Cara Buka Blokir di TikTok: Panduan Lengkap dan Terperinci

TikTok telah menjadi fenomena global dalam beberapa tahun terakhir. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengunggah video singkat yang kreatif dan menghibur. Namun, terkadang pengguna dapat mengalami masalah saat mengakses TikTok karena pemblokiran. Jika Anda sedang mencari cara untuk membuka blokir di TikTok, artikel ini akan memberikan panduan lengkap dan terperinci untuk membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Sebelum kita membahas cara membuka blokir di TikTok, penting untuk memahami mengapa blokir tersebut terjadi. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pemblokiran akses ke TikTok. Salah satunya adalah pemblokiran oleh penyedia layanan internet atau ISP. Beberapa ISP mungkin memblokir akses ke TikTok karena alasan tertentu, seperti masalah keamanan atau kebijakan yang diterapkan oleh negara atau wilayah tertentu. Selain itu, beberapa institusi pendidikan atau perusahaan juga dapat memblokir akses ke TikTok untuk mencegah gangguan atau penggunaan yang tidak produktif.

Menggunakan Virtual Private Network (VPN)

VPN adalah salah satu cara paling efektif untuk membuka blokir di TikTok. Dengan menggunakan VPN, Anda dapat menyembunyikan alamat IP Anda dan mengubah lokasi virtual Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengakses TikTok tanpa terkena pemblokiran oleh ISP atau institusi.

Untuk menggunakan VPN, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi VPN di perangkat Anda. Setelah itu, Anda dapat memilih server dari lokasi yang diizinkan untuk mengakses TikTok. VPN akan mengenkripsi koneksi Anda dan mengarahkannya melalui server yang Anda pilih, sehingga membuat Anda dapat mengakses TikTok tanpa terkena pemblokiran.

Beberapa aplikasi VPN yang populer dan dapat Anda gunakan untuk membuka blokir di TikTok antara lain ExpressVPN, NordVPN, dan CyberGhost. Pastikan untuk memilih aplikasi VPN yang terpercaya dan memiliki server di lokasi yang Anda butuhkan.

Keuntungan Menggunakan VPN

Ada beberapa keuntungan menggunakan VPN untuk membuka blokir di TikTok:

1. Bypass Pemblokiran: VPN memungkinkan Anda untuk menghindari pemblokiran yang diterapkan oleh ISP atau institusi tertentu. Dengan mengubah lokasi virtual Anda, Anda dapat mengakses TikTok tanpa masalah.

2. Keamanan dan Privasi: Penggunaan VPN juga dapat meningkatkan keamanan dan privasi Anda saat menggunakan TikTok. Dengan memanfaatkan enkripsi yang ditawarkan oleh VPN, Anda dapat melindungi data pribadi Anda dari ancaman yang mungkin ada di jaringan.

3. Akses Konten Global: VPN memungkinkan Anda untuk mengakses konten TikTok dari berbagai negara. Anda dapat mengalami berbagai konten kreatif dan unik yang tidak tersedia di wilayah Anda.

Menggunakan Proxy Server

Metode lain yang dapat Anda coba adalah menggunakan proxy server. Proxy server bertindak sebagai perantara antara pengguna dan server TikTok. Dengan mengarahkan koneksi internet Anda melalui proxy server, Anda dapat menghindari pemblokiran dan mengakses TikTok dengan lancar.

Secara umum, ada dua jenis proxy server yang dapat digunakan: proxy web dan proxy VPN.

Proxy Web

Proxy web adalah layanan yang memungkinkan Anda untuk mengarahkan koneksi internet Anda melalui server proxy. Anda dapat mengakses TikTok melalui browser web dengan mengatur pengaturan proxy. Dengan menggunakan proxy web, Anda dapat membuka blokir di TikTok dengan mudah.

Ada banyak layanan proxy web gratis yang dapat Anda temukan dengan melakukan pencarian online. Namun, penting untuk memilih layanan yang terpercaya dan aman. Beberapa layanan proxy web populer antara lain Hide.me, ProxySite, dan KProxy.

Proxy VPN

Proxy VPN adalah layanan yang menggabungkan fitur VPN dan proxy. Dengan menggunakan proxy VPN, Anda dapat mengarahkan koneksi internet Anda melalui server proxy dan mengubah lokasi virtual Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuka blokir di TikTok dengan aman dan tanpa terdeteksi oleh ISP atau institusi.

