Cara Melihat Pesan Facebook yang Sudah Dihapus Lewat HP: Panduan Lengkap

Apakah Anda pernah menghapus pesan penting di Facebook dan ingin tahu apakah ada cara untuk mengembalikannya? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melihat pesan Facebook yang sudah dihapus lewat HP. Dengan mengikuti langkah-langkah yang akan kami jelaskan, Anda akan dapat memulihkan pesan Facebook yang mungkin telah hilang secara tidak sengaja atau disengaja.

Penting untuk diingat bahwa Facebook tidak menyediakan opsi langsung untuk mengembalikan pesan yang telah dihapus. Namun, dengan menggunakan beberapa trik dan aplikasi pihak ketiga, Anda masih memiliki kesempatan untuk melihat kembali pesan yang hilang tersebut. Kami akan membahas beberapa metode yang dapat Anda coba untuk mengakses pesan Facebook yang sudah dihapus lewat HP.

Menggunakan Aplikasi Pengelola Pesan

Jika Anda ingin melihat pesan Facebook yang telah dihapus, salah satu cara termudah adalah dengan menggunakan aplikasi pengelola pesan pihak ketiga. Aplikasi-aplikasi seperti “Notification History Log” atau “Messenger Call & SMS Tracker” dapat membantu Anda melihat pesan yang telah dihapus. Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Unduh dan Instal Aplikasi

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi pengelola pesan pihak ketiga yang Anda pilih, misalnya “Notification History Log”. Aplikasi ini tersedia di toko aplikasi resmi seperti Google Play Store atau Apple App Store. Setelah aplikasi terunduh, ikuti petunjuk untuk menginstalnya di perangkat HP Anda.

2. Berikan Izin Akses

Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi tersebut dan berikan izin akses yang diperlukan. Biasanya, aplikasi pengelola pesan memerlukan izin akses ke notifikasi atau pesan yang masuk ke perangkat Anda. Pastikan untuk membaca dan memahami izin yang diminta oleh aplikasi sebelum memberikannya.

3. Cari Opsi “Log” atau “Riwayat”

Setelah memberikan izin akses, cari opsi “Log” atau “Riwayat” di dalam aplikasi pengelola pesan tersebut. Biasanya, opsi ini dapat ditemukan di menu utama aplikasi atau melalui ikon yang ditampilkan di layar perangkat Anda. Klik atau pilih opsi tersebut untuk melanjutkan.

4. Pilih “Facebook” atau “Messenger”

Setelah Anda masuk ke opsi “Log” atau “Riwayat”, cari opsi untuk memilih platform Facebook atau Messenger. Ini akan memungkinkan Anda melihat pesan Facebook yang telah dihapus. Pilih opsi tersebut untuk melanjutkan.

5. Cari dan Buka Pesan yang Dihapus

Setelah memilih platform Facebook atau Messenger, Anda akan melihat daftar pesan yang telah dihapus. Cari pesan yang ingin Anda pulihkan dan klik atau pilih untuk membukanya. Aplikasi pengelola pesan biasanya akan menampilkan konten pesan yang telah dihapus dengan detail yang tersedia.

6. Salin atau Screenshot Pesan

Jika Anda ingin menyimpan pesan yang telah dihapus, Anda dapat menggunakan fitur salin atau screenshot dalam aplikasi pengelola pesan. Salin teks pesan atau buat screenshot untuk menyimpannya di perangkat Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mengakses pesan Facebook yang telah dihapus kapan pun Anda inginkan.

Dengan menggunakan aplikasi pengelola pesan, Anda memiliki kesempatan untuk melihat kembali pesan Facebook yang telah dihapus dengan mudah. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi ini mungkin bekerja dengan sempurna, tergantung pada jenis perangkat yang Anda gunakan.

Menggunakan Arsip Facebook

Facebook menyediakan fitur arsip yang memungkinkan Anda menyimpan salinan semua data pribadi Anda, termasuk pesan yang telah dihapus. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Aplikasi Facebook di Perangkat HP Anda

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Facebook di perangkat HP Anda. Pastikan Anda telah masuk ke akun Facebook Anda sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Pergi ke Menu “Pengaturan & Privasi”

Setelah membuka aplikasi Facebook, cari dan buka menu “Pengaturan & Privasi”. Biasanya, menu ini dapat ditemukan dengan mengklik ikon tiga garis atau tiga titik di pojok kanan atas layar aplikasi.

