Cara Melepaskan Akun IG dari Facebook: Panduan Lengkap dan Terperinci

Table of Contents

Apakah Anda ingin melepaskan akun Instagram (IG) Anda dari Facebook? Jika iya, maka Anda telah datang ke tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan terperinci tentang cara melepaskan akun IG dari Facebook. Kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara rinci, sehingga Anda dapat melakukannya dengan mudah dan tanpa kebingungan.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan media sosial, semakin banyak orang yang ingin menjaga privasi mereka dengan memisahkan akun Instagram dari Facebook. Mungkin Anda tidak ingin teman-teman di Facebook melihat aktivitas Anda di Instagram, atau Anda mungkin ingin menjaga kedua platform ini tetap terpisah. Apapun alasan Anda, proses melepaskan akun IG dari Facebook bisa dilakukan dengan beberapa langkah sederhana yang akan kami jelaskan pada artikel ini. Jadi, simak terus untuk mengetahui bagaimana cara melakukannya!

Menghubungkan Akun Instagram dengan Facebook

Jika Anda ingin melepaskan akun IG dari Facebook, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa akun Instagram Anda terhubung dengan akun Facebook. Dalam langkah ini, kami akan menjelaskan cara menghubungkan akun Instagram dengan akun Facebook Anda.

1. Buka Aplikasi Instagram dan Masuk ke Pengaturan

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Instagram di perangkat Anda dan masuk ke akun Instagram Anda. Setelah itu, temukan dan buka pengaturan akun Instagram Anda.

2. Klik “Akun Terhubung”

Selanjutnya, di dalam pengaturan akun Instagram, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Akun Terhubung”. Klik opsi ini untuk melihat daftar akun media sosial yang terhubung dengan akun Instagram Anda.

3. Pilih “Facebook”

Pada daftar akun media sosial yang terhubung, cari dan pilih opsi “Facebook”. Setelah itu, Anda akan diminta untuk masuk ke akun Facebook Anda dan memberikan izin untuk menghubungkan akun Instagram dengan akun Facebook.

4. Berikan Izin untuk Menghubungkan Akun

Setelah Anda masuk ke akun Facebook Anda, berikan izin untuk menghubungkan akun Instagram dengan akun Facebook Anda. Ini akan memungkinkan Instagram untuk mengakses beberapa informasi dari akun Facebook Anda, seperti foto profil dan daftar teman, yang akan membantu menyelaraskan kedua akun tersebut.

5. Selesai

Setelah memberikan izin, tunggu beberapa saat hingga akun Instagram dan Facebook Anda terhubung. Setelah itu, Anda akan melihat bahwa akun Instagram Anda berhasil terhubung dengan akun Facebook Anda.

Dengan menghubungkan akun Instagram Anda dengan akun Facebook, Anda memungkinkan kedua platform ini untuk saling berbagi informasi dan aktivitas. Namun, jika Anda ingin melepaskan akun IG dari Facebook, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikutnya.

Membuka Pengaturan Akun Instagram

Setelah akun Instagram Anda terhubung dengan Facebook, langkah selanjutnya adalah membuka pengaturan akun Instagram. Dalam langkah ini, kami akan membahas bagaimana membuka pengaturan akun Instagram Anda.

1. Buka Aplikasi Instagram dan Masuk ke Akun

Pertama, buka aplikasi Instagram di perangkat Anda dan masuk ke akun Instagram Anda menggunakan nama pengguna dan kata sandi Anda.

2. Temukan dan Buka Pengaturan Akun

Setelah masuk ke akun Instagram Anda, temukan dan buka pengaturan akun. Biasanya, ikon pengaturan berbentuk roda gigi yang terletak di bagian atas atau bawah layar.

3. Pilih “Akun”

Di dalam pengaturan akun Instagram, cari dan pilih opsi “Akun”. Ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan akun yang berisi berbagai opsi dan fitur untuk mengelola akun Instagram Anda.

4. Selesai

Setelah Anda membuka pengaturan akun Instagram, Anda siap melanjutkan ke langkah berikutnya untuk memisahkan akun dari Facebook.