Beberapa aplikasi VPN juga menyediakan fitur proxy VPN. Anda dapat mengaktifkan fitur ini di aplikasi VPN yang Anda gunakan untuk mengakses TikTok. Beberapa aplikasi VPN yang memiliki fitur proxy VPN antara lain ExpressVPN, NordVPN, dan CyberGhost.

Keuntungan Menggunakan Proxy Server

Ada beberapa keuntungan menggunakan proxy server untuk membuka blokir di TikTok:

1. Buka Blokir dengan Mudah: Proxy server memungkinkan Anda untuk membuka blokir di TikTok dengan mudah. Anda hanya perlu mengarahkan koneksi internet Anda melalui server proxy, dan Anda dapat mengakses TikTok tanpa masalah.

2. Sembunyikan Identitas Anda: Dengan menggunakan proxy server, Anda dapat menyembunyikan identitas asli Anda. Server TikTok hanya akan melihat alamat IP proxy server, bukan alamat IP Anda. Hal ini membantu melindungi privasi Anda saat menggunakan TikTok.

3. Akses Konten Terbatas: Dalam beberapa kasus, pengguna di suatu negara atau wilayah mungkin tidak dapat mengakses semua konten yang tersedia di TikTok. Dengan menggunakan proxy server, Anda dapat mengubah lokasi virtual Anda dan mengakses konten yang sebelumnya terbatas.

Menggunakan Jaringan Seluler

Jika Anda mengalami pemblokiran saat menggunakan Wi-Fi, Anda dapat mencoba mengakses TikTok melalui jaringan seluler. Koneksi seluler tidak terkait dengan pemblokiran yang mungkin diterapkan oleh ISP atau institusi tertentu, sehingga Anda dapat membuka blokir di TikTok dengan mudah.

Untuk menggunakan jaringan seluler, pastikan Anda memiliki paket data yang mencukupi atau koneksi Wi-Fi seluler yang stabil. Aktifkan data seluler di perangkat Anda dan buka aplikasi TikTok. Anda seharusnya dapat mengakses TikTok tanpa terkena pemblokiran yang mungkin ada saat menggunakan Wi-Fi.

Keuntungan Menggunakan Jaringan Seluler

Ada beberapa keuntungan menggunakan jaringan seluler untuk membuka blokir di TikTok:

1. Buka Blokir dengan Mudah: Jaringan seluler tidak terkait dengan pemblokiran yang mungkin diterapkan saat menggunakan Wi-Fi. Anda dapat membuka blokir di TikTok dengan mudah dan mengakses konten yang Anda inginkan.

2. Akses yang Stabil: Koneksi jaringan seluler umumnya lebih stabil daripada koneksi Wi-Fi. Anda tidak perlu khawatir tentang gangguan atau kecepatan yang lambat saat menggunakan TikTok melalui jaringan seluler.

3. Tidak Bergantung pada Lokasi: Jaringan seluler tidak terkait dengan pemblokiran yang mungkin diterapkan di suatu lokasi tertentu. Anda dapat mengakses TikTok dari mana saja tanpa terkena pembatasan wilayah.

Menggunakan DNS Publik

DNS publik adalah server DNS alternatif yang dapat Anda gunakan untuk mengganti DNS bawaan dari ISP Anda. Beberapa DNS publik seperti Google Public DNS atau Cloudflare DNS mungkin dapat membantu Anda mengakses TikTok meskipun terblokir oleh ISP.

Untuk menggunakan DNS publik, Anda perlu mengatur pengaturan DNS di perangkat Anda. Caranya dapat berbeda tergantung pada sistem operasi yang Anda gunakan. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengatur DNS publik pada perangkat Android dan iOS:

Android

1. Buka Pengaturan pada perangkat Anda.

2. Pilih menu “Wi-Fi & Jaringan” atau “Koneksi & Berbagi” tergantung pada versi Android yang Anda gunakan.

3. Temukan jaringan Wi-Fi yang Anda gunakan dan tekan lama pada nama jaringan tersebut.

4

Keuntungan Menggunakan DNS Publik

Ada beberapa keuntungan menggunakan DNS publik untuk membuka blokir di TikTok:

1. Akses yang Lebih Cepat: DNS publik seperti Google Public DNS atau Cloudflare DNS umumnya memiliki server yang cepat dan andal. Dengan menggunakan DNS publik, Anda dapat mengalami koneksi yang lebih cepat saat mengakses TikTok.

