Cara Mengembalikan Facebook yang Dihack Lewat HP: Panduan Lengkap

Table of Contents

Apakah Anda pernah mengalami kejadian yang tidak menyenangkan saat akun Facebook Anda dihack melalui ponsel? Jika iya, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan Facebook yang dihack lewat HP. Kami akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mendapatkan kembali kendali atas akun Facebook Anda yang terkena hack.

Sebelum kita menuju ke langkah-langkahnya, penting untuk diingat bahwa keamanan akun Facebook sangatlah penting. Selalu pastikan untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan berbeda untuk setiap akun online yang Anda miliki. Selain itu, selalu aktifkan fitur keamanan tambahan seperti autentikasi dua faktor. Namun, jika Anda sudah mengalami situasi yang tidak diinginkan ini, berikut adalah panduan lengkap untuk mengembalikan akun Facebook Anda yang dihack lewat HP.

Mengakses Halaman Bantuan Facebook

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengakses halaman bantuan Facebook. Di halaman ini, Anda akan menemukan berbagai opsi dan informasi yang berguna untuk mengatasi masalah akun yang dihack.

Summary: Langkah pertama adalah mengakses halaman bantuan Facebook untuk mendapatkan informasi dan bantuan yang diperlukan.

1.1 Membuka Halaman Bantuan Facebook

Pertama, buka peramban web di perangkat Anda dan masuk ke situs Facebook (www.facebook.com). Setelah itu, cari dan klik tautan “Bantuan” yang biasanya terletak di bagian bawah halaman.

1.2 Menggunakan Pencarian di Halaman Bantuan

Setelah Anda masuk ke halaman bantuan Facebook, Anda akan melihat kotak pencarian di bagian atas halaman. Gunakan kotak pencarian ini untuk mencari kata kunci “akun dihack” atau “akun dibobol” untuk mendapatkan informasi yang relevan dengan situasi Anda.

Melaporkan Akun yang Dihack

Setelah mengakses halaman bantuan Facebook, langkah selanjutnya adalah melaporkan akun Anda yang dihack. Facebook memiliki prosedur yang harus Anda ikuti untuk melaporkan kejadian ini dan mendapatkan bantuan dari tim keamanan Facebook.

Summary: Langkah kedua adalah melaporkan akun yang dihack kepada tim keamanan Facebook untuk mendapatkan bantuan dan memulihkan akun Anda.

2.1 Mengklik Tautan “Laporkan Akun yang Dibobol”

Setelah Anda membuka halaman bantuan Facebook, gunakan kotak pencarian lagi untuk mencari tautan “Laporkan Akun yang Dibobol” atau “Laporkan Akun yang Dihack”. Klik tautan ini untuk melanjutkan proses pelaporan.

2.2 Mengisi Formulir Pelaporan

Setelah mengklik tautan pelaporan, Anda akan diarahkan ke halaman formulir pelaporan. Di sini, Facebook akan meminta Anda untuk memberikan informasi tentang akun yang dihack, termasuk alamat email atau nomor telepon terkait dengan akun tersebut.

Mengubah Kata Sandi

Selanjutnya, setelah melaporkan akun yang dihack, langkah yang perlu Anda lakukan adalah mengubah kata sandi akun Facebook Anda. Ini sangat penting untuk mencegah hacker mengakses kembali akun Anda di masa mendatang.

Summary: Langkah ketiga adalah mengubah kata sandi akun Facebook Anda untuk meningkatkan keamanan dan mencegah akses tidak sah.

3.1 Mengklik Tautan “Lupa Kata Sandi”

Setelah Anda berhasil masuk kembali ke akun Facebook Anda, cari dan klik tautan “Lupa Kata Sandi” yang biasanya dapat ditemukan di halaman masuk akun. Tautan ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan ulang kata sandi.