Setelah membuka pengaturan akun Instagram, langkah selanjutnya adalah memisahkan akun Instagram Anda dari Facebook. Dalam langkah ini, kami akan menjelaskan cara memisahkan keterhubungan antara akun Instagram dan Facebook Anda.

Memisahkan Akun dari Facebook

Setelah membuka pengaturan akun Instagram, langkah selanjutnya adalah memisahkan akun Instagram Anda dari Facebook. Dalam langkah ini, kami akan menjelaskan cara memisahkan keterhubungan antara akun Instagram dan Facebook Anda.

1. Cari dan Pilih “Akun Terhubung”

Di dalam pengaturan akun Instagram, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Akun Terhubung”. Klik opsi ini untuk melihat daftar akun media sosial yang terhubung dengan akun Instagram Anda.

2. Pilih “Facebook”

Pada daftar akun media sosial yang terhubung, cari dan pilih opsi “Facebook”. Anda akan melihat daftar izin yang diberikan oleh akun Instagram kepada akun Facebook Anda.

3. Putuskan Keterhubungan dengan Facebook

Untuk memisahkan akun Instagram dari Facebook, klik opsi “Putuskan Hubungan” atau “Hapus Izin” di samping opsi “Facebook”. Ini akan menghapus keterhubungan antara akun Instagram dan Facebook Anda.

4. Konfirmasi Tindakan Anda

Setelah Anda klik “Putuskan Hubungan” atau “Hapus Izin”, Anda mungkin akan diminta untuk mengkonfirmasi tindakan Anda. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa Anda benar-benar ingin memisahkan akun Instagram dari Facebook.

5. Selesai

Setelah Anda mengkonfirmasi tindakan Anda, Anda akan melihat bahwa akun Instagram Anda telah terpisah dari Facebook. Sekarang, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk menonaktifkan opsi berbagi konten dari Instagram ke Facebook.

Setelah memisahkan akun Instagram dari Facebook, langkah berikutnya adalah menonaktifkan opsi berbagi konten dari Instagram ke Facebook. Dalam langkah ini, kami akan memberikan panduan tentang cara menonaktifkan opsi berbagi tersebut.

Menonaktifkan Opsi Berbagi ke Facebook

Setelah memisahkan akun Instagram dari Facebook, langkah berikutnya adalah menonaktifkan opsi berbagi konten dari Instagram ke Facebook. Dalam langkah ini, kami akan memberikan panduan tentang cara menonaktifkan opsi berbagi tersebut.

1. Buka Pengaturan Akun Instagram

Langkah pertama adalah membuka pengaturan akun Instagram seperti yang dijelaskan sebelumnya.

2. Pilih “Privasi”

Di dalam pengaturan akun Instagram, cari dan pilih opsi “Privasi”. Ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan privasi yang berisi berbagai opsi untuk mengontrol privasi akun Instagram Anda.

3. Pilih “Postingan”

Pada halaman pengaturan privasi, cari dan pilih opsi “Postingan”. Ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan privasi postingan di akun Instagram Anda.

4. Nonaktifkan Opsi “Bagikan ke Facebook”

Pada halaman pengaturan privasi postingan, cari opsi “Bagikan ke Facebook” dan nonaktifkan opsi ini dengan menggeser tombol ke posisi mati. Ini akan mencegah Instagram untuk berbagi konten dari akun Instagram Anda ke akun Facebook Anda.

5. Selesai

Setelah Anda menonaktifkan opsi “Bagikan ke Facebook”, Anda telah berhasil menonaktifkan opsi berbagi konten dari Instagram ke Facebook. Sekarang, konten yang Anda unggah di Instagram tidak akan lagi muncul di akun Facebook Anda.

Setelah menonaktifkan opsi berbagi konten dari Instagram ke Facebook, langkah selanjutnya adalah menghapus izin aplikasi Facebook dari akun Instagram. Dalam langkah ini, kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara terperinci.

Menghapus Izin Aplikasi Facebook

Setelah menonaktifkan opsi berbagi konten dari Instagram ke Facebook, langkah selanjutnya adalah menghapus izin aplikasi Facebook dari akun Instagram. Dalam langkah ini, kami akan menjelaskan langkah-langkahnya secara terperinci.

1. Buka Pengaturan Akun Instagram

Langkah pertama adalah membuka pengaturan akun Instagram seperti yang dijelaskan sebelumnya.