2. Bypass Pemblokiran: Beberapa DNS publik mungkin memiliki informasi yang berbeda mengenai pemblokiran yang diterapkan oleh ISP. Dengan mengganti DNS bawaan Anda dengan DNS publik, Anda dapat membuka blokir di TikTok dan mengakses konten yang sebelumnya tidak tersedia.

3. Privasi yang Lebih Baik: Beberapa DNS publik mungkin menawarkan fitur keamanan dan privasi tambahan, seperti perlindungan terhadap serangan DDoS atau penyaringan konten berbahaya. Dengan menggunakan DNS publik, Anda dapat meningkatkan privasi dan keamanan Anda saat menggunakan TikTok.

Menghubungi ISP atau Admin Jaringan

Jika Anda tidak dapat membuka blokir di TikTok menggunakan metode di atas, Anda dapat menghubungi ISP Anda atau administrator jaringan di institusi Anda. Mereka mungkin dapat memberikan solusi atau informasi lebih lanjut mengenai pemblokiran yang diimplementasikan.

Langkah pertama adalah menghubungi layanan pelanggan ISP Anda. Laporkan masalah Anda dan tanyakan apakah ada pemblokiran yang diterapkan pada akses ke TikTok. Jika ada, mintalah petunjuk mengenai cara membuka blokir tersebut.

Jika Anda mengalami pemblokiran di institusi seperti sekolah atau kantor, hubungi administrator jaringan atau departemen TI yang bertanggung jawab. Mereka mungkin memiliki kebijakan atau alasan tertentu untuk pemblokiran tersebut, tetapi mereka juga dapat memberikan solusi atau alternatif untuk mengakses TikTok.

Informasi yang Dibutuhkan

Untuk memudahkan proses penyelesaian masalah, pastikan Anda memiliki informasi berikut saat menghubungi ISP atau admin jaringan:

1. Nama ISP atau institusi yang Anda gunakan.

2. Deskripsi masalah yang Anda alami, termasuk pesan error atau tanda-tanda pemblokiran yang Anda temui.

3. Waktu atau frekuensi pemblokiran yang Anda alami.

4. Informasi spesifik mengenai perangkat atau aplikasi yang Anda gunakan saat mencoba mengakses TikTok.

Menggunakan Aplikasi Pembuka Blokir

Terdapat beberapa aplikasi pembuka blokir yang dapat Anda gunakan untuk membuka blokir di TikTok. Aplikasi ini bekerja dengan mengarahkan koneksi internet Anda melalui server proxy atau VPN, sehingga Anda dapat mengakses TikTok tanpa terkena pemblokiran.

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi pembuka blokir yang terpercaya dari toko aplikasi resmi, seperti Google Play Store atau Apple App Store. Setelah itu, ikuti petunjuk untuk mengonfigurasi aplikasi dan memilih server yang ingin Anda gunakan.

Beberapa aplikasi pembuka blokir yang populer dan dapat Anda coba adalah Turbo VPN, Hotspot Shield, dan Psiphon. Pastikan untuk memilih aplikasi yang memiliki reputasi baik dan ulasan positif dari pengguna lain.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Pembuka Blokir

Ada beberapa keuntungan menggunakan aplikasi pembuka blokir untuk membuka blokir di TikTok:

1. Mudah Digunakan: Aplikasi pembuka blokir umumnya memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Anda hanya perlu mengunduh, menginstal, dan mengaktifkan aplikasi untuk mulai mengakses TikTok.

2. Buka Blokir dengan Cepat: Aplikasi pembuka blokir dapat dengan cepat mengarahkan koneksi internet Anda melalui server proxy atau VPN, sehingga Anda dapat membuka blokir di TikTok tanpa harus mempelajari konfigurasi yang rumit.

3. Privasi dan Keamanan: Beberapa aplikasi pembuka blokir menawarkan fitur keamanan dan privasi tambahan, seperti enkripsi data dan perlindungan terhadap serangan hacker. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat meningkatkan privasi dan keamanan Anda saat menggunakan TikTok.

