Cara Cek Inbox di Facebook: Panduan Lengkap dan Detail

Apakah Anda ingin tahu cara cek inbox di Facebook dengan mudah dan cepat? Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan detail tentang cara mengakses inbox di platform media sosial yang paling populer ini. Dengan langkah-langkah yang kami berikan, Anda akan dapat dengan mudah menemukan dan membaca pesan-pesan yang masuk ke akun Facebook Anda. Mari kita mulai!

Langkah Pertama: Masuk ke Akun Facebook Anda

Untuk memulai, Anda harus masuk ke akun Facebook Anda. Cari tombol “Masuk” atau “Log In” di halaman utama Facebook dan masukkan email atau nomor telepon yang terdaftar serta kata sandi Anda. Setelah masuk, Anda akan diarahkan ke beranda akun Anda.

Setelah Anda berhasil masuk, Anda akan melihat tampilan beranda akun Facebook Anda. Di sini, Anda dapat melihat berbagai informasi terkini, seperti postingan teman, halaman yang Anda ikuti, dan pemberitahuan terbaru. Namun, untuk mengakses inbox Anda, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikutnya.

Mengakses Inbox di Facebook

Setelah masuk ke akun Facebook, Anda dapat mengakses inbox Anda dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan mengeklik ikon pesan di bagian atas halaman, di sebelah ikon teman dan pemberitahuan. Klik pada ikon tersebut untuk membuka dropdown menu dan pilih “Lihat Semua di Messenger”.

Setelah Anda mengklik “Lihat Semua di Messenger”, Anda akan diarahkan ke aplikasi Messenger di Facebook. Di sini, Anda akan melihat daftar semua percakapan yang ada. Percakapan yang terbaru akan muncul di bagian atas daftar, sedangkan percakapan yang lebih lama akan muncul di bawahnya. Ini adalah tempat di mana Anda dapat menemukan semua pesan yang masuk ke akun Facebook Anda.

Menemukan Pesan Masuk Anda

Setelah Anda masuk ke Messenger, Anda akan melihat daftar semua percakapan yang ada. Namun, untuk menemukan pesan masuk Anda dengan lebih cepat, Anda perlu mengarahkan fokus Anda pada bagian “Pesan Masuk”.

1. Mencari Bagian “Pesan Masuk”

Bagian “Pesan Masuk” biasanya terletak di sisi kiri jendela Messenger. Di sini, Anda dapat melihat jumlah pesan yang belum dibaca dan mengklik pada bagian tersebut untuk membuka percakapan-pertama yang ada di dalamnya.

2. Menggunakan Fitur Pencarian

Jika Anda memiliki banyak percakapan di inbox Anda dan ingin mencari pesan tertentu dengan cepat, Anda dapat menggunakan fitur pencarian yang tersedia di Messenger. Caranya sangat mudah, cukup klik pada ikon kaca pembesar di sisi kanan atas jendela Messenger dan ketikkan kata kunci atau nama pengirim pesan yang ingin Anda cari. Hasil pencarian akan muncul di bawah kotak pencarian, dan Anda dapat mengklik pada hasil yang sesuai untuk membuka percakapan tersebut.

Membaca Pesan di Inbox

Setelah Anda menemukan percakapan yang berisi pesan yang ingin Anda baca, langkah selanjutnya adalah membaca pesan tersebut. Di bawah ini adalah panduan tentang cara membaca pesan di inbox Facebook Anda.

1. Klik pada Percakapan yang Anda Inginkan

Untuk membaca pesan di inbox, cukup klik pada percakapan yang Anda inginkan. Setelah Anda mengklik percakapan tersebut, pesan-pesan dalam percakapan tersebut akan muncul di bagian sebelah kanan layar.

2. Baca Pesan Secara Keseluruhan

Setelah pesan-pesan dalam percakapan muncul, Anda dapat membaca pesan-pesan tersebut secara keseluruhan. Anda dapat melihat teks pesan, gambar, video, dan lampiran lainnya yang dikirimkan oleh pengirim pesan.

3. Menandai Pesan sebagai Belum Dibaca

Jika Anda belum sempat membaca pesan yang masuk di inbox Anda, Anda dapat menandai pesan tersebut sebagai belum dibaca. Caranya sangat mudah, cukup klik pada ikon “Centang” di sebelah pesan yang ingin Anda tandai. Setelah Anda menandai pesan tersebut, pesan tersebut akan ditandai dengan tanda centang biru dan akan tetap muncul di bagian atas daftar percakapan.

