Cara Memutuskan Akun Facebook dari Instagram: Panduan Lengkap

Jika Anda ingin memutuskan koneksi akun Facebook Anda dari Instagram, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melakukan hal tersebut. Kami akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti dengan rinci, sehingga Anda dapat dengan mudah dan tanpa kesulitan memisahkan akun Facebook Anda dari Instagram.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa jika Anda memutuskan akun Facebook dari Instagram, Anda akan kehilangan beberapa fitur dan kemampuan. Misalnya, Anda tidak akan dapat menggunakan login Facebook untuk masuk ke Instagram lagi, dan semua postingan Instagram yang diunggah secara otomatis ke Facebook juga akan berhenti. Oleh karena itu, pastikan Anda benar-benar ingin memutuskan koneksi akun Facebook-Instagram sebelum melanjutkan.

Mengakses Pengaturan Akun Instagram

Langkah pertama dalam proses memutuskan akun Facebook dari Instagram adalah dengan mengakses pengaturan akun Instagram Anda. Pada aplikasi Instagram di ponsel Anda, buka profil Anda dan ketuk ikon tiga garis di pojok kanan atas layar. Gulir ke bawah dan ketuk “Pengaturan”.

Setelah masuk ke menu pengaturan, gulir ke bawah dan temukan opsi “Akun Terhubung”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Summary: Langkah pertama adalah mengakses pengaturan akun Instagram melalui profil Anda dan menemukan opsi “Akun Terhubung”.

Langkah 1: Buka Aplikasi Instagram

Untuk memulai proses memutuskan akun Facebook dari Instagram, buka aplikasi Instagram di ponsel Anda. Pastikan Anda telah masuk ke akun Instagram yang ingin Anda ubah pengaturannya.

Setelah masuk, lanjutkan ke langkah selanjutnya untuk mengakses pengaturan akun Instagram.

Langkah 2: Buka Menu Profil dan Pilih Pengaturan

Setelah Anda membuka aplikasi Instagram, ketuk ikon profil yang terletak di pojok kanan bawah layar. Ini akan membuka halaman profil Anda.

Setelah berada di halaman profil, cari ikon tiga garis di pojok kanan atas layar dan ketuk ikon tersebut. Ini akan membuka menu opsi.

Dalam menu opsi, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Pengaturan”. Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan akun Instagram Anda.

Langkah 3: Temukan Opsi “Akun Terhubung”

Setelah Anda masuk ke menu pengaturan akun Instagram, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Akun Terhubung”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan proses memutuskan akun Facebook dari Instagram.

Langkah 4: Pilih Opsi “Facebook”

Setelah Anda masuk ke menu “Akun Terhubung”, Anda akan melihat daftar platform media sosial yang terhubung dengan akun Instagram Anda. Temukan dan ketuk opsi “Facebook”.

Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman yang menampilkan informasi tentang koneksi akun Facebook-Instagram Anda saat ini. Di sini, Anda akan melihat opsi “Batal Hubungkan Akun” yang perlu Anda pilih untuk memutuskan koneksi.

Summary: Pada menu “Akun Terhubung”, temukan opsi “Facebook” dan pilih “Batal Hubungkan Akun” untuk memisahkan akun Facebook dari Instagram.

Memutuskan Akun Facebook dari Instagram

Setelah mengakses pengaturan akun Instagram dan memilih opsi “Facebook”, sekarang saatnya untuk memutuskan akun Facebook dari Instagram. Tindakan ini akan memisahkan kedua akun tersebut dan menghentikan koneksi di antara mereka.

Langkah 5: Konfirmasi Pemutusan Hubungan

Setelah memilih opsi “Batal Hubungkan Akun”, Instagram akan meminta Anda untuk mengonfirmasi keputusan Anda. Pastikan Anda memahami konsekuensi dari tindakan ini dan ketuk “Batal Hubungkan” untuk melanjutkan.

Setelah Anda mengonfirmasi pemutusan hubungan, akun Facebook Anda tidak lagi terhubung dengan akun Instagram Anda. Anda bisa memeriksa daftar media sosial yang terhubung di menu “Akun Terhubung” untuk memastikannya.

Summary: Konfirmasikan pemutusan hubungan akun Facebook dan Instagram dengan menekan “Batal Hubungkan” pada pesan konfirmasi.

Menggunakan Masuk Instagram yang Lain

Setelah memutuskan akun Facebook dari Instagram, Anda tidak akan lagi bisa menggunakan login Facebook untuk masuk ke akun Instagram Anda. Sebagai gantinya, Anda harus menggunakan opsi “Lupa Kata Sandi” pada layar masuk dan mengikuti langkah-langkah untuk mengatur kata sandi baru. Setelah Anda mengatur kata sandi baru, Anda bisa masuk ke akun Instagram dengan menggunakan akun Instagram itu sendiri.

Langkah 6: Masuk ke Akun Instagram dengan Kata Sandi Baru

Setelah memutuskan akun Facebook dari Instagram, Anda perlu menggunakan opsi “Lupa Kata Sandi” pada layar masuk Instagram untuk mengatur kata sandi baru. Ini akan memungkinkan Anda masuk ke akun Instagram menggunakan akun Instagram itu sendiri, bukan lagi dengan login Facebook.

Untuk melakukan ini, di layar masuk Instagram, ketuk opsi “Lupa Kata Sandi” yang ada di bawah kolom masuk. Kemudian, ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk mengatur kata sandi baru untuk akun Instagram Anda.

