau serangkaian foto dan video yang menceritakan cerita singkat.

Anda dapat menggulir ke samping untuk melihat semua story yang tersedia. Ketuk story TikTok yang ingin Anda unduh untuk membukanya secara penuh.

Menonton Story TikTok

Saat Anda membuka story TikTok, Anda dapat menontonnya dengan mengklik tombol play. Story TikTok biasanya berlangsung selama beberapa detik dan berisi konten yang kreatif dan menarik.

Selama menonton story TikTok, Anda dapat melakukan berbagai tindakan seperti menggulir ke samping untuk melihat story berikutnya, mengklik ikon suara untuk menghidupkan atau mematikan suara, atau mengklik ikon hati untuk memberikan tanda suka. Namun, jika Anda ingin mengunduh story tersebut, ada beberapa langkah tambahan yang perlu Anda ikuti.

Klik Tombol Bagikan

Setelah story TikTok terbuka, Anda akan melihat berbagai ikon di bagian bawah layar. Cari ikon “Bagikan” yang biasanya terlihat seperti panah keluar. Ketuk ikon ini untuk melanjutkan.

Setelah Anda mengklik ikon “Bagikan”, Anda akan melihat beberapa opsi untuk membagikan story TikTok. Opsi ini termasuk mengirim story melalui pesan, membagikannya ke platform media sosial lain, atau menyalin tautan story.

Salin Tautan Story TikTok

Untuk mengunduh story TikTok, Anda perlu menyalin tautan story tersebut. Pilih opsi “Salin Tautan” atau “Copy Link” untuk menyalin tautan story TikTok ke clipboard perangkat Anda.

Setelah menyalin tautan story TikTok, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk mengunduhnya menggunakan aplikasi pengunduh yang kompatibel dengan TikTok.

Buka Aplikasi Pengunduh

Setelah Anda menyalin tautan story TikTok, Anda perlu membuka aplikasi pengunduh yang kompatibel dengan TikTok di perangkat Anda. Ada beberapa aplikasi pengunduh yang tersedia di toko aplikasi, pilih salah satu yang sesuai dengan perangkat Anda.

Pastikan Anda mengunduh aplikasi pengunduh yang terpercaya dan memiliki fitur yang Anda butuhkan. Baca ulasan pengguna dan periksa rating aplikasi sebelum mengunduhnya.

Aplikasi Pengunduh TikTok

Ada beberapa aplikasi pengunduh yang dirancang khusus untuk mengunduh konten dari platform TikTok. Beberapa aplikasi ini memiliki fitur tambahan seperti konversi format file, pengaturan kualitas video, atau kemampuan untuk mengunduh story dari pengguna yang tidak Anda ikuti.

Pilih aplikasi pengunduh TikTok yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan aplikasi tersebut kompatibel dengan perangkat Anda.

Tempelkan Tautan Story TikTok

Setelah membuka aplikasi pengunduh, Anda perlu menempelkan tautan atau URL story TikTok yang telah Anda salin sebelumnya. Biasanya, ada opsi “Paste” atau “Tempelkan” di aplikasi pengunduh yang dapat Anda gunakan.

Selain itu, beberapa aplikasi pengunduh TikTok juga memiliki opsi untuk langsung memasukkan tautan story TikTok saat Anda membuka aplikasinya. Ini akan memudahkan Anda untuk mengunduh story TikTok tanpa perlu menyalin dan menempel tautan secara manual.

Pastikan Tautan Tersalin dengan Benar

Setelah menempelkan tautan story TikTok, pastikan Anda memeriksa kembali apakah tautan tersebut tersalin dengan benar. Jika tautan tidak terlihat atau terpotong, Anda mungkin perlu menyalin ulang tautan tersebut dan mencoba lagi.

Pastikan juga bahwa tautan yang Anda salin adalah tautan story TikTok yang ingin Anda unduh. Terkadang, pengguna TikTok juga membagikan tautan video atau tautan ke profil mereka, bukan tautan langsung ke story. Jadi, pastikan tautan yang Anda salin benar-benar mengarah ke story TikTok yang ingin Anda unduh.

