Cara Download Tautan TikTok: Panduan Lengkap dan Terperinci

Table of Contents

Apakah Anda ingin tahu cara download tautan TikTok dengan mudah? Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara melakukan hal ini. TikTok telah menjadi platform media sosial yang sangat populer di mana pengguna dapat berbagi video pendek dengan teman-teman dan pengikut mereka. Namun, terkadang Anda mungkin ingin menyimpan video favorit Anda dari TikTok agar dapat ditonton kembali nanti atau dibagikan dengan orang lain. Beruntung, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh tautan TikTok tanpa harus menginstal aplikasi pihak ketiga. Mari kita jelajahi lebih lanjut!

Sebelum kita mulai, perlu diperhatikan bahwa mengunduh tautan TikTok hanya boleh dilakukan untuk penggunaan pribadi. Jangan mengunduh atau menyebarkan konten yang dilindungi hak cipta tanpa izin dari pemiliknya. Dengan menjaga hal ini dalam pikiran, mari kita lanjutkan ke langkah-langkah cara download tautan TikTok secara aman dan legal.

Menggunakan Menu Bagikan TikTok

Pertama, Anda dapat menggunakan opsi “Bagikan” yang tersedia di aplikasi TikTok untuk mengunduh tautan video. Setelah Anda menemukan video yang ingin Anda unduh, ketuk ikon “Bagikan” di bawah video tersebut. Kemudian, pilih opsi “Salin Tautan” untuk menyalin tautan video ke papan klip perangkat Anda.

Jika Anda menggunakan aplikasi TikTok versi terbaru, Anda mungkin juga akan melihat opsi “Simpan Video” di menu Bagikan. Opsi ini memungkinkan Anda untuk langsung mengunduh video ke perangkat Anda tanpa harus menyalin tautan terlebih dahulu. Namun, tidak semua video akan memiliki opsi ini, terutama jika pembuatnya telah membatasi unduhan.

Langkah 1: Temukan Video TikTok yang Ingin Diunduh

Langkah pertama dalam menggunakan opsi “Bagikan” adalah menemukan video TikTok yang ingin Anda unduh. Buka aplikasi TikTok dan cari video yang menarik perhatian Anda. Anda dapat menjelajahi video di beranda Anda atau menggunakan fitur pencarian untuk mencari video berdasarkan kata kunci tertentu atau pengguna yang Anda ikuti.

Langkah 2: Ketuk Ikon “Bagikan” di Bawah Video

Setelah Anda menemukan video yang ingin Anda unduh, ketuk ikon “Bagikan” yang terletak di sebelah kanan bawah video. Ikon ini biasanya berupa panah yang mengarah ke atas dengan kotak di sekitarnya. Ketuk ikon ini untuk melanjutkan.

Langkah 3: Pilih Opsi “Salin Tautan”

Setelah Anda mengetuk ikon “Bagikan”, akan muncul beberapa opsi berbagi. Pilih opsi “Salin Tautan” untuk menyalin tautan video ke papan klip perangkat Anda. Dengan menyalin tautan ini, Anda akan dapat menggunakan tautan tersebut untuk mengunduh video di langkah selanjutnya.

Menggunakan Situs Web Pengunduh TikTok

Jika Anda lebih nyaman menggunakan situs web pengunduh, ada beberapa situs web yang memungkinkan Anda mengunduh video TikTok dengan mudah. Cukup salin tautan video TikTok yang ingin Anda unduh, kunjungi salah satu situs web pengunduh TikTok, dan ikuti petunjuk yang diberikan di situs tersebut untuk mengunduh video.

Langkah 1: Salin Tautan Video TikTok

Langkah pertama dalam menggunakan situs web pengunduh TikTok adalah menyalin tautan video TikTok yang ingin Anda unduh. Untuk melakukannya, buka aplikasi TikTok dan temukan video yang ingin Anda unduh. Setelah menemukannya, ketuk ikon “Bagikan” di bawah video dan pilih opsi “Salin Tautan”. Tautan video akan disalin ke papan klip perangkat Anda.

Langkah 2: Kunjungi Situs Web Pengunduh TikTok

Setelah Anda menyalin tautan video TikTok, buka browser web di perangkat Anda dan kunjungi salah satu situs web pengunduh TikTok. Ada beberapa situs web yang tersedia, seperti ttdownloader.com atau snaptik.app. Pilih situs web yang Anda sukai dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 3: Tempelkan Tautan dan Unduh Video

Setelah Anda berada di situs web pengunduh TikTok, cari kotak input atau kolom yang meminta Anda untuk menempelkan tautan video TikTok. Tempelkan tautan yang telah Anda salin dari aplikasi TikTok ke kotak tersebut. Setelah itu, klik tombol “Unduh” atau “Go” untuk memulai proses pengunduhan.

