Cara Memblockir Konten Dewasa di Facebook: Panduan Lengkap

Pada zaman yang serba digital seperti sekarang ini, media sosial seperti Facebook telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Namun, dengan begitu banyaknya konten yang tersedia di platform ini, ada kemungkinan kita akan menemui konten yang tidak pantas, termasuk konten dewasa. Untuk menjaga pengalaman kita di Facebook tetap aman dan nyaman, ada beberapa langkah yang dapat kita ambil untuk memblokir konten dewasa. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara memblokir konten dewasa di Facebook.

Mengubah Pengaturan Privasi

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk memblokir konten dewasa di Facebook adalah dengan mengubah pengaturan privasi Anda. Dengan mengatur pengaturan privasi yang tepat, Anda dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat postingan Anda dan juga mengirimkan permintaan pertemanan serta pesan kepada Anda. Untuk mengubah pengaturan privasi, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Akses Pengaturan Privasi

Untuk mengakses pengaturan privasi, klik pada menu dropdown di pojok kanan atas layar Facebook Anda. Pilih opsi “Pengaturan” dari menu dropdown tersebut. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Umum Facebook.

2. Atur Pengaturan Privasi Anda

Di halaman Pengaturan Umum, Anda akan menemukan berbagai opsi pengaturan privasi yang dapat Anda sesuaikan. Beberapa pengaturan yang penting untuk memblokir konten dewasa adalah:

a. Pengaturan Privasi Postingan dan Cerita

Pada bagian ini, Anda dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat postingan dan cerita Anda. Anda dapat memilih untuk membatasi siapa saja yang dapat melihat postingan Anda menjadi “Teman” atau “Teman kecuali”. Jika Anda ingin menghindari konten dewasa, disarankan untuk memilih opsi “Teman” agar hanya teman Anda yang dapat melihat postingan Anda.

b. Pengaturan Privasi Permintaan Pertemanan

Bagian ini memungkinkan Anda mengatur siapa saja yang dapat mengirimkan permintaan pertemanan kepada Anda. Jika Anda ingin memblokir konten dewasa, Anda dapat memilih opsi “Teman dari teman” agar hanya orang-orang yang memiliki teman yang sama dengan Anda yang dapat mengirimkan permintaan pertemanan.

c. Pengaturan Privasi Pesan

Di bagian ini, Anda dapat mengatur siapa saja yang dapat mengirimkan pesan kepada Anda. Jika Anda ingin memblokir konten dewasa, Anda dapat memilih opsi “Teman” agar hanya teman Anda yang dapat mengirimkan pesan kepada Anda.

Dengan mengubah pengaturan privasi Anda sesuai dengan preferensi Anda, Anda dapat membatasi siapa saja yang dapat melihat postingan Anda, mengirimkan permintaan pertemanan, dan mengirimkan pesan kepada Anda. Ini adalah langkah pertama yang efektif dalam memblokir konten dewasa di Facebook.

Menggunakan Fitur “Kontrol Konten yang Dilihat”

Selain mengubah pengaturan privasi, Facebook juga menyediakan fitur “Kontrol Konten yang Dilihat” yang memungkinkan Anda menyaring jenis konten tertentu yang muncul di beranda Anda. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat mengontrol jenis konten yang ingin Anda lihat dan memblokir konten dewasa serta topik sensitif lainnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur “Kontrol Konten yang Dilihat”:

1. Akses Pengaturan Privasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat mengakses pengaturan privasi dengan mengklik menu dropdown di pojok kanan atas layar Facebook dan memilih opsi “Pengaturan”.