Pilih Format dan Kualitas

Pada langkah ini, Anda akan diminta untuk memilih format dan kualitas file yang ingin Anda unduh. Beberapa aplikasi pengunduh TikTok menawarkan beberapa pilihan format file seperti MP4, AVI, atau MKV. Selain itu, Anda juga dapat memilih kualitas video yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda ingin mengunduh story TikTok dengan kualitas terbaik, pilih opsi “Kualitas Tinggi” atau “High Quality”. Namun, perlu diingat bahwa semakin tinggi kualitas video, semakin besar ukuran file yang akan diunduh.

Pilihan Format dan Kualitas

Masing-masing aplikasi pengunduh TikTok memiliki tampilan yang berbeda untuk memilih format dan kualitas file. Beberapa aplikasi memiliki tombol “Pengaturan” atau “Setting” yang harus Anda ketuk untuk mengakses pilihan format dan kualitas.

Selain itu, ada juga aplikasi pengunduh TikTok yang secara otomatis mengunduh video dengan format dan kualitas terbaik yang didukung oleh perangkat Anda. Jadi, jika Anda tidak ingin repot memilih format dan kualitas secara manual, Anda dapat menggunakan opsi default dari aplikasi tersebut.

Klik Unduh

Setelah Anda memilih format dan kualitas file, Anda perlu menemukan tombol “Unduh

Konfirmasi Unduhan

Sebelum memulai proses pengunduhan, beberapa aplikasi pengunduh TikTok mungkin akan menampilkan halaman konfirmasi terakhir. Halaman ini biasanya berisi informasi tentang ukuran file yang akan diunduh dan ruang penyimpanan yang tersedia di perangkat Anda.

Periksa kembali informasi ini dan pastikan Anda memiliki cukup ruang penyimpanan untuk menyimpan file yang akan diunduh. Jika semuanya sudah siap, klik tombol “Unduh” atau “Download” untuk memulai proses pengunduhan.

Proses Pengunduhan

Saat proses pengunduhan berlangsung, Anda akan melihat status pengunduhan yang menunjukkan berapa persen file yang telah diunduh. Durasi pengunduhan dapat bervariasi tergantung pada ukuran file dan kecepatan internet Anda.

Untuk memastikan pengunduhan berjalan lancar, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cukup cepat. Gangguan pada koneksi internet dapat menyebabkan pengunduhan gagal atau berhenti di tengah jalan.

Simpan Story TikTok

Setelah proses pengunduhan selesai, story TikTok akan tersimpan di perangkat Anda. Anda dapat mengakses dan melihatnya kapan saja tanpa perlu koneksi internet.

Untuk mengakses story TikTok yang telah diunduh, buka aplikasi galeri atau aplikasi pengelola file di perangkat Anda. Cari folder atau direktori di mana file tersebut disimpan, dan Anda akan menemukan file story TikTok yang telah diunduh.

Pentingnya Menghormati Hak Cipta

Sebagai pengguna TikTok, penting bagi kita untuk menghormati hak cipta konten orang lain. Meskipun Anda dapat mengunduh story TikTok dari pengguna lain, penggunaan konten tersebut harus tetap sesuai dengan aturan yang berlaku dan hanya digunakan untuk keperluan pribadi.

Jangan mengunggah ulang atau menggunakan kembali konten orang lain tanpa izin yang sah. Jika Anda ingin menggunakan konten TikTok untuk tujuan komersial atau publik, pastikan Anda mendapatkan izin dari pemilik konten atau mengikuti pedoman yang diberikan oleh TikTok.

Penutup

Dalam artikel ini, kami telah membahas langkah-langkah detail tentang cara download story TikTok. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah mengunduh story TikTok yang menarik perhatian Anda. Penting untuk diingat bahwa pengunduhan dan penggunaan konten orang lain harus dilakukan dengan hormat dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Pastikan Anda hanya mengunduh dan menggunakan konten yang memiliki izin dari pemiliknya atau yang diizinkan oleh platform seperti TikTok. Jaga juga privasi dan keamanan Anda selama menggunakan aplikasi TikTok.

Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mendownload story TikTok!

Related video of Cara Download Story TikTok: Panduan Lengkap