Cara Menghilangkan Iklan di Facebook: Panduan Lengkap dan Terperinci

Apakah Anda bosan dengan iklan yang sering muncul di Facebook Anda? Jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menghilangkan iklan di Facebook. Kami akan menjelaskan langkah-langkah yang detail dan komprehensif sehingga Anda dapat menikmati pengalaman Facebook yang lebih baik tanpa terganggu oleh iklan yang mengganggu. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menyesuaikan preferensi iklan Anda dan menghilangkan iklan yang tidak relevan dengan minat dan kebutuhan Anda.

Adanya iklan di Facebook memang merupakan bagian dari model bisnis platform ini, namun, tidak semua iklan tersebut relevan atau menarik bagi pengguna. Ini dapat mengganggu pengalaman berselancar Anda di Facebook dan menghabiskan waktu yang berharga. Dalam panduan ini, kami akan membahas langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menghilangkan iklan yang tidak diinginkan, mengatur preferensi iklan Anda, serta mengurangi jumlah iklan yang muncul di feed Facebook Anda.

Menggunakan Pengaturan Iklan Facebook

Dalam sesi ini, kami akan menjelaskan cara menghilangkan iklan di Facebook melalui pengaturan iklan Facebook yang tersedia. Pengaturan iklan Facebook memungkinkan Anda untuk mengendalikan tampilan iklan di akun Anda dan memilih preferensi iklan yang lebih sesuai dengan minat dan kebutuhan Anda. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:

1. Buka Pengaturan Iklan

Langkah pertama adalah membuka pengaturan iklan di Facebook. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Facebook dan masuk ke akun Anda.
  2. Klik pada menu dropdown di pojok kanan atas layar dan pilih “Pengaturan”.
  3. Pada halaman pengaturan, klik opsi “Iklan” di sebelah kiri.
  4. Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan iklan, di mana Anda dapat mengendalikan preferensi iklan Anda.

2. Atur Preferensi Iklan

Setelah Anda membuka pengaturan iklan, langkah selanjutnya adalah mengatur preferensi iklan Anda. Di sini, Anda dapat menentukan minat Anda, mengelola pengaturan iklan yang telah Anda lihat, dan mengontrol iklan yang muncul di Facebook. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pada halaman pengaturan iklan, klik opsi “Pengaturan Iklan” di bagian atas halaman.
  2. Anda akan melihat berbagai pilihan preferensi iklan, seperti minat, iklan yang telah Anda lihat, dan pengaturan iklan di aplikasi dan situs web.
  3. Pilih opsi yang ingin Anda atur, misalnya, klik pada “Minat” untuk mengedit minat Anda.
  4. Anda dapat menambahkan atau menghapus minat dengan mengklik ikon pensil di sebelahnya.
  5. Setelah Anda mengatur preferensi iklan Anda, jangan lupa untuk mengklik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.

3. Blokir Iklan Tertentu

Jika Anda ingin memblokir iklan tertentu yang mengganggu atau tidak relevan, Anda dapat melakukannya melalui pengaturan iklan Facebook. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pada halaman pengaturan iklan, klik opsi “Pengaturan Iklan” di bagian atas halaman.
  2. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Blokir Iklan” di bagian bawah pengaturan iklan.
  3. Klik pada opsi “Blokir Iklan” untuk membuka halaman blokir iklan.
  4. Anda dapat memblokir iklan berdasarkan kategori, seperti perusahaan, produk, atau topik tertentu.
  5. Pilih kategori yang ingin Anda blokir, dan Facebook akan menghentikan iklan-iklan yang terkait dengan kategori tersebut.