Situs web pengunduh TikTok akan memproses tautan video dan menyediakan tombol unduh untuk mengunduh video ke perangkat Anda. Klik tombol unduh tersebut dan tunggu hingga proses pengunduhan selesai. Setelah itu, video TikTok akan tersimpan di perangkat Anda dan siap untuk ditonton kapan pun Anda mau.

Menggunakan Aplikasi Pengunduh TikTok

Jika Anda sering mengunduh video TikTok, Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi pengunduh TikTok yang tersedia di toko aplikasi ponsel Anda. Cari aplikasi yang memiliki ulasan positif dan reputasi baik untuk memastikan keamanan dan kualitasnya. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, Anda biasanya hanya perlu menyalin tautan video TikTok yang ingin Anda unduh, dan aplikasi akan secara otomatis mengunduh video untuk Anda.

Langkah 1: Cari dan Unduh Aplikasi Pengunduh TikTok

Langkah pertama dalam menggunakan aplikasi pengunduh TikTok adalah mencari dan mengunduh aplikasi tersebut. Buka toko aplikasi ponsel Anda, seperti Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iPhone, dan cari dengan kata kunci “pengunduh TikTok”. Pilih aplikasi yang memiliki ulasan positif dan reputasi baik, kemudian unduh dan instal di perangkat Anda.

Langkah 2: Salin Tautan Video TikTok

Setelah Anda menginstal aplikasi pengunduh TikTok, buka aplikasi TikTok dan temukan video yang ingin Anda unduh. Setelah menemukannya, ketuk ikon “Bagikan” di bawah video dan pilih opsi “Salin Tautan”. Tautan video akan disalin ke papan klip perangkat Anda dan siap untuk digunakan di aplikasi pengunduh TikTok.

Langkah 3: Tempelkan Tautan dan Unduh Video

Setelah Anda menyalin tautan video TikTok, buka aplikasi pengunduh TikTok yang telah Anda unduh sebelumnya. Cari kotak input atau kolom yang meminta Anda untuk menempelkan tautan video. Tempelkan tautan yang telah Anda salin dari aplikasi TikTok ke kotak tersebut.

Setelah Anda menempelkan tautan, aplikasi pengunduh TikTok akan memproses tautan video dan menyediakan tombol unduh untuk mengunduh video ke perangkat Anda. Klik tombol unduh tersebut dan tunggu hingga proses pengunduhan selesai. Setelah itu, video TikTok akan tersimpan di perangkat Anda dan siap untuk ditonton kapan pun Anda mau.

Menggunakan Ekstensi Browser

Jika Anda menggunakan browser web di komputer atau laptop, Anda dapat mempertimbangkan untuk menginstal ekstensi browser yang dirancang khusus untuk mengunduh video TikTok. Ada beberapa ekstensi yang tersedia untuk browser populer seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox yang dapat membantu Anda mengunduh tautan TikTok dengan cepat dan mudah.

Langkah 1: Buka Browser Web di Komputer atau Laptop

Langkah pertama dalam menggunakan ekstensi browser untuk mengunduh tautan TikTok adalah membuka browser web dikomputer atau laptop Anda. Pastikan Anda menggunakan browser yang kompatibel dengan ekstensi yang ingin Anda instal, seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Langkah 2: Cari Ekstensi Browser untuk Mengunduh Video TikTok

Setelah membuka browser web, cari ekstensi browser yang dirancang khusus untuk mengunduh video TikTok. Anda dapat melakukan pencarian di toko ekstensi browser, seperti Chrome Web Store untuk pengguna Google Chrome, atau langsung di mesin pencari dengan kata kunci “ekstensi pengunduh video TikTok”. Pilih ekstensi yang memiliki ulasan positif dan reputasi baik.

Langkah 3: Unduh dan Instal Ekstensi Browser

Setelah Anda menemukan ekstensi browser yang ingin Anda instal, klik tombol “Unduh” atau “Tambahkan ke Chrome” (jika menggunakan Google Chrome) untuk mengunduh dan menginstal ekstensi tersebut di browser Anda. Pastikan untuk mengizinkan akses dan mengikuti petunjuk yang diberikan selama proses instalasi.