2. Atur Kontrol Konten yang Dilihat

Setelah Anda masuk ke halaman Pengaturan Umum, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Kontrol Konten yang Dilihat”. Di sini, Anda akan menemukan beberapa pilihan untuk menyaring konten yang muncul di beranda Anda. Beberapa pilihan yang relevan untuk memblokir konten dewasa adalah:

a. Konten Dewasa

Jika Anda ingin memblokir konten dewasa, aktifkan opsi “Batasan Konten Dewasa” dengan mengklik tombol “Sunting”. Setelah itu, Facebook akan menyaring konten dewasa dan menjaga beranda Anda tetap bebas dari konten yang tidak pantas.

b. Kekerasan

Jika Anda juga ingin memblokir konten kekerasan, aktifkan opsi “Batasan Kekerasan” dengan mengklik tombol “Sunting”. Dengan mengaktifkan opsi ini, Facebook akan menyaring konten yang mengandung kekerasan, sehingga Anda dapat merasa lebih aman dan nyaman saat menggunakan platform ini.

c. Topik Sensitif Lainnya

Selain itu, Facebook juga menyediakan opsi untuk membatasi konten yang berhubungan dengan topik-topik sensitif lainnya, seperti politik atau agama. Jika Anda ingin menghindari kontroversi dan memfokuskan beranda Anda pada hal-hal yang lebih positif, Anda dapat mengaktifkan opsi ini sesuai kebutuhan dan preferensi Anda.

Dengan menggunakan fitur “Kontrol Konten yang Dilihat”, Anda dapat mengontrol jenis konten yang muncul di beranda Anda dan memblokir konten dewasa serta topik sensitif lainnya. Ini adalah langkah yang efektif untuk menjaga pengalaman Anda di Facebook tetap aman dan nyaman.

Menggunakan Fitur “Laporkan Konten yang Tidak Pantas”

Jika Anda menemui konten dewasa di Facebook, Anda dapat melaporkannya menggunakan fitur “Laporkan Konten yang Tidak Pantas”. Dengan melaporkan konten yang melanggar kebijakan Facebook, Anda membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi semua pengguna. Berikut adalah langkah-langkah untuk melaporkan konten yang tidak pantas:

1. Temukan Konten yang Tidak Pantas

Jika Anda menemui konten dewasa atau konten lain yang melanggar kebijakan Facebook, cari tombol tiga titik di bagian atas postingan tersebut. Klik tombol tersebut untuk membuka menu opsi.

2. Pilih “Laporkan Konten”

Setelah menu opsi terbuka, pilih opsi “Laporkan Konten”. Facebook akan menampilkan beberapa pilihan alasan pelaporan. Pilih opsi yang paling sesuai dengan konten yang ingin Anda laporkan.

3. Ikuti Petunjuk Selanjutnya

Setelah Anda memilih alasan pelaporan, Facebook mungkin akan meminta Anda untuk memberikan informasi tambahan atau mengikuti petunjuk selanjutnya. Ikuti petunjuk tersebut dengan seksama untuk menyelesaikan proses pelaporan.

Setelah Anda melaporkan konten yang tidak pantas, Facebook akan meninjau laporan Anda dan mengambil tindakan yang sesuai terhadap konten yang melanggar kebijakan. Dengan melaporkan konten yang tidak pantas, Anda turut berkontribusi dalam menjaga keamanan dan kenyamanan di Facebook.

Menggunakan Ekstensi Browser untuk Memblokir Konten Dewasa

Jika Anda ingin mengambil langkah ekstra untuk memblokir konten dewasa di Facebook, Anda dapat menggunakan ekstensi browser yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Ekstensi browser seperti “Safe Facebook” atau “WebFilter Pro” dapat membantu Anda menyaring konten dewasa secara otomatis. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan ekstensi browser:

1. Cari dan Pasang Ekstensi Browser

Buka browser Anda dan cari ekstensi yangdirancang khusus untuk memblokir konten dewasa di Facebook. Misalnya, jika Anda menggunakan Google Chrome, Anda dapat pergi ke Chrome Web Store dan mencari ekstensi seperti “Safe Facebook” atau “WebFilter Pro”. Pilih ekstensi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, lalu klik tombol “Tambahkan ke Chrome” atau “Pasang” untuk memasangnya ke browser Anda.