Menggunakan Ekstensi Browser

Apakah Anda menggunakan browser seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox untuk mengakses Facebook? Jika iya, Anda dapat memanfaatkan ekstensi browser untuk menghilangkan iklan di Facebook. Ekstensi browser adalah aplikasi kecil yang dapat Anda tambahkan ke browser Anda untuk meningkatkan fitur dan fungsionalitasnya. Berikut adalah beberapa ekstensi browser yang dapat membantu Anda menghilangkan iklan di Facebook:

1. Adblock Plus

Adblock Plus adalah salah satu ekstensi browser yang paling populer dan efektif untuk memblokir iklan di Facebook. Ekstensi ini dapat memblokir iklan di berbagai situs web, termasuk Facebook. Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal Adblock Plus di Google Chrome:

  1. Buka Google Chrome dan kunjungi Chrome Web Store.
  2. Cari “Adblock Plus” dengan menggunakan kotak pencarian di sisi kiri atas.
  3. Klik pada ekstensi Adblock Plus yang muncul dalam hasil pencarian.
  4. Klik tombol “Tambahkan ke Chrome” untuk menginstal ekstensi.
  5. Tunggu beberapa saat hingga ekstensi terinstal, dan Anda akan melihat ikon Adblock Plus di sebelah kanan bilah alamat.
  6. Sekarang, saat Anda membuka Facebook, iklan-iklan di halaman tersebut akan diblokir oleh Adblock Plus.

2. uBlock Origin

uBlock Origin adalah ekstensi browser lain yang sangat efektif untuk memblokir iklan di Facebook. Ekstensi ini terkenal karena kecepatan dan efisiensinya dalam memblokir iklan tanpa menghambat kinerja browser. Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal uBlock Origin di Mozilla Firefox:

  1. Buka Mozilla Firefox dan kunjungi Add-ons Mozilla.
  2. Cari “uBlock Origin” dengan menggunakan kotak pencarian di sisi kanan atas.
  3. Klik pada ekstensi uBlock Origin yang muncul dalam hasil pencarian.
  4. Klik tombol “Tambahkan ke Firefox” untuk menginstal ekstensi.
  5. Tunggu beberapa saat hingga ekstensi terinstal, dan Anda akan melihat ikon uBlock Origin di sebelah kanan bilah alamat.
  6. Sekarang, saat Anda membuka Facebook, iklan-iklan di halaman tersebut akan diblokir oleh uBlock Origin.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda lebih sering menggunakan Facebook di perangkat seluler, maka dalam sesi ini kami akan membahas cara menghilangkan iklan di Facebook melalui penggunaan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi pihak ketiga adalah aplikasi yang dikembangkan oleh pengembang independen dan tidak berafiliasi langsung dengan Facebook. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat membantu Anda memblokir iklan di Facebook:

1. Friendly for Facebook

Friendly for Facebook adalah salah satu aplikasi pihak ketiga populer yang dapat membantu Anda menghilangkan iklan di Facebook. Aplikasi ini menawarkan tampilan yang mirip dengan aplikasi resmi Facebook, tetapi dengan fitur tambahan untuk memblokir iklan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal Friendly for Facebook di perangkat Android:

  1. Buka Google Play Store di perangkat Android Anda.
  2. Cari “Friendly for Facebook” dengan menggunakan kotak pencarian di bagian atas layar.
  3. Pilih aplikasi Friendly for Facebook yang muncul dalam hasil pencarian.
  4. Klik tombol “Pasang” untuk menginstal aplikasi.
  5. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi terinstal di perangkat Anda.
  6. Buka aplikasi Friendly for Facebook dan masuk ke akun Facebook Anda.
  7. Sekarang,Anda dapat menikmati pengalaman Facebook tanpa iklan yang mengganggu.