Melakukan Balasan Pesan di Inbox

Setelah Anda membaca pesan yang masuk di inbox Facebook, Anda mungkin ingin membalas pesan tersebut. Di bawah ini adalah panduan tentang cara melakukan balasan pesan di inbox Facebook Anda.

1. Ketikkan Balasan Anda

Untuk membalas pesan yang masuk, cukup ketikkan balasan Anda di kotak pesan di bagian bawah layar. Kotak pesan ini biasanya berada di sebelah kanan percakapan, di bawah pesan-pesan yang sudah ada. Tuliskan pesan yang ingin Anda kirim dengan jelas dan tekankan pada poin-poin penting yang ingin Anda sampaikan.

2. Menggunakan Emotikon dan Stiker

Jika Anda ingin menambahkan unsur ekspresi ke dalam pesan balasan Anda, Anda dapat menggunakan emotikon dan stiker yang tersedia di Messenger. Klik pada ikon wajah senyum di sebelah kotak pesan untuk membuka galeri emotikon dan stiker. Pilih emotikon atau stiker yang sesuai dengan perasaan atau situasi Anda, dan tambahkan ke pesan Anda dengan mengklik pada emotikon atau stiker tersebut.

3. Mengirim Pesan Balasan Anda

Setelah selesai mengetik balasan Anda, klik tombol “Kirim” yang terletak di sebelah kanan kotak pesan atau tekan tombol enter pada keyboard Anda. Pesan balasan Anda akan langsung terkirim ke pengirim pesan, dan percakapan akan diperbarui dengan pesan baru yang Anda kirim.

Menghapus Pesan di Inbox

Setelah Anda membaca pesan-pesan di inbox Facebook, Anda mungkin ingin menghapus pesan-pesan yang tidak relevan atau tidak lagi diperlukan. Di bawah ini adalah panduan tentang cara menghapus pesan di inbox Facebook Anda.

1. Pilih Percakapan yang Ingin Anda Hapus

Untuk menghapus pesan di inbox, pertama-tama pilih percakapan yang berisi pesan yang ingin Anda hapus. Klik pada percakapan tersebut untuk membukanya dan melihat daftar pesan yang ada di dalamnya.

2. Hapus Pesan yang Tidak Diperlukan

Setelah Anda membuka percakapan, arahkan kursor Anda ke pesan yang ingin Anda hapus. Ketika Anda mengarahkan kursor ke pesan tersebut, Anda akan melihat ikon “Tindakan” di sebelah kanan pesan. Klik pada ikon tersebut untuk membuka menu tindakan.

3. Pilih “Hapus” untuk Menghapus Pesan

Di dalam menu tindakan, pilih opsi “Hapus” untuk menghapus pesan yang dipilih. Setelah Anda mengklik “Hapus”, pesan tersebut akan dihapus dari percakapan dan tidak akan lagi muncul di inbox Anda.

Mencari Pesan Tertentu di Inbox

Jika Anda memiliki banyak percakapan di inbox Facebook dan ingin mencari pesan tertentu dengan cepat, Anda dapat menggunakan fitur pencarian yang tersedia di Messenger. Di bawah ini adalah panduan tentang cara mencari pesan tertentu di inbox Facebook Anda.

1. Klik pada Ikon Pencarian

Untuk memulai pencarian pesan di inbox Anda, klik pada ikon kaca pembesar di sisi kanan atas jendela Messenger. Setelah Anda mengklik ikon tersebut, kotak pencarian akan muncul di atas daftar percakapan.

2. Ketikkan Kata Kunci atau Nama Pengirim Pesan

Di dalam kotak pencarian, ketikkan katakunci atau nama pengirim pesan yang ingin Anda cari. Misalnya, jika Anda ingin mencari pesan dari teman Anda bernama “Andi”, cukup ketikkan nama “Andi” di kotak pencarian. Messenger akan secara otomatis memfilter percakapan yang sesuai dengan kata kunci yang Anda masukkan.

3. Pilih Percakapan yang Sesuai

Setelah Anda mengetikkan kata kunci atau nama pengirim pesan, Messenger akan menampilkan hasil pencarian yang sesuai di bawah kotak pencarian. Anda dapat melihat daftar percakapan yang mengandung kata kunci atau nama yang Anda cari. Klik pada percakapan yang sesuai untuk membukanya dan melihat pesan-pesan yang terkait.