2. Konfigurasikan Ekstensi

Setelah Anda memasang ekstensi, biasanya akan ada opsi untuk mengkonfigurasi pengaturan ekstensi tersebut. Buka pengaturan ekstensi dan sesuaikan preferensi Anda. Misalnya, Anda dapat mengatur untuk memblokir konten dewasa, kata-kata kotor, atau gambar yang tidak pantas. Beberapa ekstensi juga memiliki opsi untuk memblokir konten berdasarkan kategori tertentu, seperti kekerasan atau narkoba. Sesuaikan pengaturan sesuai dengan preferensi Anda untuk mendapatkan perlindungan yang optimal.

3. Aktifkan Ekstensi

Setelah Anda mengkonfigurasi pengaturan ekstensi, pastikan untuk mengaktifkannya agar dapat berfungsi dengan baik. Biasanya, ada tombol atau ikon di bilah alat browser Anda yang dapat Anda klik untuk mengaktifkan atau menonaktifkan ekstensi. Pastikan untuk mengaktifkan ekstensi tersebut sehingga dapat secara otomatis memblokir konten dewasa di Facebook.

Dengan menggunakan ekstensi browser yang dirancang khusus untuk memblokir konten dewasa, Anda dapat meningkatkan perlindungan Anda dan menghindari konten yang tidak diinginkan saat menggunakan Facebook.

Menggunakan Fitur “Blokir” untuk Pengguna Tertentu

Jika Anda ingin menghindari konten dewasa dari pengguna tertentu di Facebook, Anda dapat menggunakan fitur “Blokir”. Dengan memblokir pengguna tertentu, Anda tidak akan lagi melihat konten mereka di beranda Anda dan mereka juga tidak akan dapat berinteraksi dengan Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk memblokir pengguna di Facebook:

1. Temukan Pengguna yang Ingin Diblokir

Cari profil pengguna yang ingin Anda blokir. Anda dapat mencarinya menggunakan fitur pencarian di Facebook atau melalui postingan atau komentar yang mereka buat di beranda Anda.

2. Buka Profil Pengguna

Setelah Anda menemukan pengguna yang ingin Anda blokir, buka profilnya dengan mengklik nama mereka. Halaman profil pengguna akan terbuka di tab baru.

3. Blokir Pengguna

Di halaman profil pengguna, cari tombol tiga titik di bagian atas halaman. Klik tombol tersebut untuk membuka menu opsi. Dalam menu opsi tersebut, pilih opsi “Blokir” atau “Laporkan”. Facebook akan meminta konfirmasi untuk memblokir pengguna tersebut. Klik tombol “Blokir” untuk mengonfirmasi pemblokiran.

Setelah Anda memblokir pengguna, mereka tidak akan lagi muncul di beranda Anda dan Anda tidak akan lagi melihat konten mereka. Mereka juga tidak akan dapat melihat konten atau berinteraksi dengan Anda. Ini adalah langkah yang efektif untuk menghindari konten dewasa dari pengguna tertentu di Facebook.

Menggunakan Fitur “Ikuti” untuk Mendapatkan Konten yang Diinginkan

Jika Anda ingin mengontrol jenis konten yang muncul di beranda Anda di Facebook, Anda dapat menggunakan fitur “Ikuti”. Dengan mengikuti halaman atau akun yang membagikan konten yang diinginkan, Anda akan melihat konten yang relevan dengan minat Anda, dan kemungkinan lebih rendah untuk menemui konten dewasa yang tidak diinginkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur “Ikuti”:

1. Temukan Halaman atau Akun yang Diinginkan

Cari halaman atau akun yang membagikan konten yang sesuai dengan minat Anda. Anda dapat mencarinya menggunakan fitur pencarian di Facebook atau melalui rekomendasi yang muncul di beranda Anda.

2. Buka Halaman atau Akun

Setelah Anda menemukan halaman atau akun yang ingin Anda ikuti, buka halaman atau akun tersebut dengan mengklik nama atau gambar profilnya. Halaman atau akun tersebut akan terbuka di tab baru.

3. Klik “Ikuti”

Di halaman atau akun yang ingin Anda ikuti, cari tombol “Ikuti” atau “Suka”. Klik tombol tersebut untuk mengikuti halaman atau akun tersebut. Setelah Anda mengikuti halaman atau akun tersebut, Anda akan melihat konten yang mereka bagikan di beranda Anda.