Menggunakan Browser Proxy

Beberapa browser web memiliki fitur proxy bawaan yang dapat Anda aktifkan. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat mengarahkan koneksi internet Anda melalui server proxy dan membuka blokir di TikTok.

Langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur proxy pada browser dapat berbeda tergantung pada jenis browser yang Anda gunakan. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengaktifkan fitur proxy pada browser Google Chrome:

Google Chrome

1. Buka pengaturan browser dengan mengklik ikon tiga titik di pojok kanan atas browser.

2. Pilih “Pengaturan” dari menu dropdown.

3. Gulir ke bawah dan klik “Lanjutan” untuk menampilkan opsi pengaturan tambahan.

4. Temukan bagian “Sistem” dan pilih “Buka pengaturan proxy” di bawahnya.

5. Di jendela “Pengaturan Jaringan”, pilih tab “Koneksi” dan klik tombol “Atur” di bagian “Proxy LAN”.

6. Pilih opsi “Gunakan server proxy” dan masukkan alamat IP dan port proxy yang ingin Anda gunakan.

7. Klik “OK” dan tutup semua jendela pengaturan.

Keuntungan Menggunakan Browser Proxy

Ada beberapa keuntungan menggunakan browser proxy untuk membuka blokir di TikTok:

1. Mudah Digunakan: Browser proxy biasanya memiliki opsi pengaturan yang mudah diakses dan dipahami. Anda dapat mengaktifkan fitur proxy hanya dengan beberapa klik tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

2. Buka Blokir dengan Cepat: Setelah mengaktifkan fitur proxy pada browser, Anda dapat langsung membuka blokir di TikTok tanpa harus mengkonfigurasi pengaturan tambahan.

3. Tidak Memerlukan Instalasi: Browser proxy merupakan opsi yang mudah dan cepat jika Anda hanya perlu membuka blokir di TikTok sesekali. Anda dapat menggunakan fitur proxy pada browser yang sudah terpasang di perangkat Anda tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan.

Menggunakan Aplikasi Mirror atau Alternatif

Jika Anda tidak dapat membuka blokir di TikTok, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi mirror atau alternatif TikTok. Aplikasi ini seringkali memiliki alamat server yang berbeda atau melewati pemblokiran yang diterapkan, sehingga Anda tetap dapat menikmati konten di TikTok.

Untuk menggunakan aplikasi mirror atau alternatif TikTok, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di perangkat Anda. Pastikan Anda mengunduh dari sumber terpercaya dan aman.

Beberapa aplikasi mirror atau alternatif TikTok yang populer antara lain TikTok Lite, TikMate, dan SnackVideo. Aplikasi ini seringkali memiliki antarmuka yang mirip dengan TikTok asli dan menyediakan konten yang serupa.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Mirror atau Alternatif

Ada beberapa keuntungan menggunakan aplikasi mirror atau alternatif TikTok untuk membuka blokir:

1. Akses Konten TikTok: Aplikasi mirror atau alternatif TikTok memungkinkan Anda untuk tetap menikmati konten yang ada di TikTok tanpa harus mengakses aplikasi asli. Anda dapat menonton video, mengikuti pengguna, dan berinteraksi dengan konten TikTok seperti biasa.

2. Melewati Pemblokiran: Aplikasi mirror atau alternatif TikTok seringkali memiliki alamat server yang berbeda atau melewati pemblokiran yang diterapkan oleh ISP atau institusi tertentu. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda dapat membuka blokir di TikTok dan tetap dapat mengakses konten yang Anda sukai.

3. Fungsionalitas yang Serupa: Aplikasi mirror atau alternatif TikTok umumnya menawarkan fitur dan fungsionalitas yang serupa dengan TikTok asli. Anda dapat membuat dan mengunggah video, menonton konten populer, dan berinteraksi dengan pengguna lainnya seperti yang Anda lakukan di TikTok.

Menggunakan Jaringan Privat Virtual (VLAN)

VLAN adalah jaringan pribadi virtual yang memungkinkan Anda untuk membuat jaringan yang terisolasi dari jaringan utama. Dengan menggunakan VLAN, Anda dapat membangun jaringan yang aman dan terlindungi untuk mengakses TikTok tanpa terkena pemblokiran.