Langkah 4: Buka Video TikTok yang Ingin Diunduh

Setelah menginstal ekstensi, buka aplikasi TikTok atau situs web TikTok dan temukan video yang ingin Anda unduh. Pastikan video tersebut diputar di browser web Anda. Klik kanan pada video atau pada area sekitarnya untuk memunculkan menu konteks.

Langkah 5: Pilih Opsi “Unduh” dari Menu Konteks

Dalam menu konteks yang muncul setelah Anda mengklik kanan, cari opsi “Unduh” atau opsi serupa yang disediakan oleh ekstensi browser yang telah Anda instal. Klik opsi tersebut untuk memulai proses pengunduhan video TikTok.

Ekstensi browser akan memproses video dan mengunduhnya ke perangkat Anda. Tunggu hingga proses pengunduhan selesai, dan video TikTok akan tersimpan di folder unduhan default atau folder yang Anda tentukan sebelumnya. Sekarang Anda dapat menonton video TikTok tersebut kapan pun Anda mau, bahkan tanpa koneksi internet.

Menggunakan Aplikasi Perekam Layar

Jika metode lain tidak berhasil atau Anda ingin mengunduh video TikTok yang tidak memiliki opsi “Bagikan”, Anda dapat menggunakan aplikasi perekam layar di ponsel Anda. Aplikasi perekam layar akan merekam video yang Anda putar di layar ponsel Anda, termasuk video TikTok. Setelah merekam video, Anda dapat menyimpannya di ponsel Anda dan menggunakannya sesuai keinginan Anda.

Langkah 1: Cari dan Unduh Aplikasi Perekam Layar

Langkah pertama dalam menggunakan aplikasi perekam layar adalah mencari dan mengunduh aplikasi tersebut. Buka toko aplikasi ponsel Anda, seperti Google Play Store untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iPhone, dan cari dengan kata kunci “aplikasi perekam layar”. Pilih aplikasi yang memiliki ulasan positif dan reputasi baik, kemudian unduh dan instal di perangkat Anda.

Langkah 2: Buka Aplikasi TikTok dan Temukan Video yang Ingin Anda Unduh

Setelah menginstal aplikasi perekam layar, buka aplikasi TikTok di perangkat Anda. Cari video TikTok yang ingin Anda unduh dan pastikan video tersebut siap untuk diputar di layar ponsel Anda. Anda dapat menjelajahi video di beranda Anda atau menggunakan fitur pencarian untuk mencari video berdasarkan kata kunci tertentu atau pengguna yang Anda ikuti.

Langkah 3: Mulai Merekam Video TikTok

Setelah Anda menemukan video yang ingin Anda unduh, buka aplikasi perekam layar yang telah Anda unduh sebelumnya. Di dalam aplikasi, Anda akan melihat tombol “Mulai Perekaman” atau tombol serupa yang menandakan memulai proses perekaman layar. Ketuk tombol tersebut untuk memulai merekam layar ponsel Anda.

Langkah 4: Putar Video TikTok dan Selesaikan Perekaman

Setelah Anda memulai perekaman layar, kembali ke aplikasi TikTok dan putar video yang ingin Anda unduh. Pastikan video tersebut diputar secara penuh untuk mendapatkan rekaman yang lengkap. Setelah Anda selesai memutar video, kembali ke aplikasi perekam layar dan selesaikan perekaman dengan menghentikan proses perekaman.

Langkah 5: Simpan dan Bagikan Video Rekaman

Setelah perekaman selesai, aplikasi perekam layar akan menyimpan video rekaman di perangkat Anda. Anda dapat menemukan video rekaman tersebut di galeri atau folder khusus yang ditentukan oleh aplikasi perekam layar. Dari sini, Anda dapat memutar ulang video, memotongnya, atau membagikannya dengan orang lain melalui aplikasi pesan atau media sosial.

Mengecek Kebijakan Privasi TikTok

Selain menggunakan metode di atas, Anda juga bisa memeriksa kebijakan privasi TikTok untuk mengetahui apakah platform ini memiliki fitur resmi untuk mengunduh tautan video. TikTok terus mengembangkan fitur dan memperbarui kebijakan mereka, jadi ada kemungkinan bahwa mereka telah menyediakan opsi resmi untuk mengunduh video. Periksa situs web TikTok atau aplikasi mereka untuk informasi terbaru.

