Cara Mendownload Video di Facebook: Panduan Lengkap dan Terperinci

Apakah Anda sering menemukan video menarik di Facebook dan ingin menyimpannya untuk ditonton nanti? Jika iya, Anda berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah lengkap dan terperinci tentang cara mendownload video di Facebook. Kami akan memberikan beberapa metode dan tips yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh video dengan mudah dan cepat.

Menggunakan Situs Pihak Ketiga

Jika Anda ingin mengunduh video dari Facebook, salah satu metode yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan situs pihak ketiga. Ada banyak situs web yang menyediakan layanan untuk mengunduh video dari Facebook secara gratis. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Salin Tautan Video

Pertama, buka Facebook dan temukan video yang ingin Anda unduh. Klik kanan pada video tersebut dan pilih opsi “Salin Tautan Video”. Tautan video akan disalin ke clipboard Anda.

Langkah 2: Kunjungi Situs Pihak Ketiga

Selanjutnya, kunjungi situs pihak ketiga yang menyediakan layanan unduhan video dari Facebook. Buka halaman tersebut di peramban web Anda.

Langkah 3: Tempelkan Tautan Video

Di situs pihak ketiga tersebut, Anda akan menemukan kotak teks atau tempat untuk memasukkan tautan video. Tempelkan tautan video Facebook yang telah Anda salin sebelumnya ke dalam kotak teks tersebut.

Langkah 4: Mulai Mengunduh Video

Selanjutnya, klik tombol “Unduh” atau “Download” di situs pihak ketiga tersebut. Situs tersebut akan memproses tautan video dan menghasilkan tautan unduhan untuk video yang ingin Anda unduh.

Langkah 5: Simpan Video di Perangkat Anda

Setelah tautan unduhan muncul, klik kanan pada tautan tersebut dan pilih opsi “Simpan Tautan sebagai” atau “Save Link As”. Pilih lokasi di perangkat Anda di mana Anda ingin menyimpan video tersebut, lalu klik “Simpan”. Video akan mulai diunduh ke perangkat Anda.

Menggunakan situs pihak ketiga adalah salah satu metode yang paling umum digunakan untuk mengunduh video di Facebook. Namun, pastikan Anda memilih situs yang terpercaya dan aman. Beberapa situs pihak ketiga mungkin mengandung iklan yang mengganggu atau bahkan mengandung malware. Selalu berhati-hati dan lakukan riset terlebih dahulu sebelum menggunakan situs pihak ketiga untuk mengunduh video.

Menggunakan Aplikasi Ponsel

Jika Anda lebih suka menggunakan ponsel untuk mengunduh video di Facebook, ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan. Di bawah ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh Aplikasi

Untuk memulai, buka toko aplikasi di ponsel Anda dan cari aplikasi yang memungkinkan Anda mengunduh video dari Facebook. Pilih aplikasi yang memiliki peringkat dan ulasan yang baik dari pengguna lain. Unduh dan instal aplikasi tersebut di ponsel Anda.

Langkah 2: Masuk ke Akun Facebook Anda

Setelah mengunduh aplikasi, buka aplikasi tersebut di ponsel Anda. Anda akan diminta untuk masuk atau membuat akun. Masukkan detail akun Facebook Anda untuk dapat mengakses video di Facebook.

Langkah 3: Cari dan Pilih Video

Setelah masuk ke akun Facebook Anda, cari video yang ingin Anda unduh. Anda dapat menggunakan fitur pencarian di aplikasi atau menjelajahi beranda Facebook untuk menemukan video yang menarik bagi Anda. Setelah menemukan video yang ingin Anda unduh, ketuk video tersebut untuk memutarnya.

Langkah 4: Pilih Opsi Unduh

Setelah video dimulai, Anda akan melihat berbagai opsi yang tersedia di aplikasi untuk video tersebut. Cari dan pilih opsi yang mengizinkan Anda untuk mengunduh video. Opsi ini mungkin berupa ikon panah ke bawah atau opsi “Unduh”.

Langkah 5: Simpan Video di Galeri Ponsel

Setelah memilih opsi unduh, aplikasi akan mulai mengunduh video ke ponsel Anda. Tunggu hingga proses unduhan selesai. Setelah selesai, video akan tersimpan di galeri ponsel Anda. Anda dapat membukanya kapan saja dan menontonnya tanpa harus terhubung ke internet.

Menggunakan aplikasi ponsel sangat nyaman karena Anda dapat mengunduh video langsung dari ponsel Anda tanpa perlu membuka peramban web. Namun, pastikan Anda mendownload aplikasi yang terpercaya dan aman. Baca ulasan pengguna sebelum mengunduh dan instal aplikasi tertentu.