2. Pilih “Akun Terhubung”

Di dalam pengaturan akun Instagram, cari dan pilih opsi “Akun Terhubung”. Ini akan membawa Anda ke halaman yang menampilkan daftar aplikasi dan situs web yang terhubung dengan akun Instagram Anda.

3. Pilih “Facebook”

Pada halaman “Akun Terhubung”, cari dan pilih opsi “Facebook”. Ini akan menampilkan izin yang diberikan oleh akun Instagram kepada akun Facebook Anda.

4. Hapus Izin Aplikasi Facebook

Untuk menghapus izin aplikasi Facebook dari akun Instagram, pilih opsi “Hapus Izin” di samping opsi “Facebook”. Ini akan menghapus izin yang diberikan oleh akun Instagram kepada akun Facebook Anda.

5. Konfirmasi Tindakan Anda

Setelah Anda memilih opsi “Hapus Izin”, Anda mungkin akan diminta untuk mengkonfirmasi tindakan Anda. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa Anda benar-benar ingin menghapus izin aplikasi Facebook dari akun Instagram Anda.

6. Selesai

Setelah Anda mengkonfirmasi tindakan Anda, Anda akan melihat bahwa izin aplikasi Facebook telah dihapus dari akun Instagram Anda. Sekarang, akun Instagram Anda tidak lagi terhubung dengan akun Facebook.

Setelah menjalankan semua langkah di atas, langkah berikutnya adalah memastikan bahwa pemisahan akun Instagram dari Facebook telah berhasil. Dalam langkah ini, kami akan memberikan beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan untuk memverifikasi keberhasilan pemisahan tersebut.

Memastikan Keberhasilan Pemisahan

Setelah menjalankan semua langkah di atas, Anda perlu memastikan bahwa pemisahan akun Instagram dari Facebook telah berhasil dilakukan. Berikut adalah beberapa poin penting yang perlu Anda perhatikan untuk memverifikasi keberhasilan pemisahan tersebut:

1. Cek Pengaturan Akun Instagram

Setelah Anda memisahkan akun Instagram dari Facebook, periksa kembali pengaturan akun Instagram Anda dan pastikan bahwa tidak ada lagi opsi yang menghubungkan akun Instagram Anda dengan Facebook. Pastikan semua opsi terkait Facebook telah dinonaktifkan atau dihapus.

2. Cek Halaman Profil Instagram

Periksa halaman profil Instagram Anda dan pastikan bahwa tidak ada tautan atau keterangan yang mengindikasikan bahwa akun Instagram Anda terhubung dengan akun Facebook. Jika ada, hapus tautan atau keterangan tersebut.

3. Uji dengan Mengunggah Konten Baru

Setelah melakukan langkah-langkah sebelumnya, uji pemisahan akun Instagram dari Facebook dengan mengunggah konten baru di Instagram. Pastikan bahwa konten yang Anda unggah tidak muncul di akun Facebook Anda.

4. Tanyakan kepada Teman atau Pengikut

Jika Anda memiliki teman atau pengikut di Instagram yang juga berteman dengan Anda di Facebook, tanyakan kepada mereka apakah mereka masih melihat aktivitas Anda di Instagram di akun Facebook mereka. Jika tidak, itu berarti pemisahan akun Instagram dari Facebook telah berhasil.

5. Jaga Privasi Akun Anda

Setelah memastikan keberhasilan pemisahan akun Instagram dari Facebook, jangan lupa untuk terus menjaga privasi akun Instagram Anda. Periksa pengaturan privasi akun Instagram Anda secara berkala dan pastikan bahwa hanya orang yang Anda percayai yang dapat melihat dan mengakses konten Anda.

Setelah memastikan keberhasilan pemisahan akun Instagram dari Facebook, langkah selanjutnya adalah mengatur privasi akun Instagram. Dalam langkah ini, kami akan memberikan panduan tentang cara mengatur privasi akun Instagram setelah memisahkan keterhubungannya dengan Facebook.