Mengunjungi Situs Web TikTok

Langkah pertama dalam memeriksa kebijakan privasi TikTok adalah mengunjungi situs web resmi TikTok di browser web Anda. Cari tautan ke kebijakan privasi di situs web dan klik untuk membuka halaman tersebut. Di halaman kebijakan privasi, cari informasi tentang pengunduhan video dan tautan yang mungkin disediakan oleh TikTok.

Membaca Kebijakan Privasi TikTok

Setelah Anda membuka halaman kebijakan privasi TikTok, bacalah dengan seksama bagian-bagian yang berkaitan dengan pengunduhan video dan tautan. Perhatikan apakah TikTok memiliki opsi resmi untuk mengunduh video atau tautan dan bagaimana prosesnya. Jika ada informasi yang relevan, catat atau simpan untuk referensi Anda.

Memeriksa Aplikasi TikTok

Setelah Anda memeriksa situs web TikTok, lanjutkan dengan membuka aplikasi TikTok di perangkat Anda. Periksa pengaturan atau opsi yang tersedia di aplikasi untuk mencari tahu apakah ada fitur resmi untuk mengunduh video atau tautan. Navigasikan melalui menu pengaturan atau cari tautan “Bantuan” atau “FAQ” untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang pengunduhan video di TikTok.

Periksa dengan seksama informasi yang diberikan oleh TikTok dan pastikan Anda memahami kebijakan dan prosedur yang berlaku. Jika TikTok memiliki fitur resmi untuk mengunduh tautan, pastikan untuk mengikuti petunjuk yang diberikan oleh platform untuk mengunduh video dengan benar dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Berbagi Video melalui Aplikasi Lain

Jika Anda tidak dapat mengunduh tautan TikTok, ada opsi lain yang bisa Anda coba. Anda dapat menggunakan opsi “Bagikan” di aplikasi TikTok untuk membagikan video melalui aplikasi pesan atau media sosial lainnya. Dengan cara ini, Anda masih dapat berbagi video TikTok dengan orang lain tanpa harus mengunduhnya secara langsung.

Langkah 1: Temukan Video TikTok yang Ingin Anda Bagikan

Langkah pertama dalam menggunakan opsi “Bagikan” adalah menemukan video TikTok yang ingin Anda bagikan. Buka aplikasi TikTok dan cari video yang ingin Anda bagikan dengan orang lain. Ketika Anda menemukan video yang tepat, ketuk ikon “Bagikan” yang terletak di bawah video tersebut.

Langkah 2: Pilih Aplikasi atau Media Sosial untuk Membagikan Video

Setelah Anda mengetuk ikon “Bagikan”, akan muncul daftar aplikasi dan media sosial yang terpasang di perangkat Anda. Pilih aplikasi atau media sosial yang ingin Anda gunakan untuk membagikan video TikTok tersebut. Misalnya, Anda dapat memilih WhatsApp, Instagram, Facebook, atau aplikasi pesan lainnya.

Langkah 3: Atur dan Kirim Video

Setelah Anda memilih aplikasi atau media sosial yang ingin Anda gunakan, akan terbuka jendela baru di aplikasi tersebut dengan video TikTok yang sudah siap untuk dibagikan. Di sini, Anda dapat menambahkan deskripsi, tag teman, atau melakukan pengaturan lainnya sesuai preferensi Anda. Setelah itu, klik tombol “Kirim” atau “Bagikan” untuk mengirim video TikTok kepada teman atau pengikut Anda melalui aplikasi atau media sosial yang Anda pilih.

Dengan membagikan video TikTok melalui aplikasi atau media sosial lainnya, Anda dapat mengakses video tersebut kapan pun Anda mau melalui aplikasi atau media sosial yang digunakan. Meskipun Anda tidak mengunduh video secara langsung, ini masih merupakan cara yang efektif untuk berbagi video TikTok dengan orang lain.

Mematuhi Hak Cipta dan Aturan Penggunaan TikTok

Saat menggunakan TikTok, penting untuk mematuhi hak cipta dan aturan penggunaan platform. Jangan mengunduh atau menyebarkan konten yang melanggar hak cipta atau melanggar ketentuan penggunaan TikTok. Jaga integritas dan etika digital dengan hanya mengunduh video TikTok yang sah dan untuk penggunaan pribadi.

Hak Cipta Konten di TikTok

TikTok adalah platform yang berisi konten yang dilindungi hak cipta oleh pembuatnya. Saat mengunduh video TikTok, pastikan untuk hanya mengunduh video yang Anda miliki hak untuk mengunduh atau video yang diunggah dengan izin dari pemiliknya. Jangan mengunduh atau menyebarkan video yang dilindungi hak cipta tanpa izin yang sah, karena ini melanggar hukum dan etika digital.