3.2 Memasukkan Informasi Akun

Di halaman pengaturan ulang kata sandi, Facebook akan meminta Anda untuk memasukkan informasi yang terkait dengan akun Anda, seperti alamat email atau nomor telepon yang terkait dengan akun tersebut. Masukkan informasi yang diminta dengan benar dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

3.3 Memilih Metode Pengaturan Ulang Kata Sandi

Setelah memasukkan informasi akun dengan benar, Facebook akan menawarkan beberapa metode pengaturan ulang kata sandi, seperti melalui email atau nomor telepon yang terdaftar. Pilih metode yang paling nyaman bagi Anda dan ikuti petunjuk yang diberikan.

3.4 Mengatur Kata Sandi Baru

Setelah memilih metode pengaturan ulang kata sandi, Facebook akan meminta Anda untuk mengatur kata sandi baru. Pastikan Anda menggunakan kata sandi yang kuat dan tidak mudah ditebak oleh orang lain. Setelah mengatur kata sandi baru, simpan perubahan dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

Memeriksa Aktivitas Terakhir

Setelah mengubah kata sandi, penting untuk memeriksa aktivitas terakhir di akun Anda. Facebook menyediakan fitur untuk melihat aktivitas terakhir yang terjadi di akun Anda, sehingga Anda dapat memeriksa apakah ada aktivitas mencurigakan.

Summary: Langkah keempat adalah memeriksa aktivitas terakhir di akun Facebook Anda untuk memastikan tidak ada aktivitas mencurigakan.

4.1 Mengakses Pengaturan Akun

Untuk memeriksa aktivitas terakhir di akun Facebook Anda, masuklah ke akun Anda dan klik ikon panah ke bawah di bagian kanan atas halaman. Dari menu drop-down, pilih “Pengaturan” untuk masuk ke halaman pengaturan akun.

4.2 Mengklik “Keamanan dan Login”

Di halaman pengaturan akun, cari dan klik tautan “Keamanan dan Login” di sisi kiri halaman. Ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan keamanan dan login akun Anda.

4.3 Memeriksa Aktivitas Terakhir

Di halaman pengaturan keamanan dan login, gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian “Aktivitas Terakhir” dengan daftar log masuk terakhir ke akun Anda. Periksa log masuk ini dan perhatikan apakah ada aktivitas yang mencurigakan atau tidak dikenali.

Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor

Untuk meningkatkan keamanan akun Facebook Anda, sangat disarankan untuk mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor. Dengan fitur ini, Anda akan mendapatkan lapisan keamanan tambahan yang membutuhkan kode verifikasi saat Anda login ke akun Facebook dari perangkat baru.

Summary: Langkah kelima adalah mengaktifkan fitur autentikasi dua faktor untuk meningkatkan keamanan akun Facebook Anda.

5.1 Mengakses Pengaturan Keamanan dan Login

Untuk mengatur autentikasi dua faktor, ikuti langkah-langkah yang sama seperti pada langkah 4.2 untuk masuk ke halaman pengaturan keamanan dan login akun Anda.

5.2 Mengklik “Gunakan Autentikasi Dua Faktor”

Di halaman pengaturan keamanan dan login, cari dan klik tautan “Gunakan Autentikasi Dua Faktor” di bagian atas halaman. Ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan autentikasi dua faktor.

5.3 Mengatur Metode Autentikasi

Di halaman pengaturan autentikasi dua faktor, Facebook akan menawarkan beberapa metode autentikasi, seperti menggunakan

5.3 Mengatur Metode Autentikasi

Di halaman pengaturan autentikasi dua faktor, Facebook akan menawarkan beberapa metode autentikasi, seperti menggunakan kode SMS, aplikasi otentikator, atau kunci keamanan fisik. Pilih metode yang sesuai dengan preferensi Anda.

5.4 Mengikuti Petunjuk Pengaturan Autentikasi

Setelah memilih metode autentikasi, ikuti petunjuk yang diberikan oleh Facebook untuk mengatur autentikasi dua faktor. Misalnya, jika Anda memilih metode kode SMS, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon Anda untuk menerima kode verifikasi.

