Cara Edit Suara di TikTok: Panduan Lengkap untuk Mengedit Suara di Aplikasi TikTok

TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial paling populer di dunia, terutama di kalangan generasi muda. Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh TikTok adalah kemampuan untuk mengedit suara dalam video Anda. Dengan menggunakan berbagai efek suara, Anda dapat membuat konten yang unik dan kreatif yang akan menarik perhatian pengguna TikTok lainnya.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara edit suara di TikTok. Kami akan menjelaskan langkah-langkah detail tentang bagaimana Anda dapat mengedit suara di aplikasi ini, serta memberikan tips dan trik untuk meningkatkan kualitas suara Anda. Jadi, jika Anda ingin membuat konten TikTok yang menarik dan unik, teruslah membaca!

Mengakses Fitur Edit Suara di TikTok

Untuk mengedit suara di TikTok, Anda perlu mengakses fitur edit suara yang tersedia di aplikasi ini. Caranya sangat mudah. Setelah Anda membuka aplikasi TikTok dan masuk ke tampilan kamera, Anda akan melihat beberapa ikon di sebelah kanan layar. Salah satunya adalah ikon suara, yang terlihat seperti gelombang suara. Ketuk ikon ini untuk mengakses fitur edit suara di TikTok.

Menavigasi Menu Edit Suara

Setelah Anda mengakses fitur edit suara, Anda akan melihat menu yang menampilkan berbagai opsi untuk mengedit suara. Di bagian atas layar, Anda akan melihat opsi “Suara” dan “Musik”. Opsi “Suara” memungkinkan Anda untuk merekam suara langsung di aplikasi, sementara opsi “Musik” memungkinkan Anda untuk menambahkan musik dari perpustakaan TikTok. Anda juga akan melihat pilihan “Efek” yang mencakup berbagai efek suara yang dapat Anda terapkan pada video Anda.

Memilih Suara dari Perpustakaan TikTok

Jika Anda ingin menggunakan suara dari perpustakaan TikTok, Anda dapat menavigasi menu “Suara” dan mencari suara yang sesuai dengan video Anda. TikTok menyediakan berbagai suara yang dapat Anda pilih, mulai dari klip suara terkenal hingga suara-suara lucu dan unik. Anda dapat menggunakan fitur pencarian untuk mencari suara berdasarkan kata kunci atau menjelajahi kategori yang tersedia.

Rekam Suara Sendiri di TikTok

Jika Anda ingin merekam suara sendiri untuk digunakan dalam video TikTok Anda, Anda dapat memilih opsi “Suara” dan kemudian menggunakan tombol rekam yang tersedia. Ketuk tombol rekam dan mulailah merekam suara Anda. Setelah Anda selesai merekam, Anda dapat mengedit suara tersebut dan menyesuaikannya sesuai keinginan Anda.

Membuang Suara yang Tidak Diinginkan

Ketika Anda merekam video TikTok, mungkin ada suara latar yang tidak diinginkan. Untungnya, TikTok menyediakan fitur untuk membuang suara tersebut. Setelah Anda memilih video yang ingin diedit, ketuk opsi “Suara” dan pilih “Suara yang Tidak Diinginkan”. TikTok akan menghapus suara yang tidak diinginkan dan meninggalkan video tanpa suara latar. Anda juga dapat menyesuaikan volume suara dengan menggunakan kontrol volume yang tersedia.

Menggunakan Kontrol Volume

Untuk mengatur volume suara dalam video TikTok, Anda dapat menggunakan kontrol volume yang tersedia di menu edit suara. Ketuk opsi “Suara” dan pilih “Kontrol Volume”. Anda akan melihat kontrol volume yang dapat Anda geser ke atas atau ke bawah sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda ingin suara video Anda lebih terdengar, geser kontrol volume ke atas. Jika Anda ingin mengurangi volume suara, geser kontrol volume ke bawah.

Menghapus Suara Asli

Jika Anda ingin menghapus suara asli dalam video TikTok Anda, Anda dapat menggunakan fitur “Suara Asli”. Setelah Anda memilih video yang ingin diedit, ketuk opsi “Suara” dan pilih “Suara Asli”. TikTok akan menghapus suara asli dalam video tersebut. Anda dapat menggunakan fitur ini jika Anda ingin menambahkan suara baru atau musik ke video Anda.