Untuk menggunakan VLAN, Anda memerlukan perangkat jaringan yang mendukung fitur VLAN, seperti router atau switch yang dapat dikonfigurasi. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengatur VLAN:

Langkah-langkah untuk Mengatur VLAN

1. Pastikan perangkat jaringan Anda mendukung fitur VLAN. Cek panduan pengguna atau konsultasikan dengan produsen perangkat Anda jika Anda tidak yakin.

2. Konfigurasikan VLAN di perangkat jaringan Anda dengan mengikuti panduan atau petunjuk yang disediakan. Setiap perangkat mungkin memiliki tata letak dan opsi konfigurasi yang berbeda.

3. Tentukan jaringan yang akan dibuat sebagai VLAN dan tetapkan ID VLAN yang unik untuk jaringan tersebut.

4. Atur port perangkat jaringan yang terhubung ke perangkat Anda untuk menjadi anggota VLAN yang sesuai.

5. Konfigurasikan perangkat Anda untuk menggunakan VLAN yang telah Anda buat. Ini dapat dilakukan dengan mengatur pengaturan jaringan pada perangkat Anda atau menggunakan perangkat jembatan (bridge device) jika diperlukan.

6. Setelah VLAN diatur, hubungkan perangkat Anda ke jaringan VLAN yang telah dibuat dan konfigurasi dengan benar.

Keuntungan Menggunakan VLAN

Ada beberapa keuntungan menggunakan VLAN untuk membuka blokir di TikTok:

1. Keamanan yang Tinggi: Dengan menggunakan VLAN, Anda dapat memisahkan jaringan Anda dari jaringan utama. Ini memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi karena tidak ada akses langsung ke jaringan utama, dan Anda memiliki kontrol penuh atas pengaturan VLAN Anda.

2. Pengaturan yang Fleksibel: VLAN memungkinkan Anda untuk membuat jaringan yang terisolasi agar dapat mengakses TikTok tanpa terkena pemblokiran. Anda dapat mengatur pengaturan dan kebijakan jaringan sesuai kebutuhan Anda.

3. Kecepatan dan Kinerja yang Optimal: Dengan menggunakan VLAN, Anda dapat mengoptimalkan kecepatan dan kinerja jaringan Anda untuk mengakses TikTok. Anda dapat mengalokasikan sumber daya jaringan secara efisien untuk memastikan pengalaman yang lancar saat menggunakan TikTok.

Menggunakan Tor Browser

Tor Browser adalah browser web yang dirancang untuk mengamankan privasi pengguna dan mengakses konten yang diblokir. Dengan menggunakan Tor Browser, Anda dapat menghindari pemblokiran dan membuka blokir di TikTok.

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal Tor Browser dari situs resmi Tor Project. Setelah itu, Anda dapat membuka Tor Browser dan mengakses TikTok dengan menggunakan browser ini.

Perlu diingat bahwa penggunaan Tor Browser dapat sedikit berbeda dengan browser web lainnya. Proses koneksi mungkin membutuhkan waktu lebih lama karena melalui lapisan enkripsi tambahan.

Keuntungan Menggunakan Tor Browser

Ada beberapa keuntungan menggunakan Tor Browser untuk membuka blokir di TikTok:

1. Anonimitas dan Privasi: Tor Browser membantu melindungi privasi Anda dengan mengenkripsi koneksi Anda dan mengarahkannya melalui jaringan yang terdiri dari relai-relai yang terdistribusi secara global. Ini membuat sulit bagi pihak ketiga untuk melacak aktivitas online Anda.

2. Bypass Pemblokiran: Koneksi melalui jaringan Tor memungkinkan Anda untuk menghindari pemblokiran yang diterapkan pada TikTok. Anda dapat membuka blokir di TikTok dan mengakses konten apa pun yang Anda inginkan.

3. Akses Konten Global: Melalui jaringan Tor, Anda dapat mengakses konten TikTok dari berbagai negara. Anda dapat menjelajahi berbagai video yang diunggah oleh pengguna di berbagai wilayah dan menikmati variasi konten yang lebih luas.

Dalam kesimpulan, ada banyak cara yang dapat Anda coba untuk membuka blokir di TikTok. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah metode yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Ingatlah untuk menggunakan metode yang legal dan sesuai dengan kebijakan yang berlaku. Selamat mencoba dan semoga berhasil membuka blokir di TikTok!

Related video of Cara Buka Blokir di TikTok: Panduan Lengkap dan Terperinci