Dengan menggunakan fitur “Ikuti”, Anda dapat mengontrol jenis konten yang muncul di beranda Anda dengan mengikuti halaman atau akun yang membagikan konten yang sesuai dengan minat Anda. Ini adalah langkah yang efektif untuk mendapatkan konten yang diinginkan dan mengurangi kemungkinan menemui konten dewasa yang tidak diinginkan di Facebook.

Menjaga Privasi Akun Anda

Untuk menghindari konten dewasa yang tidak diinginkan, penting untuk menjaga privasi akun Anda dengan baik. Dengan menjaga privasi akun Anda, Anda dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat informasi pribadi Anda dan konten yang Anda posting. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga privasi akun Anda di Facebook:

1. Periksa Pengaturan Privasi Anda

Pertama-tama, periksa pengaturan privasi Anda di Facebook dan pastikan pengaturan tersebut sesuai dengan preferensi Anda. Pastikan untuk mengatur siapa saja yang dapat melihat postingan Anda, melihat daftar teman Anda, dan mengirimkan pesan kepada Anda. Anda juga dapat membatasi siapa saja yang dapat melihat informasi pribadi seperti alamat email atau nomor telepon Anda.

2. Batasi Akses ke Postingan Anda

Selain mengatur pengaturan privasi secara umum, Anda juga dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat setiap postingan individu yang Anda buat. Ketika Anda membuat postingan baru, Anda dapat memilih untuk membagikannya dengan publik, teman, atau hanya beberapa teman tertentu. Pilih opsi yang sesuai dengan preferensi Anda untuk menjaga privasi konten Anda.

3. Sesuaikan Pengaturan Tagging

Pengaturan tagging memungkinkan Anda mengontrol apa yang terjadi ketika seseorang mencoba untuk menandai Anda dalam postingan atau foto mereka. Anda dapat mengatur agar Anda harus menyetujui setiap tanda tag sebelum muncul di profil Anda. Dengan mengontrol pengaturan tagging, Anda dapat memastikan bahwa konten yang tidak diinginkan atau tidak pantas tidak muncul di profil Anda.

4. Jaga Informasi Pribadi Anda

Pastikan untuk tidak membagikan informasi pribadi yang sensitif di Facebook. Hindari memposting alamat rumah, nomor telepon, atau informasi keuangan pribadi lainnya di profil atau postingan Anda. Semakin sedikit informasi pribadi yang Anda bagikan, semakin kecil kemungkinan Anda menjadi target spam atau penipuan.

Dengan menjaga privasi akun Anda dengan baik, Anda dapat mengurangi risiko menemui konten dewasa yang tidak diinginkan di Facebook. Pastikan untuk secara teratur memeriksa dan mengatur pengaturan privasi Anda untuk memastikan keamanan dan kenyamanan Anda di platform ini.

Menggunakan Fitur “Mode Tidur” di Facebook

Jika Anda ingin menghindari konten dewasa di Facebook sementara waktu, Anda dapat menggunakan fitur “Mode Tidur” yang tersedia di aplikasi Facebook. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menonaktifkan notifikasi dan membatasi waktu yang dihabiskan di aplikasi. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur “Mode Tidur”:

1. Buka Aplikasi Facebook

Buka aplikasi Facebook di perangkatAnda dan masuk ke akun Anda.

2. Akses Pengaturan

Setelah Anda masuk ke akun Anda, ketuk ikon menu yang terletak di pojok kanan bawah layar. Pilih opsi “Pengaturan & Privasi” dari menu yang muncul.

3. Atur Mode Tidur

Di halaman Pengaturan & Privasi, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Mode Tidur”. Ketuk opsi tersebut untuk membuka pengaturan Mode Tidur.

4. Atur Waktu Mode Tidur

Dalam pengaturan Mode Tidur, Anda dapat mengatur waktu mulai dan waktu selesai Mode Tidur. Pilih waktu yang sesuai dengan preferensi Anda, misalnya saat Anda sedang bekerja atau beristirahat. Selama periode waktu ini, notifikasi dari Facebook akan dinonaktifkan dan akses ke aplikasi akan dibatasi.