3. Gulir ke Bawah dan Pilih “Pengaturan”

Setelah masuk ke menu “Pengaturan & Privasi”, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Pengaturan”. Klik atau pilih opsi tersebut untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

4. Pilih “Unduh Salinan Informasi”

Di dalam menu “Pengaturan”, cari opsi “Unduh Salinan Informasi” dan pilihnya. Opsi ini akan memungkinkan Anda untuk mengunduh arsip Facebook yang berisi semua data pribadi Anda.

5. Masukkan Kata Sandi Facebook Anda

Setelah memilih opsi “Unduh Salinan Informasi”, Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi Facebook Anda sebagai tindakan keamanan. Masukkan kata sandi yang benar untuk melanjutkan.

6. Pilih “Membuat Arsip Saya”

Setelah memasukkan kata sandi, Anda akan melihat opsi “Membuat Arsip Saya”. Klik atau pilih opsi ini untuk memulai proses pembuatan arsip Facebook Anda.

7. Tunggu Hingga Facebook Selesai Mengumpulkan Data

Setelah memilih opsi “Membuat Arsip Saya”, Anda harus menunggu beberapa saat hingga Facebook selesai mengumpulkan semua data pribadi Anda. Proses ini dapat memakan waktu tergantung pada jumlah data yang perlu dikumpulkan.

8. Unduh Arsip Anda

Setelah arsip Anda siap, Anda akan menerima notifikasi. Buka notifikasi tersebut dan unduh arsip Anda ke perangkat HP Anda. Arsip Facebook akan disimpan dalam format ZIP yang dapat diekstrak untuk mengakses semua data di dalamnya.

9. Buka File HTML

Dalam arsip yang Anda unduh, Anda akan menemukan file HTML yang berisi semua pesan Facebook Anda, termasuk pesan yang telah dihapus. Buka file tersebut menggunakan browser atau aplikasi HTML Viewer untuk melihat kembali pesan yang hilang.

Metode ini memungkinkan Anda untuk mengakses semua pesan Facebook yang pernah Anda kirim, termasuk pesan yang telah dihapus. Namun, perlu diingat bahwa Anda hanya dapat melihat pesan yang telah dihapus sejauh data Anda tersedia dalam arsip tersebut.

Menggunakan Cache Browser

Metode lain yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan cache browser pada perangkat HP Anda. Cache browser adalah tempat penyimpanan sementara di mana beberapa data dari situs web disimpan. Jika Anda pernah mengakses pesan Facebook yang dihapus melalui browser di HP Anda, kemungkinan besar pesan tersebut masih ada dalam cache. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Browser di Perangkat HP Anda

Langkah pertama adalah membuka browser di perangkat HP Anda. Pastikan Anda menggunakan browser yang telah digunakan untuk mengakses pesan Facebook yang dihapus.

2. Buka Menu Pengaturan Browser

Setelah membuka browser, cari dan buka menu pengaturan browser. Biasanya, menu ini dapat ditemukan dengan mengklik ikon tiga garis atau tiga titik di pojok kanan atas layar browser.

3. Cari Opsi “Hapus Riwayat” atau “Hapus Cache”

Setelah masuk ke menu pengaturan browser, cari opsi “Hapus Riwayat” atau “Hapus Cache”. Opsi ini berbeda-beda tergantung pada browser yang Anda gunakan. Pilih opsi ini untuk melanjutkan.

4. Pilih Hapus Cache atau Riwayat Browser

Setelah memilih opsi “Hapus Riwayat” atau “Hapus Cache”, Anda akan melihat pilihan untuk menghapus cache atau riwayat browser. Pastikan untuk hanya memilih opsi ini dan tidak menghapus data pribadi lainnya seperti password atau cookie. Pilih opsi yang sesuai untuk melanjutkan.

5. Tutup dan Buka Kembali Browser

Setelah selesai menghapus cache atau riwayat browser, tutup dan buka kembali browser di perangkat HP Anda. Ini akan memastikan bahwa perubahan yang Anda lakukan diterapkan secara efektif.

6. Buka Kembali Facebook

Setelah membuka kembali browser, buka kembali situs web Facebook dan masuk ke akun Anda. Coba akses pesan yang telah dihapus dan lihat apakah pesan tersebut masih dapat ditemukan dalam cache browser.