Mengatur Privasi Akun Instagram

Setelah memastikan keberhasilan pemisahan akun Instagram dari Facebook, langkah selanjutnya adalah mengatur privasi akun Instagram. Dalam langkah ini, kami akan memberikan panduan tentang cara mengatur privasi akun Instagram setelah memisahkan keterhubungannya dengan Facebook.

1. Buka Pengaturan Akun Instagram

Langkah pertama adalah membuka pengaturan akun Instagram seperti yang dijelaskan sebelumnya.

2. Pilih “Privasi”

Di dalam pengaturan akun Instagram, cari dan pilih opsi “Privasi”. Ini akan membawa Anda ke halaman pengaturan privasi yang berisi berbagai opsi untuk mengontrol privasi akun Instagram Anda.

3. Atur Pengaturan Privasi

Pada halaman pengaturan privasi, Anda akan menemukan berbagai opsi untuk mengatur privasi akun Instagram Anda. Beberapa opsi yang perlu Anda perhatikan antara lain:

3.1. Akun Pribadi

Jika Anda ingin menjaga privasi akun Instagram Anda, aktifkan opsi “Akun Pribadi”. Dengan mengaktifkan opsi ini, Anda akan dapat mengontrol siapa yang dapat mengikuti Anda dan melihat konten Anda.

3.2. Kontrol Siapa yang Mengikuti Anda

Di bawah opsi “Akun Pribadi”, Anda akan menemukan opsi “Kontrol Siapa yang Mengikuti Anda”. Di sini, Anda dapat memilih apakah hanya orang yang Anda setujui yang dapat mengikuti Anda atau semua orang yang mengajukan permintaan dapat mengikuti Anda.

3.3. Kontrol Siapa yang Melihat Konten Anda

Di bawah opsi “Kontrol Siapa yang Mengikuti Anda”, Anda akan menemukan opsi “Kontrol Siapa yang Melihat Konten Anda”. Di sini, Anda dapat memilih apakah hanya pengikut Anda yang dapat melihat konten Anda atau semua orang yang mengikuti Anda dapat melihat konten Anda.

3.4. Batasi Komentar

Di bawah opsi “Kontrol Siapa yang Melihat Konten Anda”, Anda akan menemukan opsi “Batasi Komentar”. Di sini, Anda dapat mengatur agar hanya orang yang Anda setujui yang dapat mengomentari konten Anda atau membatasi komentar secara keseluruhan.

4. Simpan Pengaturan

Setelah Anda mengatur pengaturan privasi sesuai keinginan, jangan lupa untuk menyimpan pengaturan tersebut agar perubahan yang Anda buat berlaku.

Setelah mengatur privasi akun Instagram Anda, Anda mungkin ingin menghapus jejak aktivitas di Facebook yang berhubungan dengan akun Instagram Anda sebelumnya. Dalam langkah ini, kami akan menjelaskan cara menghapus jejak aktivitas tersebut.

Menghapus Jejak Aktivitas di Facebook

Setelah memisahkan akun Instagram dari Facebook, mungkin Anda ingin menghapus jejak aktivitas di Facebook yang berhubungan dengan akun Instagram Anda sebelumnya. Dalam langkah ini, kami akan menjelaskan cara menghapus jejak aktivitas tersebut.

1. Buka Akun Facebook Anda

Langkah pertama adalah membukaakun Facebook Anda dengan menggunakan perangkat yang terhubung dengan akun Facebook Anda.

2. Buka Pengaturan Privasi

Setelah masuk ke akun Facebook Anda, temukan dan buka pengaturan privasi. Biasanya, Anda dapat menemukan opsi ini di menu atau tautan di bagian atas halaman.

3. Cari dan Buka “Aktivitas Aplikasi dan Situs Web”

Di dalam pengaturan privasi Facebook, cari dan buka opsi “Aktivitas Aplikasi dan Situs Web”. Ini akan membawa Anda ke halaman yang menampilkan aktivitas yang terhubung dengan akun Facebook Anda.

4. Hapus Aktivitas yang Berhubungan dengan Instagram

Pada halaman “Aktivitas Aplikasi dan Situs Web”, cari dan hapus semua aktivitas yang berhubungan dengan Instagram. Anda dapat melakukannya dengan mengklik opsi “Hapus” di samping setiap aktivitas atau menggunakan opsi “Hapus Semua” jika tersedia.