    2. Blok Iklan untuk Facebook

    Blok Iklan untuk Facebook adalah aplikasi pihak ketiga lainnya yang dapat membantu Anda menghilangkan iklan di Facebook. Aplikasi ini berfungsi dengan cara memblokir konten iklan saat Anda menjelajahi Facebook. Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstal Blok Iklan untuk Facebook di perangkat iOS:

    1. Buka App Store di perangkat iOS Anda.
    2. Cari “Blok Iklan untuk Facebook” dengan menggunakan kotak pencarian di bagian bawah layar.
    3. Pilih aplikasi Blok Iklan untuk Facebook yang muncul dalam hasil pencarian.
    4. Klik tombol “Dapatkan” untuk menginstal aplikasi.
    5. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi terinstal di perangkat Anda.
    6. Buka aplikasi Blok Iklan untuk Facebook dan ikuti petunjuk untuk menghubungkannya dengan akun Facebook Anda.
    7. Sekarang, saat Anda membuka Facebook melalui aplikasi ini, iklan-iklan di halaman tersebut akan diblokir.

    Mengatur Preferensi Iklan

    Pada sesi ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah untuk mengatur preferensi iklan Anda di Facebook. Dengan mengatur preferensi iklan, Anda dapat memilih iklan yang lebih relevan dengan minat dan kebutuhan Anda, sehingga mengurangi kemungkinan munculnya iklan yang tidak diinginkan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

    1. Buka Pengaturan Iklan

    Pertama-tama, buka Facebook dan masuk ke akun Anda. Kemudian, klik menu dropdown di pojok kanan atas layar dan pilih “Pengaturan”. Pada halaman pengaturan, klik opsi “Iklan” di sebelah kiri. Anda akan diarahkan ke halaman pengaturan iklan.

    2. Atur Preferensi Iklan

    Pada halaman pengaturan iklan, klik opsi “Pengaturan Iklan” di bagian atas halaman. Di sini, Anda dapat mengatur preferensi iklan Anda sesuai keinginan. Beberapa preferensi yang dapat Anda atur meliputi:

    • Minat: Anda dapat menambahkan atau menghapus minat dengan mengklik ikon pensil di sebelahnya. Facebook akan menyesuaikan iklan yang ditampilkan berdasarkan minat yang Anda pilih.
    • Kontrol iklan yang telah Anda lihat: Anda dapat mengelola iklan yang telah Anda lihat dan menghapus sejarah iklan tertentu.
    • Pengaturan iklan di aplikasi dan situs web: Anda dapat mengatur preferensi iklan di aplikasi dan situs web yang terhubung dengan akun Facebook Anda.

    3. Simpan Perubahan

    Setelah Anda mengatur preferensi iklan Anda, jangan lupa untuk mengklik tombol “Simpan” di bagian bawah halaman untuk menyimpan perubahan yang Anda buat. Dengan mengatur preferensi iklan yang sesuai, Anda dapat meningkatkan relevansi iklan yang ditampilkan di Facebook dan mengurangi jumlah iklan yang tidak diinginkan.

    Menghapus Minat Iklan

    Apakah Anda bosan dengan iklan yang terus muncul berdasarkan minat tertentu? Dalam sesi ini, kami akan mengajarkan cara menghapus minat iklan di Facebook. Dengan menghapus minat iklan tertentu, Anda dapat menghilangkan iklan yang tidak relevan dengan preferensi Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

    1. Buka Pengaturan Iklan

    Pertama-tama, buka pengaturan iklan di Facebook seperti yang dijelaskan sebelumnya. Pilih opsi “Pengaturan Iklan” di bagian atas halaman.

    2. Hapus Minat Iklan

    Pada halaman pengaturan iklan, cari bagian “Minat” dan klik ikon pensil di sebelahnya. Anda akan melihat daftar minat iklan yang saat ini ada di profil Anda. Untuk menghapus minat tertentu, cukup klik ikon “X” di sebelah minat tersebut. Facebook akan menghapus minat iklan tersebut dari profil Anda dan mengurangi kemungkinan munculnya iklan yang berkaitan dengan minat tersebut.

