Cara Menghapus Email Utama di Facebook: Panduan Lengkap

Apakah Anda ingin menghapus email utama di akun Facebook Anda? Banyak pengguna yang tidak lagi menggunakan alamat email yang mereka daftarkan saat pertama kali membuat akun Facebook. Mungkin Anda telah beralih ke alamat email baru atau ingin menjaga privasi Anda dengan menghapus email tersebut. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menghapus email utama di Facebook.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa menghapus email utama di Facebook akan membuat Anda kehilangan akses ke akun tersebut jika Anda tidak memiliki alamat email lain yang terhubung. Pastikan Anda memiliki alamat email alternatif yang aktif sebelum melanjutkan proses ini. Selain itu, perlu diingat bahwa jika Anda menghapus email utama, Anda juga akan menghapus semua kontak dan informasi terkait yang terhubung dengan email tersebut. Jadi, pastikan Anda mempertimbangkan dengan baik sebelum mengambil langkah ini.

Masuk ke Pengaturan Akun

Langkah pertama adalah masuk ke akun Facebook Anda dan klik ikon panah ke bawah di pojok kanan atas layar. Pilih “Pengaturan” dari menu dropdown yang muncul.

Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman Pengaturan Akun. Di sini, Anda akan melihat berbagai opsi pengaturan yang dapat Anda sesuaikan.

Mengakses Halaman Pengaturan Akun

Setelah masuk ke akun Facebook Anda, langkah pertama adalah mengakses halaman Pengaturan Akun. Untuk melakukannya, klik ikon panah ke bawah di pojok kanan atas layar. Kemudian, pilih opsi “Pengaturan” dari menu dropdown yang muncul. Ini akan membawa Anda ke halaman Pengaturan Akun.

Melihat Opsi Pengaturan

Sesampainya di halaman Pengaturan Akun, Anda akan melihat berbagai opsi pengaturan yang dapat Anda sesuaikan. Ini termasuk pengaturan keamanan, privasi, notifikasi, dan banyak lagi. Namun, untuk menghapus email utama di Facebook, kita perlu memilih opsi “Email dan Telepon”.

Pilih “Email dan Telepon”

Pada halaman Pengaturan Akun, pilih opsi “Email dan Telepon” yang terletak di sisi kiri layar. Ini akan membuka halaman dengan daftar email dan nomor telepon yang terhubung dengan akun Facebook Anda.

Di sini, Anda akan melihat email utama yang saat ini terdaftar. Jika Anda ingin menghapus email ini, klik tombol “Ubah” yang ada di sebelah kanan.

Mengakses Opsi “Email dan Telepon”

Setelah masuk ke halaman Pengaturan Akun, Anda akan melihat daftar opsi pengaturan yang tersedia. Salah satu opsi tersebut adalah “Email dan Telepon”. Klik opsi ini untuk melanjutkan proses menghapus email utama di Facebook.

Mengklik Tombol “Ubah”

Setelah Anda memilih opsi “Email dan Telepon”, Anda akan melihat daftar email dan nomor telepon yang terhubung dengan akun Anda. Untuk menghapus email utama, klik tombol “Ubah” yang ada di sebelah kanan email utama tersebut.

Hapus Email Utama

Setelah Anda mengklik tombol “Ubah”, Anda akan melihat daftar email yang terhubung dengan akun Anda. Untuk menghapus email utama, klik tanda silang (x) di sebelah kanan email tersebut.

Facebook akan memberikan peringatan bahwa menghapus email utama akan menyebabkan Anda kehilangan akses ke akun jika Anda tidak memiliki alamat email lain yang terhubung. Jika Anda yakin ingin melanjutkan, klik tombol “Hapus” di sebelah peringatan tersebut.