Penggunaan Konten TikTok

Aturan penggunaan TikTok juga harus diikuti ketika menggunakan video yang Anda unduh. Jangan menggunakan video TikTok untuk tujuan yang melanggar aturan TikTok, seperti penggunaan yang merusak reputasi orang lain, pelanggaran privasi, atau aktivitas ilegal lainnya. Pastikan untuk membaca dan memahami aturan penggunaan TikTok agar penggunaan video TikTok Anda tetap sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dengan mematuhi hak cipta dan aturan penggunaan TikTok, Anda dapat menggunakan video TikTok dengan bijaksana dan bertanggung jawab. Jaga integritas dan etika digital dengan hanya mengunduh dan menggunakan video TikTok secara sesuai dan legal.

Menghapus Video yang Tidak Diperlukan

Setelah Anda mengunduh tautan TikTok yang Anda inginkan, pastikan untuk menghapus video yang tidak diperlukan dari perangkat Anda secara teratur. Dengan begitu, Anda dapat membebaskan ruang penyimpanan dan membuat perangkat Anda tetap rapi dan terorganisir.

Mengelola Video Unduhan

Setelah Anda mengunduh video TikTok, Anda mungkin akan memiliki koleksi video yang semakin bertambah di perangkat Anda. Untuk menjaga perangkat Anda tetap teratur, penting untuk mengelola video unduhan dengan bijaksana. Buatlah kebiasaan untuk secara rutin menjelajahi koleksi video Anda dan menghapus video yang tidak lagi Anda perlukan atau video yang sudah tidak relevan.

Menyimpan Video di Cloud atau Penyimpanan Eksternal

Jika Anda ingin tetap menyimpan video TikTok yang sudah diunduh, namun tidak ingin membebani ruang penyimpanan di perangkat Anda, pertimbangkan untuk menyimpan video tersebut di cloud atau penyimpanan eksternal. Anda dapat menggunakan layanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox untuk menyimpan video secara online, sehingga Anda masih dapat mengaksesnya kapan pun Anda mau tanpa harus menyimpannya di perangkat Anda secara fisik.

Dengan menghapus video yang tidak diperlukan dan menyimpan video di cloud atau penyimpanan eksternal, Anda dapat mengoptimalkan ruang penyimpanan di perangkat Anda dan tetap memiliki akses mudah ke koleksi video TikTok Anda.

Tetap Mengikuti Perkembangan TikTok

Terakhir, tetaplah mengikuti perkembangan TikTok dan pantau apakah ada pembaruan atau fitur baru yang diperkenalkan untuk mengunduh tautan video. TikTok terus berinovasi dan mungkin akan menyediakan opsi resmi di masa depan. Jadi, pastikan untuk selalu memperbarui aplikasi TikTok Anda dan memeriksa pembaruan terbaru untuk melihat apakah ada fitur pengunduhan yang baru.

Pembaruan dan Perkembangan TikTok

TikTok adalah platform yang terus berkembang dan menghadirkan fitur-fitur baru. Untuk tetap mendapatkan informasi terbaru tentang perkembangan TikTok, pastikan untuk mengikuti akun resmi TikTok di media sosial atau berlangganan newsletter TikTok. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan informasi langsung tentang pembaruan, fitur baru, atau pengumuman penting dari TikTok.

Perbarui Aplikasi TikTok

Untuk memastikan bahwa Anda selalu memiliki akses ke fitur terbaru TikTok, pastikan untuk memperbarui aplikasi TikTok di perangkat Anda secara teratur. TikTok sering mengeluarkan pembaruan yang mencakup perbaikan bug, peningkatan performa, dan penambahan fitur baru. Dengan memperbarui aplikasi secara teratur, Anda dapat memanfaatkan semua fitur terbaru yang ditawarkan oleh TikTok, termasuk kemungkinan adanya fitur pengunduhan tautan video resmi di masa depan.

Dengan tetap mengikuti perkembangan TikTok, Anda akan selalu mendapatkan manfaat dari platform ini dan siap mengikuti tren terbaru dalam video pendek. Teruslah memantau pembaruan dan fitur baru, sehingga Anda dapat menggunakan TikTok secara maksimal dan menikmati konten yang ditawarkan oleh para pembuat video di seluruh dunia.

Related video of Cara Download Tautan TikTok: Panduan Lengkap dan Terperinci