5.5 Memverifikasi Autentikasi Dua Faktor

Setelah mengatur autentikasi dua faktor, Facebook akan melakukan verifikasi untuk memastikan fitur ini berfungsi dengan baik. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk memverifikasi autentikasi dua faktor dengan menggunakan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS, aplikasi otentikator, atau metode lain yang Anda pilih.

Memperbarui Informasi Kontak

Setelah mengatur langkah-langkah keamanan yang diperlukan, penting untuk memperbarui informasi kontak Anda di akun Facebook. Pastikan nomor telepon dan alamat email yang terdaftar adalah yang terbaru dan dapat diakses.

Summary: Langkah keenam adalah memperbarui informasi kontak Anda di akun Facebook untuk memastikan Anda dapat menerima pemberitahuan dan informasi penting dari Facebook.

6.1 Mengakses Pengaturan Akun

Untuk memperbarui informasi kontak, ikuti langkah-langkah yang sama seperti pada langkah 4.1 dan 4.2 untuk masuk ke halaman pengaturan akun.

6.2 Memeriksa Bagian “Informasi Dasar dan Kontak”

Di halaman pengaturan akun, cari dan klik tautan “Informasi Dasar dan Kontak” di sisi kiri halaman. Ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan informasi dasar dan kontak akun Anda.

6.3 Memperbarui Nomor Telepon dan Alamat Email

Di halaman pengaturan informasi dasar dan kontak, periksa nomor telepon dan alamat email yang terdaftar. Jika ada perubahan, klik tombol “Ubah” di samping nomor telepon atau alamat email untuk memperbarui informasi tersebut.

Menjaga Keamanan Perangkat Anda

Untuk menghindari kejadian serupa di masa mendatang, pastikan untuk menjaga keamanan perangkat Anda. Selalu perbarui sistem operasi dan aplikasi yang Anda gunakan, serta instal perangkat lunak keamanan yang terpercaya.

Summary: Langkah ketujuh adalah menjaga keamanan perangkat Anda dengan memperbarui sistem operasi, aplikasi, dan menginstal perangkat lunak keamanan yang terpercaya.

7.1 Memperbarui Sistem Operasi

Periksa apakah perangkat Anda memiliki pembaruan sistem operasi yang tersedia. Pembaruan ini seringkali mengandung perbaikan keamanan yang penting, jadi pastikan Anda memperbarui perangkat Anda ke versi terbaru.

7.2 Memperbarui Aplikasi

Periksa apakah ada pembaruan yang tersedia untuk aplikasi yang Anda gunakan, termasuk aplikasi Facebook. Pembaruan aplikasi ini juga seringkali mengandung perbaikan keamanan, jadi pastikan Anda menginstal pembaruan tersebut.

7.3 Menginstal Perangkat Lunak Keamanan

Untuk tambahan keamanan, pertimbangkan untuk menginstal perangkat lunak keamanan yang terpercaya pada perangkat Anda. Perangkat lunak ini dapat membantu melindungi Anda dari ancaman keamanan seperti malware dan virus.

Berhati-hati terhadap Phishing

Phishing adalah metode yang sering digunakan oleh hacker untuk mencuri informasi pribadi pengguna. Oleh karena itu, selalu berhati-hati terhadap email, pesan, atau tautan yang mencurigakan yang meminta Anda untuk memasukkan informasi pribadi atau kata sandi.

Summary: Langkah kedelapan adalah berhati-hati terhadap phishing dan tidak memberikan informasi pribadi atau kata sandi kepada pihak yang mencurigakan.

8.1 Menyadari Tanda-tanda Phishing

Untuk menghindari jebakan phishing, penting untuk menyadari tanda-tanda umum dari email, pesan, atau tautan yang mencurigakan. Tanda-tanda ini termasuk tautan yang mencurigakan, permintaan informasi pribadi yang tidak biasa, atau pesan yang terlihat tidak profesional.

8.2 Menjaga Kerahasiaan Informasi Pribadi

Jangan pernah memberikan informasi pribadi atau kata sandi Anda kepada pihak yang mencurigakan atau melalui tautan yang tidak terpercaya. Pastikan Anda hanya memasukkan informasi sensitif pada situs web yang aman dan terpercaya.