Menambahkan Musik ke Video TikTok Anda

Salah satu cara paling populer untuk mengedit suara di TikTok adalah dengan menambahkan musik ke video Anda. TikTok menyediakan perpustakaan musik yang luas yang dapat Anda pilih. Untuk menambahkan musik ke video TikTok Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

Mencari Musik

Setelah Anda mengakses fitur edit suara, pilih opsi “Musik”. Anda akan melihat berbagai kategori musik yang tersedia, seperti “Terpopuler”, “Baru”, “Trending”, dan sebagainya. Anda juga dapat menggunakan fitur pencarian untuk mencari musik berdasarkan judul, artis, atau genre.

Menyesuaikan Durasi Musik

Setelah Anda memilih musik yang ingin Anda gunakan, Anda dapat menyesuaikan durasi musik sesuai keinginan Anda. TikTok memungkinkan Anda untuk memotong musik agar sesuai dengan durasi video Anda. Anda dapat menyesuaikan awal dan akhir musik dengan menggeser slider yang tersedia.

Mengatur Volume Musik

Jika Anda ingin mengatur volume musik dalam video TikTok Anda, Anda dapat menggunakan kontrol volume yang tersedia di menu edit suara. Ketuk opsi “Musik” dan pilih “Kontrol Volume”. Geser kontrol volume untuk mengatur volume musik sesuai dengan keinginan Anda.

Menggunakan Suara Efek di TikTok

TikTok menyediakan berbagai efek suara yang dapat Anda gunakan untuk membuat video Anda lebih menarik. Efek suara ini mencakup berbagai suara lucu, suara alam, suara hewan, dan banyak lagi. Untuk menggunakan efek suara di TikTok, ikuti langkah-langkah berikut:

Mengakses Efek Suara

Setelah Anda mengakses fitur edit suara, pilih opsi “Efek”. Anda akan melihat daftar efek suara yang tersedia. Anda dapat menjelajahi efek suara berdasarkan kategori atau menggunakan fitur pencarian untuk mencari efek suara tertentu.

Menerapkan Efek Suara

Setelah Anda menemukan efek suara yang ingin Anda gunakan, ketuk efek suara tersebut. TikTok akan memainkan suara tersebut sehingga Anda dapat mendengarnya sebelum menerapkannya ke video Anda. Jika Anda puas dengan efek suara tersebut, ketuk opsi “Terapkan” atau “Tambahkan ke Video”. Efek suara akan diterapkan pada video Anda.

Menyesuaikan Volume Efek Suara

Jika Anda ingin mengatur volume efek suara dalam video TikTok Anda, Anda dapat menggunakan kontrol volume yang tersedia di menu edit suara. Ketuk opsi “Efek” dan pilih “Kontrol Volume”. Geser kontrol volume untuk mengatur volume efek suara sesuai dengan keinginan Anda.

Merekam Suara Sendiri di TikTok

Jika Anda ingin menambahkan suara Anda sendiri ke video TikTok Anda, Anda dapat merekam suara langsung di aplikasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk merekam suara sendiri di TikTok:

Mengakses Fitur Rekam Suara

Setelah Anda mengakses fitur edit suara, pilih opsi “Suara”. Anda akan melihat tombol rekam yang tersedia di bagian bawah layar. Ketuk tombol rekam untuk memulai proses perekaman suara Anda.

Merekam Suara Anda

Setelah Anda menekan tombol rekam, mulailah merekam suara Anda. Pastikan Anda berada di tempat yang tenang dan jelas saat merekam suara Anda. Begitu juga pastikan Anda berbicara dengan jelas dan deutlich agar suara Anda terdengar dengan baik dalam video TikTok Anda. Setelah Anda selesai merekam, ketuk tombol stop untuk menghentikan perekaman.

Mengedit Suara yang Direkam

Setelah Anda merekam suara Anda, Anda dapat mengeditnya sesuai keinginan Anda. TikTok menyediakan fitur untuk memotong bagian yang tidak diinginkan, menyesuaikan volume, dan menambahkan efek suara. Anda dapat menggunakan kontrol volume untuk mengatur volume suara Anda, dan Anda juga dapat mengakses efek suara untuk menambahkan sentuhan kreatif pada suara Anda.

Menyelaraskan Suara dengan Video

Saat mengedit suara Anda, penting untuk menyelaraskannya dengan video Anda. Anda dapat menggunakan kontrol sinkronisasi suara yang tersedia di menu edit suara untuk menyesuaikan waktu suara dengan gerakan bibir Anda dalam video. Hal ini akan membuat video TikTok Anda terlihat lebih profesional dan menarik.

Mengatur Volume Suara di TikTok

Memiliki volume suara yang tepat dalam video TikTok Anda adalah faktor penting untuk menarik perhatian penonton. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur volume suara di TikTok:

Menggunakan Kontrol Volume

TikTok menyediakan kontrol volume yang dapat Anda gunakan untuk mengatur volume suara video Anda. Setelah Anda memilih video yang ingin diedit, ketuk opsi “Suara” dan pilih “Kontrol Volume”. Anda akan melihat slider volume yang dapat Anda geser ke atas atau ke bawah sesuai dengan keinginan Anda.