Mengarsipkan Pesan di Inbox

Jika Anda ingin menyimpan pesan tetapi tidak ingin melihatnya di inbox utama Anda, Anda dapat mengarsipkannya. Di bawah ini adalah panduan tentang cara mengarsipkan pesan di inbox Facebook Anda.

1. Pilih Percakapan yang Ingin Anda Arsipkan

Untuk mengarsipkan pesan di inbox, pilih percakapan yang berisi pesan yang ingin Anda arsipkan. Klik pada percakapan tersebut untuk membukanya dan melihat daftar pesan yang ada di dalamnya.

2. Pilih Opsi “Arsipkan”

Setelah Anda membuka percakapan, arahkan kursor Anda ke pesan yang ingin Anda arsipkan. Ketika Anda mengarahkan kursor ke pesan tersebut, Anda akan melihat ikon “Tindakan” di sebelah kanan pesan. Klik pada ikon tersebut untuk membuka menu tindakan.

3. Pilih Opsi “Arsipkan”

Di dalam menu tindakan, pilih opsi “Arsipkan” untuk mengarsipkan pesan yang dipilih. Setelah Anda mengklik “Arsipkan”, percakapan tersebut akan dipindahkan ke folder arsip dan tidak akan lagi muncul di inbox utama Anda. Namun, Anda masih dapat mengakses percakapan tersebut dengan pergi ke folder arsip.

Memblokir Pengirim Pesan di Inbox

Jika Anda menerima pesan yang tidak diinginkan atau dari pengirim yang mengganggu, Anda dapat memblokir pengirim pesan tersebut. Di bawah ini adalah panduan tentang cara memblokir pengirim pesan di inbox Facebook Anda.

1. Pilih Percakapan yang Berisi Pesan dari Pengirim yang Ingin Anda Blokir

Untuk memblokir pengirim pesan di inbox, pilih percakapan yang berisi pesan dari pengirim yang ingin Anda blokir. Klik pada percakapan tersebut untuk membukanya dan melihat pesan-pesan yang ada di dalamnya.

2. Pilih Opsi “Blokir”

Setelah Anda membuka percakapan, arahkan kursor Anda ke pesan yang ingin Anda blokir. Ketika Anda mengarahkan kursor ke pesan tersebut, Anda akan melihat ikon “Tindakan” di sebelah kanan pesan. Klik pada ikon tersebut untuk membuka menu tindakan.

3. Pilih Opsi “Blokir”

Di dalam menu tindakan, pilih opsi “Blokir” untuk memblokir pengirim pesan yang dipilih. Setelah Anda mengklik “Blokir”, pengirim pesan tersebut akan diblokir dan tidak akan lagi dapat mengirim pesan kepada Anda atau melihat profil Anda. Percakapan dengan pengirim pesan tersebut juga akan hilang dari inbox Anda.

Mengatur Notifikasi Pesan di Inbox

Jika Anda ingin mengatur notifikasi pesan di inbox Facebook, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Di bawah ini adalah panduan tentang cara mengatur preferensi notifikasi pesan di inbox Facebook Anda.

1. Buka Pengaturan Akun Anda

Untuk mengatur notifikasi pesan di inbox, buka menu Pengaturan di akun Facebook Anda. Klik pada ikon panah ke bawah di pojok kanan atas layar dan pilih opsi “Pengaturan”.

2. Pilih Opsi “Notifikasi & Suara”

Setelah Anda membuka menu Pengaturan, pilih opsi “Notifikasi & Suara” di bagian kiri layar. Di sini, Anda akan melihat berbagai opsi pengaturan notifikasi yang tersedia.

3. Atur Preferensi Notifikasi Pesan Anda

Di dalam opsi “Notifikasi & Suara”, Anda dapat mengatur preferensi notifikasi pesan sesuai dengan keinginan Anda. Anda dapat memilih untuk menerima notifikasi pesan melalui email, pemberitahuan di ponsel, atau kedua-duanya. Anda juga dapat mengatur suara notifikasi yang akan diputar ketika Anda menerima pesan baru di inbox Anda.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap dan detail tentang cara cek inbox di Facebook. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat dengan mudah mengakses, membaca, dan mengelola pesan-pesan yang masuk ke akun Facebook Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!

Related video of Cara Cek Inbox di Facebook: Panduan Lengkap dan Detail