Menghapus Email Utama

Setelah Anda mengklik tombol “Ubah”, Anda akan melihat daftar email yang terhubung dengan akun Anda. Untuk menghapus email utama, klik tanda silang (x) di sebelah kanan email tersebut. Namun, sebelum Anda melakukannya, Facebook akan memberikan peringatan penting bahwa menghapus email utama akan menyebabkan Anda kehilangan akses ke akun jika Anda tidak memiliki alamat email lain yang terhubung. Jika Anda yakin ingin melanjutkan, klik tombol “Hapus”.

Peringatan Mengenai Keamanan Akun

Ketika Anda menghapus email utama di Facebook, Facebook akan memberikan peringatan tentang keamanan akun Anda. Ini karena email utama adalah alat untuk mengakses akun Anda. Jika Anda tidak memiliki alamat email lain yang terhubung, menghapus email utama akan menyebabkan Anda kehilangan akses ke akun tersebut. Pastikan Anda memiliki alamat email alternatif yang aktif sebelum melanjutkan.

Konfirmasi Kata Sandi

Setelah menghapus email utama, Facebook akan meminta Anda untuk memasukkan kata sandi akun Anda sebagai tindakan pengaman. Masukkan kata sandi yang terkait dengan akun Facebook Anda dan klik tombol “Kirim”.

Setelah konfirmasi kata sandi berhasil, email utama Anda akan dihapus dari akun Facebook. Anda tidak akan lagi dapat menggunakan email tersebut untuk masuk ke akun atau menerima pemberitahuan dari Facebook.

Memasukkan Kata Sandi

Setelah menghapus email utama, Facebook akan meminta Anda untuk memasukkan kata sandi akun Anda sebagai langkah pengaman. Masukkan kata sandi yang terkait dengan akun Facebook Anda dengan benar. Pastikan untuk memasukkan kata sandi dengan hati-hati dan benar untuk menghindari masalah saat menghapus email utama.

Tindakan Pengaman

Masukkan kata sandi akun Anda untuk mengonfirmasi bahwa Anda adalah pemilik akun yang sah. Ini adalah langkah pengaman yang diambil oleh Facebook untuk memastikan hanya pemilik akun yang dapat mengakses dan mengelola email utama di akun mereka.

Tambahkan Alamat Email Baru (Opsional)

Jika Anda ingin menambahkan alamat email baru sebagai pengganti email utama yang dihapus, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Kembali ke halaman “Email dan Telepon” di Pengaturan Akun dan klik tombol “Tambahkan Email” di bagian atas halaman.

Masukkan alamat email baru Anda dan ikuti langkah-langkah verifikasi yang diberikan oleh Facebook. Setelah berhasil diverifikasi, alamat email baru tersebut akan ditambahkan ke akun Facebook Anda.

Memilih Opsi “Tambahkan Email”

Jika Anda ingin menambahkan alamat email baru sebagai pengganti email utama yang dihapus, Anda dapat melakukannya dengan memilih opsi “Tambahkan Email”. Opsi ini dapat ditemukan di halaman “Email dan Telepon” pada Pengaturan Akun Anda.

Masukkan Alamat Email Baru

Masukkan alamat email baru yang ingin Anda tambahkan sebagai pengganti email utama yang dihapus. Pastikan untuk memasukkan alamat email dengan benar dan teliti untuk memastikan bahwa Anda dapat menerima verifikasi dari Facebook.

Verifikasi Alamat Email Baru

Setelah memasukkan alamat email baru, Facebook akan mengirimkan email verifikasi ke alamat email tersebut. Buka email verifikasi dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk memverifikasi alamat email baru tersebut.

Periksa Pengaturan Privasi

Setelah menghapus email utama di Facebook, disarankan untuk memeriksa pengaturan privasi Anda. Pastikan bahwa informasi pribadi Anda tidak terlihat oleh orang yang tidak diinginkan dan sesuaikan pengaturan privasi Anda sesuai keinginan.