8.3 Melaporkan Phishing

Jika Anda menerima email, pesan, atau tautan yang mencurigakan, laporkan hal tersebut kepada penyedia layanan email atau platform media sosial yang Anda gunakan. Ini akan membantu melindungi Anda dan orang lain dari upaya phishing yang berbahaya.

Menghapus Aplikasi yang Tidak Dikenal

Jika akun Facebook Anda dihack melalui aplikasi yang tidak dikenal, segera hapus aplikasi tersebut dari perangkat Anda. Pastikan untuk hanya menggunakan aplikasi resmi dan terpercaya yang telah diverifikasi oleh Facebook.

Summary: Langkah kesembilan adalah menghapus aplikasi yang tidak dikenal dari perangkat Anda untuk menghindari potensi akses tidak sah di masa mendatang.

9.1 Mengakses Pengaturan Aplikasi

Untuk menghapus aplikasi yang tidak dikenal, masuklah ke akun Facebook Anda dan klik ikon panah ke bawah di bagian kanan atas halaman. Dari menu drop-down, pilih “Pengaturan” untuk masuk ke halaman pengaturan akun.

9.2 Mengklik “Aplikasi dan Situs Web”

Di halaman pengaturan akun, cari dan klik tautan “Aplikasi dan Situs Web” di sisi kiri halaman. Ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan aplikasi dan situs web yang terhubung dengan akun Anda.

9.3 Menghapus Aplikasi yang Tidak Dikenal

Di halaman pengaturan aplikasi dan situs web, periksa daftar aplikasi yang terhubung dengan akun Facebook Anda. Jika Anda menemukan aplikasi yang tidak dikenal atau tidak dipercaya, klik tautan “Hapus” di samping nama aplikasi tersebut untuk menghapusnya dari akun Anda.

Menghubungi Dukungan Facebook

Jika Anda mengalami kesulitan atau membutuhkan bantuan tambahan, jangan ragu untuk menghubungi dukungan Facebook. Mereka akan membantu Anda dengan masalah keamanan akun Anda dan memberikan petunjuk lebih lanjut.

Summary: Langkah terakhir adalah menghubungi dukungan Facebook jika Anda membutuhkan bantuan lebih lanjut dalam mengatasi masalah keamanan akun Anda.

10.1 Mengunjungi Halaman Bantuan Facebook

Untuk menghubungi dukungan Facebook, kunjungi halaman bantuan Facebook seperti yang dijelaskan pada langkah 1.1.

10.2 Mencari Opsi Kontak

Di halaman bantuan Facebook, cari dan pilih opsi “Hubungi Dukungan” atau “Kirim Pesan” untuk menghubungi tim dukungan Facebook.10.3 Memberikan Informasi yang Diperlukan

Setelah menghubungi dukungan Facebook, Anda akan diminta untuk memberikan informasi yang diperlukan, seperti alamat email terkait dengan akun yang dihack, deskripsi masalah yang Anda alami, dan langkah-langkah yang telah Anda coba lakukan sebelumnya.

10.4 Mengikuti Instruksi dari Tim Dukungan

Tim dukungan Facebook akan meninjau kasus Anda dan memberikan instruksi lebih lanjut mengenai langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk mengembalikan akun Anda. Pastikan untuk mengikuti instruksi tersebut dengan cermat dan memberikan tanggapan yang diperlukan saat diminta.

Dalam kesimpulan, keamanan akun Facebook sangatlah penting. Jika akun Anda dihack lewat HP, Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang kami berikan untuk mengembalikan akun Anda dan mencegah kejadian serupa di masa mendatang. Selalu berhati-hati dengan informasi pribadi Anda dan pastikan untuk menjaga keamanan perangkat Anda dengan baik. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat memulihkan akun Facebook Anda dan tetap menjaga privasi serta keamanan online.

Related video of Cara Mengembalikan Facebook yang Dihack Lewat HP: Panduan Lengkap