    Menghapus Iklan Tertentu

    Jika Anda sering melihat iklan yang sama berulang kali, atau ada iklan tertentu yang mengganggu Anda, maka dalam sesi ini kami akan membahas cara menghapus iklan tertentu di Facebook. Dengan menghapus iklan yang tidak diinginkan, Anda dapat memiliki pengalaman Facebook yang lebih baik dan lancar. Berikut adalah langkah-langkahnya:

    1. Buka Pengaturan Iklan

    Seperti sebelumnya, buka pengaturan iklan di Facebook dan pilih opsi “Pengaturan Iklan” di bagian atas halaman.

    2. Hapus Iklan yang Tidak Diinginkan

    Pada halaman pengaturan iklan, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Iklan yang Tidak Diinginkan”. Klik ikon pensil di sebelahnya untuk membuka daftar iklan yang saat ini ada di profil Anda. Untuk menghapus iklan tertentu, cukup klik ikon “X” di sebelah iklan tersebut. Facebook akan menghapus iklan tersebut dari profil Anda dan mengurangi kemungkinan munculnya iklan yang serupa di masa mendatang.

    Mengatur Pengaturan Iklan di Aplikasi Facebook

    Jika Anda menggunakan aplikasi Facebook di perangkat seluler, maka dalam sesi ini kami akan menjelaskan cara mengatur pengaturan iklan di aplikasi Facebook. Dalam aplikasi Facebook, Anda dapat mengendalikan preferensi iklan Anda dan menghilangkan iklan yang tidak relevan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

    1. Buka Aplikasi Facebook

    Buka aplikasi Facebook di perangkat seluler Anda dan masuk ke akun Anda.

    2. Buka Pengaturan & Privasi

    Klik pada tombol menu (tiga garis horisontal) di pojok kanan bawah layar dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Pengaturan & Privasi”.

    3. Buka Pengaturan

    Klik pada opsi “Pengaturan” untuk membuka halaman pengaturan aplikasi Facebook.

    4. Pilih Iklan

    Pada halaman pengaturan, cari dan klik opsi “Iklan” untuk membuka pengaturan iklan di aplikasi Facebook.

    5. Atur Preferensi Iklan

    Di sini, Anda dapat mengatur preferensi iklan Anda seperti yang dijelaskan sebelumnya. Pilih opsi yang ingin Anda atur, misalnya, “Minat” atau “Kontrol iklan yang telah Anda lihat”. Sesuaikan preferensi Anda sesuai keinginan.

    Menggunakan Fitur “Why am I seeing this ad?”

    Dalam sesi ini, kami akan menjelaskan cara menggunakan fitur “Why am I seeing this ad?” yang disediakan oleh Facebook. Fitur ini akan memberikan informasi yang lebih jelas tentang mengapa Anda melihat iklan tertentu dan bagaimana Anda dapat mengatur preferensi iklan Anda berdasarkan informasi ini. Berikut adalah langkah-langkahnya:

    1. Temukan Iklan yang Tertentu

    Temukan iklan tertentu di feed Facebook Anda yang ingin Anda ketahui alasan mengapa iklan tersebut muncul.

    2. Ketuk Menu Iklan

    Ketuk menu atau tanda seru di pojok kanan atas iklan tersebut untuk membuka opsi lebih lanjut.

    3. Pilih “Mengapa saya melihat iklan ini?”

    Pada menu iklan, pilih opsi “Mengapa saya melihat iklan ini?”.

    4. Lihat Penjelasan Iklan

    Facebook akan menampilkan penjelasan tentang mengapa Anda melihat iklan tersebut. Informasi ini dapat mencakup faktor seperti minat, aktivitas browsing, atau informasi yang dibagikan oleh pihak ketiga kepada Facebook.

    5. Atur Preferensi Iklan

    Berdasarkan penjelasan yang diberikan, Anda dapat mengklik opsi “Mengatur preferensi iklan” untuk mengubah preferensi iklan Anda. Misalnya, Anda dapat mengatur preferensi untuk mengurangi jenis iklan yang ditampilkan, atau mengubah minat yang digunakan oleh Facebook untuk menargetkan iklan.