Menggunakan Perangkat Lunak Komputer

Jika Anda lebih sering menggunakan komputer dan ingin mengunduh video di Facebook, Anda dapat menggunakan perangkat lunak khusus yang dirancang untuk tujuan ini. Di bawah ini adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Cari dan Pilih Perangkat Lunak

Pertama, cari dan pilih perangkat lunak komputer yang dapat membantu Anda mengunduh video dari Facebook. Ada banyak perangkat lunak yang tersedia secara gratis atau berbayar. Pastikan Anda memilih perangkat lunak yang kompatibel dengan sistem operasi komputer Anda.

Langkah 2: Unduh dan Instal Perangkat Lunak

Setelah memilih perangkat lunak, unduh dan instal perangkat lunak tersebut di komputer Anda. Ikuti petunjuk instalasi yang diberikan oleh perangkat lunak untuk menginstalnya dengan benar.

Langkah 3: Salin Tautan Video

Selanjutnya, buka Facebook di peramban web komputer Anda dan temukan video yang ingin Anda unduh. Klik kanan pada video tersebut dan pilih opsi “Salin Tautan Video”. Tautan video akan disalin ke clipboard Anda.

Langkah 4: Buka Perangkat Lunak dan Tempelkan Tautan Video

Setelah itu, buka perangkat lunak yang telah Anda instal di komputer Anda. Di dalam perangkat lunak, Anda akan menemukan kotak teks atau tempat untuk memasukkan tautan video. Tempelkan tautan video Facebook yang telah Anda salin sebelumnya ke dalam kotak teks tersebut.

Langkah 5: Mulai Mengunduh Video

Setelah memasukkan tautan video, klik tombol “Unduh” atau “Download” di perangkat lunak. Perangkat lunak akan mulai memroses tautan video dan mengunduhnya ke komputer Anda. Tunggu hingga proses unduhan selesai.

Langkah 6: Simpan Video di Lokasi yang Diinginkan

Setelah proses unduhan selesai, perangkat lunak biasanya akan memberikan opsi untuk menyimpan video di lokasi yang Anda tentukan di komputer Anda. Pilih lokasi di komputer Anda di mana Anda ingin menyimpan video tersebut, lalu klik “Simpan”. Video akan disimpan di komputer Anda dan siap untuk ditonton kapan saja.

Menggunakan perangkat lunak komputer memungkinkan Anda untuk mengunduh video dengan lebih banyak pilihan dan kontrol. Namun, pastikan Anda mendownload perangkat lunak yang terpercaya dan aman. Selalu periksa ulasan pengguna dan sumber yang terpercaya sebelum mengunduh perangkat lunak tertentu.

Menggunakan Ekstensi Browser

Jika Anda menggunakan browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox, Anda dapat mengunduh ekstensi yang memungkinkan Anda mengunduh video langsung dari Facebook. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Cari

Langkah 1: Cari dan Pilih Ekstensi

Pertama, buka peramban web Anda dan cari ekstensi yang memungkinkan Anda mengunduh video di Facebook. Ekstensi ini tersedia di toko ekstensi peramban seperti Chrome Web Store atau Firefox Add-ons. Pilih ekstensi yang memiliki peringkat dan ulasan yang baik dari pengguna lain.

Langkah 2: Unduh dan Instal Ekstensi

Setelah memilih ekstensi yang diinginkan, klik tombol “Unduh” atau “Tambahkan ke Peramban” untuk mengunduh dan menginstal ekstensi tersebut di peramban web Anda. Ikuti petunjuk instalasi yang diberikan oleh peramban web Anda untuk mengaktifkan ekstensi.

Langkah 3: Buka Facebook dan Temukan Video

Selanjutnya, buka Facebook di peramban web Anda dan cari video yang ingin Anda unduh. Buka video tersebut agar dapat memutar video di peramban web Anda.

Langkah 4: Klik Tombol Unduh

Setelah video dimulai, Anda akan melihat tombol unduh yang muncul di peramban web Anda. Biasanya, tombol unduh ini muncul di sekitar video atau di bilah alat peramban Anda. Klik tombol unduh untuk memulai proses pengunduhan video.

Langkah 5: Simpan Video di Lokasi yang Diinginkan

Setelah Anda mengklik tombol unduh, peramban web Anda akan mulai mengunduh video dari Facebook. Tunggu hingga proses unduhan selesai. Setelah selesai, Anda akan diminta untuk memilih lokasi di komputer Anda di mana Anda ingin menyimpan video tersebut. Pilih lokasi yang diinginkan, lalu klik “Simpan”. Video akan disimpan di komputer Anda dan dapat diakses kapan saja.

Menggunakan ekstensi peramban web adalah cara yang nyaman untuk mengunduh video langsung dari Facebook. Namun, pastikan Anda hanya mengunduh video yang memiliki izin hak cipta atau hanya untuk penggunaan pribadi. Selalu periksa kebijakan dan persyaratan penggunaan Facebook sebelum mengunduh video apa pun.