Anda dapat mengakses pengaturan privasi melalui halaman Pengaturan Akun dan memeriksa setiap bagian yang relevan seperti “Siapa yang dapat melihat konten saya” dan “Siapa yang dapat mengirimkan permintaan pertemanan”.

Mengakses Pengaturan Privasi

Anda dapat mengakses pengaturan privasi dengan masuk ke halaman Pengaturan Akun dan mencari opsi “Privasi”. Pilih opsi tersebut untuk melihat dan mengatur pengaturan privasi Anda.

Melihat Pengaturan Privasi

Sesampainya di halaman Pengaturan Privasi, Anda akan melihat berbagai opsi dan pengaturan yang dapat Anda sesuaikan. Ini termasuk pengaturan privasi untuk postingan, informasi pribadi, siapa yang dapat mengirimkan permintaan pertemanan, dan banyak lagi. Pastikan untuk melihat setiap bagian dengan teliti dan mengatur pengaturan privasi sesuai dengan preferensi Anda.

Mengatur Siapa yang Dapat Melihat Konten Saya

Salah satu pengaturan privasi yang penting adalah “Siapa yang dapat melihat konten saya”. Pilih opsi ini untuk mengatur siapa yang dapat melihat postingan, foto, dan informasi lainnya yang Anda bagikan di Facebook. Anda dapat memilih antara publik, teman, atau hanya Anda sendiri.

Mengatur Siapa yang Dapat Mengirimkan Permintaan Pertemanan

Pengaturan privasi lain yang penting adalah “Siapa yang dapat mengirimkan permintaan pertemanan”. Pilih opsi ini untuk mengatur siapa yang dapat mengirimkan Anda permintaan pertemanan di Facebook. Anda dapat memilih antara semua orang, teman dari teman, atau hanya teman yang memiliki nomor telepon atau alamat email yang sama dengan Anda.

Hapus Kontak yang Tersimpan (Opsional)

Jika Anda ingin menghapus kontak yang tersimpan di akun Facebook Anda yang terhubung dengan email utama yang dihapus, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Kembali ke halaman “Email dan Telepon” di Pengaturan Akun dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian “Kontak yang Tersimpan”.

Klik tautan “Lihat dan Kelola Kontak” untuk mengakses daftar kontak yang tersimpan. Di sini, Anda dapat menghapus kontak secara individu atau menghapus semua kontak sekaligus.

Mengakses Daftar Kontak yang Tersimpan

Setelah masuk ke halaman “Email dan Telepon” di Pengaturan Akun, gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian “Kontak yang Tersimpan”. Di bagian ini, Anda akan melihat beberapa opsi terkait dengan kontak yang tersimpan di akun Facebook Anda.

Menghapus Kontak Secara Individu

Jika Anda ingin menghapus kontak secara individu, cari kontak yang ingin Anda hapus dalam daftar tersebut. Klik ikon “X” atau tombol “Hapus” yang terkait dengan kontak tersebut untuk menghapusnya dari daftar kontak Anda.

Menghapus Semua Kontak Secara Bersamaan

Jika Anda ingin menghapus semua kontak yang tersimpan di akun Facebook Anda, Anda dapat melakukannya dengan mengklik opsi “Hapus Semua Kontak”. Facebook akan memberikan peringatan terlebih dahulu, pastikan untuk mempertimbangkan keputusan ini dengan hati-hati sebelum melanjutkan.

Hubungi Dukungan Facebook (Opsional)

Jika Anda mengalami masalah atau kesulitan dalam menghapus email utama di Facebook, Anda dapat menghubungi dukungan Facebook untuk mendapatkan bantuan. Mereka akan dapat memberikan panduan lebih lanjut dan membantu Anda menyelesaikan masalah yang Anda hadapi.

Anda dapat menghubungi dukungan Facebook melalui halaman bantuan mereka atau menggunakan opsi “Laporkan Masalah” yang tersedia di aplikasi atau situs web Facebook.