Menggunakan Efek Fade In dan Fade Out

Untuk memberikan efek transisi yang halus pada suara Anda, Anda dapat menggunakan efek fade in dan fade out. Efek fade in akan membuat suara Anda muncul perlahan dari keheningan, sementara efek fade out akan membuat suara Anda perlahan memudar ke keheningan. Anda dapat mengatur durasi efek fade in dan fade out sesuai dengan keinginan Anda.

Menggunakan Musik Latar

Jika Anda ingin mengatur volume suara latar dalam video TikTok Anda, Anda dapat menggunakan musik latar. TikTok menyediakan berbagai pilihan musik latar yang dapat Anda pilih dari perpustakaan mereka. Anda dapat menyesuaikan volume musik latar dengan menggunakan kontrol volume yang tersedia di menu edit suara.

Menggunakan Fitur Suara Lip Sync di TikTok

Fitur suara lip sync TikTok memungkinkan Anda untuk menyelaraskan bibir Anda dengan suara yang dipilih dari audio TikTok. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat menciptakan video yang lucu dan menghibur. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur suara lip sync di TikTok:

Memilih Suara Lip Sync

Setelah Anda mengakses fitur edit suara, pilih opsi “Suara”. Pilih suara yang ingin Anda gunakan untuk lip sync. Anda dapat menjelajahi suara berdasarkan kategori atau menggunakan fitur pencarian untuk mencari suara tertentu.

Merekam Video Lip Sync

Setelah Anda memilih suara lip sync, ketuk tombol rekam yang tersedia di bagian bawah layar. Mulailah merekam video dengan menyelaraskan bibir Anda dengan suara yang diputar. Pastikan Anda bermain-main dengan ekspresi wajah dan gerakan tubuh yang sesuai dengan suara untuk menciptakan video yang menghibur.

Mengedit dan Menambahkan Efek

Setelah merekam video lip sync, Anda dapat mengeditnya sesuai keinginan Anda. TikTok menyediakan berbagai fitur pengeditan seperti pemotongan video, penyesuaian volume, dan penambahan efek suara. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk memberikan sentuhan kreatif pada video lip sync Anda.

Mengedit Suara dengan Aplikasi Eksternal

Jika Anda ingin mengedit suara di luar fitur yang disediakan oleh TikTok, Anda dapat menggunakan aplikasi eksternal. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda gunakan untuk mengedit suara adalah Adobe Audition, GarageBand, atau Audacity. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengedit suara dengan aplikasi eksternal:

Ekspor Audio dari TikTok

Untuk mengedit suara TikTok dengan aplikasi eksternal, Anda perlu mengunduh suara dari video TikTok Anda. Anda dapat melakukan ini dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga atau menggunakan fitur ekspor audio yang tersedia di TikTok.

Impor Audio ke Aplikasi Eksternal

Setelah Anda mengunduh atau mengekspor audio dari TikTok, impor audio ke aplikasi eksternal yang Anda pilih. Anda dapat mengimpor audio dengan mengklik opsi “Import” atau “Open” di aplikasi tersebut.

Edit Suara Sesuai Keinginan

Setelah audio diimpor ke aplikasi eksternal, Anda dapat mulai mengeditnya sesuai keinginan Anda. Beberapa fitur yang biasanya tersedia di aplikasi eksternal termasuk memotong, menggabungkan, mengatur volume, menghilangkan kebisingan, dan menambahkan efek suara.

Ekspor Audio yang Telah Diedit

Setelah Anda selesai mengedit suara di aplikasi eksternal, ekspor audio yang telah diedit ke format yang kompatibel dengan TikTok, seperti MP3 atau WAV. Anda dapat mengimpor audio yang sudah diedit kembali ke TikTok dan menggunakannya dalam video Anda.

Menambahkan Efek Suara Khusus di TikTok

TikTok menyediakan berbagai efek suara khusus yang dapat membuat video Anda menjadi lebih menarik. Efek suara ini mencakup berbagai suara unik seperti suara hantu, suara robot, suara hewan, dan lainnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk menambahkan efek suara khusus di TikTok:

Mencari Efek Suara Khusus

Setelah Anda mengakses fitur edit suara, pilih opsi “Efek”. Navigasilah melalui kategori efek suara yang tersedia untuk menemukan efek suara khusus yang Anda inginkan. Anda juga dapat menggunakan fitur pencarian untuk mencari efek suara tertentu berdasarkan kata kunci.