Menggunakan Fitur Unduhan Facebook

Facebook juga menyediakan fitur unduhan yang memungkinkan Anda mengunduh video yang telah Anda unggah sendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka Pengaturan Akun

Pertama, buka Facebook di peramban web Anda dan masuk ke akun Facebook Anda. Setelah masuk, klik ikon panah ke bawah di pojok kanan atas layar dan pilih opsi “Pengaturan” dari menu dropdown.

Langkah 2: Pilih “Unduh Informasi”

Setelah masuk ke halaman Pengaturan, pilih opsi “Unduh Informasi” di bagian bawah menu sebelah kiri. Halaman “Unduh Informasi” akan muncul dengan berbagai pilihan.

Langkah 3: Pilih Konten yang Ingin Diunduh

Di halaman “Unduh Informasi”, Anda akan melihat beberapa pilihan tentang jenis konten apa yang ingin Anda unduh dari Facebook. Pilih opsi “Deselect All” untuk membatalkan pilihan semua jenis konten. Kemudian, cari dan aktifkan opsi “Video” untuk memilih hanya video yang ingin Anda unduh.

Langkah 4: Pilih Kualitas Video dan Format

Setelah memilih jenis konten, Anda dapat memilih kualitas video yang ingin Anda unduh. Facebook menawarkan beberapa opsi kualitas yang berbeda, mulai dari kualitas rendah hingga kualitas tinggi. Pilih kualitas yang diinginkan dari daftar yang tersedia.

Anda juga dapat memilih format video yang ingin Anda unduh. Pilih format video yang kompatibel dengan perangkat dan aplikasi yang akan Anda gunakan untuk memutar video tersebut. Pilih opsi yang sesuai dari daftar yang tersedia.

Langkah 5: Mulai Proses Unduhan

Setelah memilih kualitas dan format video, klik tombol “Buat File”. Facebook akan memproses permintaan Anda dan memberi tahu Anda melalui email saat video Anda siap untuk diunduh. Tunggu hingga email konfirmasi diterima.

Langkah 6: Unduh Video dari Email

Setelah menerima email konfirmasi, buka email tersebut dan ikuti tautan yang disediakan untuk mengunduh video Anda. Klik tautan tersebut, dan video Anda akan diunduh ke perangkat Anda.

Fitur unduhan Facebook memungkinkan Anda untuk mengunduh video yang telah Anda unggah sendiri dengan mudah. Namun, perlu diingat bahwa Anda hanya dapat mengunduh video yang Anda miliki hak ciptanya atau video yang telah diunggah oleh pengguna lain dengan izin yang sesuai.

Memperhatikan Hak Cipta dan Etika Pengunduhan Video

Ketika Anda mendownload video di Facebook, sangat penting untuk memperhatikan hak cipta dan etika pengunduhan video. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Pastikan Anda Memiliki Izin atau Hak Cipta

Sebelum mengunduh video dari Facebook, pastikan Anda memiliki izin atau hak cipta untuk melakukannya. Jika video tersebut bukan milik Anda atau tidak memiliki izin resmi dari pemiliknya, jangan mengunduhnya. Mengunduh video yang dilindungi hak cipta tanpa izin adalah pelanggaran hukum dan dapat mengakibatkan konsekuensi hukum yang serius.

Gunakan Video Hanya untuk Penggunaan Pribadi

Setelah Anda berhasil mengunduh video dari Facebook, gunakan video tersebut hanya untuk penggunaan pribadi. Jangan membagikan video tersebut kecuali Anda memiliki izin dari pemiliknya. Menggunakan video dengan cara yang melanggar hak cipta dapat menyebabkan masalah hukum yang serius.

Hormati Privasi Pengguna Lain

Saat mengunduh video yang diunggah oleh pengguna lain, selalu ingat untuk menghormati privasi mereka. Jangan menggunakan video tersebut untuk tujuan yang tidak pantas atau melanggar privasi pengguna lain. Menghormati privasi pengguna adalah bagian penting dari etika pengunduhan video.

Pilih Metode Unduhan yang Terpercaya

Terakhir, pilih metode unduhan yang terpercaya dan aman. Hindari menggunakan situs pihak ketiga yang tidak dikenal atau tidak terpercaya. Selalu baca ulasan dan lakukan riset sebelum menggunakan situs web, aplikasi, perangkat lunak, atau ekstensi peramban tertentu. Pastikan Anda mengunduh dari sumber yang dapat dipercaya untuk menghindari risiko keamanan dan privasi yang tidak diinginkan.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah dan aman mengunduh video di Facebook sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingatlah selalu untuk memperhatikan hak cipta, etika, dan privasi saat mengunduh video. Nikmati pengalaman menonton video Anda dan jadilah pengguna yang bertanggung jawab di platform media sosial ini.

Related video of Cara Mendownload Video di Facebook: Panduan Lengkap dan Terperinci