5. Konfirmasi Tindakan Anda

Setelah Anda menghapus aktivitas yang berhubungan dengan Instagram, Anda mungkin akan diminta untuk mengkonfirmasi tindakan Anda. Ini adalah langkah penting untuk memastikan bahwa Anda benar-benar ingin menghapus jejak aktivitas tersebut.

6. Selesai

Setelah Anda mengkonfirmasi tindakan Anda, jejak aktivitas di Facebook yang berhubungan dengan akun Instagram Anda sebelumnya akan dihapus. Sekarang, tidak akan ada lagi jejak aktivitas di Facebook yang terkait dengan akun Instagram Anda.

Setelah memisahkan akun Instagram dari Facebook dan menghapus jejak aktivitas di Facebook, langkah selanjutnya adalah menjaga keamanan akun Instagram Anda. Dalam langkah ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk menjaga keamanan akun Instagram Anda.

Menjaga Keamanan Akun Instagram

Selain memisahkan akun Instagram dari Facebook, penting juga untuk menjaga keamanan akun Instagram Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga keamanan akun Instagram Anda:

1. Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Unik

Pastikan kata sandi akun Instagram Anda kuat dan unik. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol. Jangan gunakan kata sandi yang mudah ditebak atau terkait dengan informasi pribadi Anda.

2. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Aktifkan fitur autentikasi dua faktor untuk akun Instagram Anda. Dengan fitur ini, Anda akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan ke ponsel Anda setiap kali Anda mencoba masuk ke akun Instagram Anda dari perangkat yang belum dikenali.

3. Periksa Aktivitas Masuk

Rutin periksa aktivitas masuk pada akun Instagram Anda. Jika Anda melihat aktivitas masuk yang mencurigakan atau tidak dikenali, segera ganti kata sandi akun Instagram Anda dan hubungi tim dukungan Instagram.

4. Jaga Informasi Pribadi Anda

Hati-hati dalam membagikan informasi pribadi Anda di Instagram. Jangan memberikan informasi pribadi seperti alamat rumah, nomor telepon, atau data sensitif lainnya kepada orang yang tidak Anda kenal atau tidak dapat dipercaya.

5. Perbarui Aplikasi dan Perangkat Anda

Selalu perbarui aplikasi Instagram dan sistem operasi perangkat Anda ke versi terbaru. Pembaruan ini seringkali mencakup perbaikan keamanan dan fitur baru yang dapat membantu melindungi akun Anda dari ancaman keamanan.

6. Hati-hati dengan Phishing dan Serangan Malware

Jaga kewaspadaan terhadap serangan phishing dan malware. Jangan klik tautan yang mencurigakan atau unduh file yang tidak dikenal. Pastikan Anda hanya berinteraksi dengan konten yang aman dan dapat dipercaya di Instagram.

7. Tetap Privat

Pertimbangkan untuk menjaga akun Instagram Anda sebagai akun pribadi. Dengan membatasi siapa yang dapat mengikuti Anda dan melihat konten Anda, Anda dapat meningkatkan privasi dan keamanan akun Anda.

8. Laporkan Aktivitas yang Mencurigakan

Jika Anda melihat aktivitas yang mencurigakan atau tidak pantas di akun Instagram Anda, laporkan hal tersebut kepada tim dukungan Instagram. Ini akan membantu mereka melakukan tindakan yang diperlukan untuk menjaga keamanan komunitas Instagram.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga keamanan akun Instagram Anda dan melindungi privasi Anda. Selalu waspada dan berhati-hati dalam menggunakan platform media sosial, termasuk Instagram.

Setelah menjalankan semua langkah di atas, Anda sekarang dapat menikmati kebebasan akun Instagram yang terpisah dari Facebook. Dalam proses melepaskan akun IG dari Facebook, Anda telah memastikan privasi, keamanan, dan kenyamanan Anda saat menggunakan kedua platform ini. Nikmati pengalaman baru dengan akun Instagram yang tidak lagi terhubung dengan Facebook dan jangan ragu untuk menjaga privasi serta kebebasan Anda dalam dunia media sosial.

Related video of Cara Melepaskan Akun IG dari Facebook: Panduan Lengkap dan Terperinci