Menghubungi Dukungan Facebook

Jika Anda mengalami kesulitan atau masalah selama proses menghapus email utama di Facebook, jangan ragu untuk menghubungi dukungan Facebook. Dukungan ini tersedia untuk membantu Anda menyelesaikan masalah dan memberikan panduan yang diperlukan. Anda dapat menghubungi dukungan Facebook melalui halaman bantuan resmi mereka atau menggunakan opsi “Laporkan Masalah” yang tersedia di aplikasi atau situs web Facebook.

Perbarui Informasi Kontak Lainnya

Setelah menghapus email utama di Facebook, pastikan untuk memperbarui informasi kontak lainnya yang terhubung dengan akun Anda. Ini termasuk nomor telepon, email alternatif, dan informasi kontak lainnya yang mungkin Anda miliki di akun Facebook Anda.

Pergi ke halaman “Email dan Telepon” di Pengaturan Akun dan pastikan semua informasi kontak yang terdaftar adalah yang paling mutakhir dan akurat.

Mengakses Informasi Kontak Lainnya

Setelah masuk ke halaman “Email dan Telepon” di Pengaturan Akun, Anda akan melihat informasi kontak lainnya yang terhubung dengan akun Facebook Anda. Pastikan untuk memeriksa setiap informasi kontak dan memperbarui atau menghapusnya sesuai kebutuhan Anda.

Mengubah Informasi Kontak

Jika Anda ingin mengubah atau memperbarui informasi kontak, klik tombol “Ubah” yang terkait dengan informasi kontak tersebut. Masukkan informasi yang baru atau perbarui informasi yang ada sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jaga Keamanan Akun Anda

Setelah Anda selesai menghapus email utama di Facebook, penting untuk menjaga keamanan akun Anda dengan baik. Pastikan untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan unik, aktifkan autentikasi dua faktor, dan waspada terhadap aktivitas yang mencurigakan di akun Anda.

Anda juga dapat memeriksa pengaturan keamanan lainnya seperti “Sesi Aktif” dan “Pemberitahuan Keamanan” untuk memastikan bahwa Anda menerima pemberitahuan dan informasi terkait keamanan akun Anda.

Menggunakan Kata Sandi yang Kuat dan Unik

Untuk menjaga keamanan akun Anda, pastikan untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan unik. Gunakan kombinasi karakter yang berbeda, termasuk huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Hindari menggunakan kata sandi yang mudah ditebak atau terkait dengan informasi pribadi Anda.

Mengaktifkan Autentikasi Dua Faktor

Autentikasi dua faktor adalah langkah keamanan tambahan yang dapat Anda aktifkan di akun Facebook Anda. Ini melibatkan penggunaan kode verifikasi yang dikirimkan ke perangkat seluler Anda selain kata sandi Anda saat masuk ke akun. Aktifkan autentikasi dua faktor untuk meningkatkan keamanan akun Anda.

Memonitor Aktivitas Akun Anda

Untuk menjaga keamanan akun Anda, tetap waspada terhadap aktivitas yang mencurigakan. Jika Anda melihat aktivitas yang tidak biasa atau meragukan, seperti login dari lokasi yang tidak dikenal atau perubahan yang tidak diinginkan dalam pengaturan akun Anda, segera lakukan langkah-langkah untuk melindungi akun Anda, seperti mengubah kata sandi atau menghubungi dukungan Facebook.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara menghapus email utama di Facebook. Ingatlah bahwa menghapus email utama akan menyebabkan Anda kehilangan akses ke akun jika Anda tidak memiliki alamat email lain yang terhubung. Pastikan untuk mempertimbangkan dengan baik sebelum mengambil langkah ini. Jika Anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi dukungan Facebook untuk mendapatkan bantuan dan panduan lebih lanjut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam menghapus email utama di Facebook. Terima kasih telah membaca!

Related video of Cara Menghapus Email Utama di Facebook: Panduan Lengkap