5. Aktifkan Mode Tidur

Setelah Anda mengatur waktu Mode Tidur, aktifkan opsi “Mode Tidur” dengan menggeser tombol ke posisi aktif. Sekarang, Mode Tidur akan berlaku sesuai dengan pengaturan yang Anda tentukan.

Dengan menggunakan fitur “Mode Tidur” di Facebook, Anda dapat menghindari konten dewasa dan mengurangi waktu yang dihabiskan di aplikasi. Fitur ini dapat membantu Anda menjaga keseimbangan antara kehidupan online dan offline Anda.

Menjaga Kesadaran terhadap Konten Dewasa

Terakhir, penting untuk menjaga kesadaran terhadap konten dewasa dan mendorong orang lain untuk mengikuti aturan dan kebijakan Facebook. Meskipun ada berbagai langkah yang dapat kita ambil untuk memblokir konten dewasa, tetap ada kemungkinan untuk menemui konten yang tidak pantas. Dalam menghadapi situasi ini, penting untuk tetap waspada dan melaporkan konten yang melanggar kebijakan Facebook.

1. Mengenal Kebijakan Facebook

Penting untuk mengenal dan memahami kebijakan Facebook terkait dengan konten yang melanggar. Dengan memahami kebijakan ini, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi konten yang tidak pantas dan melaporkannya jika diperlukan. Anda dapat menemukan kebijakan Facebook di halaman Bantuan atau Kebijakan Facebook.

2. Melaporkan Konten yang Melanggar

Jika Anda menemukan konten dewasa atau konten lain yang melanggar kebijakan Facebook, jangan ragu untuk melaporkannya. Anda dapat melaporkan konten tersebut dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya, yaitu dengan menemukan tombol tiga titik di bagian atas postingan dan memilih opsi “Laporkan Konten”. Facebook akan meninjau laporan Anda dan mengambil tindakan yang sesuai terhadap konten yang melanggar.

3. Edukasi dan Kesadaran

Selain melaporkan konten yang melanggar, penting untuk terus mengedukasi dan meningkatkan kesadaran orang lain terkait dengan konten dewasa di Facebook. Berbagi informasi dan sumber daya yang berguna dengan teman-teman Anda dapat membantu menciptakan lingkungan yang lebih aman dan nyaman bagi semua pengguna.

Dengan menjaga kesadaran terhadap konten dewasa dan melaporkan pelanggaran kebijakan, kita dapat berperan dalam menjaga pengalaman bersama yang aman dan menyenangkan di Facebook. Ingatlah bahwa keamanan dan kenyamanan adalah tanggung jawab bersama, dan setiap kontribusi kecil dapat membuat perbedaan yang besar.

Dalam panduan ini, kami telah memberikan langkah-langkah lengkap untuk memblokir konten dewasa di Facebook. Dari mengubah pengaturan privasi hingga menggunakan fitur “Kontrol Konten yang Dilihat” dan melaporkan konten yang tidak pantas, Anda memiliki berbagai opsi untuk menjaga pengalaman Anda tetap aman dan nyaman di platform ini. Selalu ingat untuk secara teratur memeriksa dan mengatur pengaturan privasi Anda, dan tetap waspada terhadap konten yang melanggar kebijakan Facebook.

Disclaimer: Panduan ini hanya bertujuan untuk memberikan informasi tentang cara memblokir konten dewasa di Facebook. Facebook memiliki kebijakan dan prosedur sendiri terkait dengan konten yang melanggar. Pastikan untuk mengacu pada kebijakan dan panduan resmi Facebook untuk informasi yang lebih rinci.

Sumber:- https://www.facebook.com/help/325807937506242/?ref=hc_fnav- https://www.carauntuk.com/2017/09/cara-memblokir-konten-dewasa-di-facebook.html

Related video of Cara Memblockir Konten Dewasa di Facebook: Panduan Lengkap