    Menghindari Iklan yang Tidak Diinginkan

    Bagaimana cara menghindari iklan yang tidak diinginkan di Facebook? Dalam sesi ini, kami akan memberikan tips dan trik yang dapat membantu Anda mengurangi kemungkinan munculnya iklan yang tidak diinginkan di feed Facebook Anda. Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda coba:

    1. Bersihkan Riwayat Pencarian

    Salah satu faktor yang mempengaruhi iklan yang muncul di Facebook adalah riwayat pencarian Anda. Jika Anda ingin menghindari iklan yang berkaitan dengan pencarian tertentu, Anda dapat membersihkan riwayat pencarian Anda di pengaturan Facebook. Dengan begitu, Facebook tidak akan menggunakan informasi tersebut untuk menargetkan iklan kepada Anda.

    2. Batasi Bagikan Informasi

    Facebook menggunakan informasi yang Anda bagikan di profil Anda untuk menargetkan iklan. Jika Anda ingin menghindari iklan yang terlalu personal, Anda dapat membatasi informasi yang Anda bagikan di profil Anda. Pastikan untuk memeriksa pengaturan privasi Anda dan menyesuaikannya sesuai dengan preferensi Anda.

    3. Hapus Aplikasi dan Situs Web yang Tidak Dibutuhkan

    Seiring waktu, Anda mungkin telah mengizinkan berbagai aplikasi dan situs web untuk mengakses akun Facebook Anda. Aplikasi dan situs web tersebut dapat menggunakan informasi Anda untuk menampilkan iklan yang relevan. Jika Anda ingin menghindari iklan yang tidak diinginkan, periksa dan hapus aplikasi dan situs web yang tidak lagi Anda butuhkan.

    4. Sering Membersihkan Daftar Iklan

    Facebook menyimpan daftar iklan yang pernah Anda lihat di profil Anda. Jika Anda ingin mengurangi kemungkinan munculnya iklan yang berkaitan dengan iklan sebelumnya, Anda dapat membersihkan daftar iklan tersebut. Dengan begitu, Facebook tidak akan menggunakan informasi tersebut untuk menargetkan iklan kepada Anda.

    Menggunakan Adblocker

    Terakhir, dalam sesi ini, kami akan membahas penggunaan adblocker untuk menghilangkan iklan di Facebook. Adblocker adalah perangkat lunak yang dapat memblokir iklan di berbagai situs web, termasuk Facebook. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan adblocker:

    1. Pilih Adblocker yang Tepat

    Masuk ke situs web browser Anda dan cari adblocker yang kompatibel dengan browser Anda. Ada banyak pilihan adblocker yang tersedia, seperti Adblock Plus atau uBlock Origin.

    2. Unduh dan Pasang Adblocker

    Unduh adblocker yang Anda pilih dan ikuti petunjuk untuk menginstalnya di browser Anda. Setelah terinstal, adblocker akan mulai memblokir iklan di situs web, termasuk Facebook.

    3. Sesuaikan Pengaturan Adblocker (Opsional)

    Sesudah terinstal, Anda dapat memilih untuk menyesuaikan pengaturan adblocker sesuai dengan preferensi Anda. Misalnya, Anda dapat memilih untuk memblokir iklan hanya di Facebook atau di semua situs web yang Anda kunjungi.

    Dalam kesimpulan, menghilangkan iklan di Facebook dapat meningkatkan pengalaman berselancar Anda dan mengurangi gangguan visual yang tidak diinginkan. Dengan mengikuti panduan lengkap dan terperinci ini, Anda dapat dengan mudah mengatur preferensi iklan Anda, menghilangkan iklan yang tidak relevan, dan meningkatkan kualitas waktu yang Anda habiskan di Facebook. Selamat menghilangkan iklan dan menikmati pengalaman Facebook yang lebih baik!

    Related video of Cara Menghilangkan Iklan di Facebook: Panduan Lengkap dan Terperinci