Jika pesan Facebook yang telah dihapus masih ada dalam cache browser, Anda akan dapat melihatnya kembali. Namun, perlu diingat bahwa metode ini tidak selalu berhasil, tergantung pada seberapa lama pesan tersebut telah dihapus dan apakah cache browser Anda masih menyimpannya.

Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika metode-metode sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga. Aplikasi seperti “DiskDigger” atau “Dr.Fone” dapat membantu Anda memulihkan data yang hilang, termasuk pesan Facebook yang telah dihapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Unduh dan Instal Aplikasi Pemulihan Data

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi pemulihan data pihak ketiga, seperti “DiskDigger” atau “Dr.Fone”, dari toko aplikasi resmi. Pastikan Anda memilih aplikasi yang terpercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna.

2. Buka Aplikasi Pemulihan Data

Setelah aplikasi terinstal, buka aplikasi pemulihan data yang Anda unduh. Biasanya, aplikasi ini akan meminta izin akses ke penyimpanan perangkat Anda. Berikan izin yang diminta agar aplikasi dapat mencari dan memulihkan data yang hilang.

3. Pilih Jenis Data yang Ingin Dipulihkan

Setelah membuka aplikasi pemulihan data, Anda akan melihat berbagai jenis data yang dapat dipulihkan. Pilih “Pesan” atau “Pesan Facebook” sebagai jenis data yang ingin Anda pulihkan. Aplikasi akan memulai proses pemindaian (scan) untuk mencari data yang hilang.

4. Tunggu Hingga Pemindaian Selesai

Proses pemindaian dapat memakan waktu tergantung pada jumlah data yang perlu dicari. Tunggu hingga pemindaian selesai dan jangan membatalkannya. Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan pesan yang dapat dipulihkan.

5. Pilih dan Simpan Kembali Pesan

Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar pesan Facebook yang dapat dipulihkan. Pilih pesan yang ingin Anda pulihkan dan pilih opsi untuk menyimpannya kembali ke perangkat Anda. Aplikasi pemulihan data biasanya akan menyediakan opsi untuk menyimpan pesan dalam format teks atau file lainnya.

Dengan menggunakan aplikasi pemulihan data, Anda memiliki kesempatan untuk mencari dan memulihkan pesan Facebook yang telah dihapus. Namun, perlu diingat bahwa aplikasi ini mungkin tidak selalu berhasil dan beberapa fitur dapat memerlukan pembelian dalam aplikasi.

Menghubungi Pihak Facebook

Jika semua metode yang telah kami jelaskan di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghubungi pihak Facebook untuk meminta bantuan. Meskipun tidak ada jaminan bahwa pesan yang telah dihapus dapat dikembalikan, mereka mungkin memiliki informasi lebih lanjut atau solusi yang dapat membantu Anda. Menghubungi tim dukungan pelanggan Facebook melalui halaman bantuan mereka adalah langkah terakhir yang dapat Anda coba.

Ingatlah bahwa ketika menghubungi pihak Facebook, berikan informasi yang jelas dan lengkap tentang masalah Anda. Sertakan detail seperti waktu penghapusan pesan, nama pengguna, dan hal-hal lain yang mungkin membantu mereka memahami situasi Anda dengan lebih baik.

Kesimpulan

Melihat pesan Facebook yang sudah dihapus lewat HP mungkin tidak selalu mudah, tetapi dengan menggunakan metode-metode di atas, Anda memiliki kesempatan untuk mengembalikan pesan yang hilang. Penting untuk diingat bahwa tidak ada jaminan 100% bahwa Anda akan berhasil mengakses pesan yang telah dihapus, tetapi dengan mencoba berbagai metode, Anda meningkatkan peluang Anda untuk melakukannya.

Perlu diingat bahwa penting untuk selalu berhati-hati dalam menghapus pesan di Facebook. Pastikan untuk mempertimbangkan kembali sebelum menghapus pesan yang mungkin penting atau berharga bagi Anda. Selain itu, lakukanlah backup secara berkala untuk melindungi data Anda dari kemungkinan kehilangan.

Semoga panduan ini bermanfaat dan berhasil membantu Anda dalam memulihkan pesan Facebook yang telah dihapus. Ingatlah untuk menggunakan metode-metode ini dengan bijak dan hanya untuk tujuan yang sah. Selamat mencoba!

Related video of Cara Melihat Pesan Facebook yang Sudah Dihapus Lewat HP: Panduan Lengkap

https://youtube.com/watch?v=I8yFg-sCy-w