Menerapkan Efek Suara Khusus

Setelah Anda menemukan efek suara khusus yang ingin Anda gunakan, ketuk efek suara tersebut. TikTok akan memainkan suara tersebut sehingga Anda dapat mendengarnya sebelum menerapkannya ke video Anda. Jika Anda puas dengan efek suara tersebut, ketuk opsi “Terapkan” atau “Tambahkan ke Video”. Efek suara khusus akan diterapkan pada video Anda.

Tips dan Trik untuk Mengedit Suara di TikTok

Terakhir, kami akan memberikan beberapa tips dan trik berguna untuk mengedit suara di TikTok. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat meningkatkan kualitas suara dan menciptakan video TikTok yang lebih menarik. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda coba:

Gunakan Efek Suara yang Tepat

Pilih efek suara yang sesuai dengan konten video Anda. Jika Anda membuat video komedi, gunakan efek suara lucu. Jika Anda membuat video tutorial, gunakan efek suara yang jelas dan informatif. Pilih efek suara yang dapat memperkuat pesan atau suasana yang ingin Anda sampaikan dalam video Anda.

Eksperimen dengan Pengaturan Volume

Jangan takut untuk bermain-main dengan pengaturan volume suara. Kadang-kadang, menyesuaikan volume suara tertentu dalam video dapat memberikan efek yang dramatis atau menarik. Cobalah mengatur volume suara latar lebih rendah atau menggunakan efek fade in dan fade out untuk menciptakan transisi yang mulus antara suara dan keheningan.

Gunakan Musik Latar yang Cocok

Pilihlah musik latar yang cocok dengan suasana atau tema video Anda. Musik dapat memberikan nuansa emosional dan meningkatkan pengalaman menonton. Pilihlah musik yang sesuai dengan suasana yang ingin Anda ciptakan, apakah itu ceria, misterius, atau romantis.

Gunakan Suara Asli dan Rekam Suara Sendiri

Untuk memberikan sentuhan personal pada video Anda, gunakanlah suara asli atau rekam suara sendiri. Ini akan memberikan keaslian dan keunikan pada konten Anda. Rekamlah dialog, komentar, atau narasi dengan jelas dan deutlich untuk meningkatkan kualitas suara Anda.

Eksperimen dengan Efek Suara

TikTok menyediakan berbagai efek suara yang dapat Anda gunakan untuk menciptakan efek yang menarik dan kreatif. Eksperimenlah dengan efek suara seperti echo, pitch shift, atau reverb untuk memberikan sentuhan unik pada suara Anda. Jangan takut untuk mencoba hal baru dan melihat bagaimana efek suara ini dapat meningkatkan kualitas video Anda.

Perhatikan Kualitas Suara

Sebisa mungkin, pastikan kualitas suara dalam video Anda baik. Hindari rekaman suara yang terdengar bergemuruh, terdistorsi, atau terlalu lemah. Gunakanlah mikrofon eksternal jika diperlukan untuk meningkatkan kualitas suara Anda. Suara yang jelas dan berkualitas akan membuat pengalaman menonton lebih baik.

Gunakan Narasi atau Teks

Jika suara dalam video Anda tidak cukup jelas atau terdengar kurang baik, Anda dapat menggunakan narasi atau teks sebagai alternatif. Tambahkan narasi atau teks yang menjelaskan apa yang sedang terjadi dalam video Anda. Hal ini akan membantu penonton memahami konten Anda dengan baik.

Pastikan Keseimbangan Suara

Jaga keseimbangan antara suara latar, musik, dan suara asli/rekaman Anda. Pastikan suara-suara ini saling melengkapi dan tidak saling mengganggu. Keseimbangan yang baik akan menciptakan pengalaman menonton yang menyenangkan dan profesional.

Perhatikan Hak Cipta

Sebelum menggunakan musik atau suara dari sumber eksternal, pastikan Anda memperhatikan hak cipta. Pastikan Anda memiliki izin atau menggunakan materi yang bebas royalti. Hindari penggunaan musik atau suara yang melanggar hak cipta, karena ini dapat menyebabkan masalah hukum.

Dengan mengikuti panduan lengkap ini dan menerapkan tips dan trik yang diberikan, Anda akan menjadi ahli dalam mengedit suara di TikTok. Ingatlah untuk selalu kreatif dan eksperimental dalam mengedit suara Anda untuk menciptakan konten TikTok yang unik dan menarik. Nikmati prosesnya dan selamat mencoba!

Related video of Cara Edit Suara di TikTok: Panduan Lengkap untuk Mengedit Suara di Aplikasi TikTok