Setelah Anda mengatur kata sandi baru, Anda dapat masuk ke akun Instagram dengan menggunakan kata sandi baru tersebut.

Summary: Setelah memutuskan akun Facebook dari Instagram, gunakan opsi “Lupa Kata Sandi” dan mengatur kata sandi baru untuk masuk ke akun Instagram.

Menghentikan Pengiriman Otomatis ke Facebook

Jika sebelumnya Anda mengatur Instagram untuk secara otomatis membagikan postingan ke akun Facebook, memutuskan akun Facebook dari Instagram juga akan menghentikan fitur ini. Anda tidak perlu khawatir, karena Anda masih bisa membagikan postingan Instagram secara manual ke Facebook jika diinginkan. Namun, proses ini harus dilakukan secara manual setiap kali Anda ingin membagikan postingan.

Langkah 7: Menghentikan Pengiriman Otomatis ke Facebook

Setelah memutuskan akun Facebook dari Instagram, Anda perlu memastikan bahwa pengiriman otomatis postingan Instagram ke akun Facebook telah dihentikan. Ini akan memastikan bahwa postingan Instagram Anda tidak lagi dikirim secara otomatis ke akun Facebook Anda.

Untuk melakukan ini, buka aplikasi Instagram dan akses menu pengaturan akun. Cari opsi “Postingan” atau “Pembaruan” dan pastikan opsi pengiriman otomatis ke Facebook sudah dinonaktifkan.

Jika opsi pengiriman otomatis masih aktif, matikan opsi tersebut untuk menghentikan pengiriman otomatis postingan Instagram ke akun Facebook.

Summary: Memutuskan akun Facebook dari Instagram juga akan menghentikan pengiriman otomatis postingan Instagram ke akun Facebook. Pastikan pengiriman otomatis sudah dinonaktifkan di pengaturan akun Instagram.

Menghapus Izin Aplikasi Facebook

Jika Anda ingin sepenuhnya memutuskan akun Facebook dari Instagram, Anda juga bisa menghapus izin aplikasi Instagram dari akun Facebook Anda. Dengan melakukan ini, Anda memastikan bahwa tidak ada lagi koneksi antara kedua akun tersebut.

Langkah 8: Buka Aplikasi Facebook

Untuk menghapus izin aplikasi Instagram dari akun Facebook Anda, buka aplikasi Facebook di ponsel Anda. Pastikan Anda telah masuk ke akun Facebook yang ingin Anda ubah pengaturannya.

Set

Langkah 9: Buka Pengaturan Aplikasi dan Situs Web

Setelah Anda membuka aplikasi Facebook, cari opsi “Pengaturan” yang biasanya terletak di bagian bawah menu navigasi atau di menu opsi tambahan. Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan akun Facebook Anda.

Setelah masuk ke menu pengaturan, cari dan ketuk opsi “Pengaturan Akun” atau “Pengaturan dan Privasi” untuk melanjutkan.

Setelah masuk ke menu pengaturan akun, cari dan ketuk opsi “Aplikasi dan Situs Web”.

Langkah 10: Hapus Izin Aplikasi Instagram

Setelah Anda masuk ke menu “Aplikasi dan Situs Web”, cari aplikasi Instagram dalam daftar aplikasi yang terhubung dengan akun Facebook Anda. Ketuk aplikasi Instagram untuk membuka opsi pengaturan aplikasi tersebut.

Dalam opsi pengaturan aplikasi Instagram, cari dan ketuk opsi “Hapus Izin” atau “Putus Hubungan”. Ini akan menghapus izin aplikasi Instagram dari akun Facebook Anda dan memutuskan koneksi antara keduanya.

Setelah Anda menghapus izin aplikasi Instagram, pastikan untuk memeriksa kembali daftar aplikasi yang terhubung untuk memastikan bahwa aplikasi Instagram tidak lagi terhubung dengan akun Facebook Anda.

Summary: Untuk memutuskan akun Facebook dari Instagram sepenuhnya, hapus izin aplikasi Instagram dari akun Facebook melalui pengaturan aplikasi Facebook di ponsel Anda.

Menghapus Riwayat Aktivitas Facebook-Instagram

Jika Anda ingin menghapus riwayat aktivitas Facebook-Instagram yang telah terjadi sebelumnya, Anda perlu menghapus riwayat aktivitas di kedua platform tersebut. Ini akan menghapus jejak aktivitas yang terkait dengan koneksi antara akun Facebook dan Instagram.

Langkah 11: Hapus Aktivitas di Facebook

Untuk menghapus riwayat aktivitas Facebook-Instagram, mulailah dengan membuka aplikasi Facebook di ponsel Anda. Pastikan Anda telah masuk ke akun Facebook yang ingin Anda ubah pengaturannya.

Setelah masuk, cari dan ketuk opsi “Pengaturan” yang biasanya terletak di bagian bawah menu navigasi atau di menu opsi tambahan.

Setelah masuk ke menu pengaturan, cari dan ketuk opsi “Privasi” atau “Privasi dan Keamanan” untuk melanjutkan.

Dalam opsi privasi, cari dan ketuk opsi “Aktivitas Anda” atau “Aktivitas di Aplikasi dan Situs Web”.

Di halaman aktivitas Anda, cari dan ketuk opsi “Lihat dan Kelola Aktivitas” atau “Aktivitas Anda di Facebook”.

Anda akan melihat daftar aktivitas yang terkait dengan akun Facebook Anda. Cari dan ketuk opsi “Filter” atau “Filter Aktivitas” untuk memfilter aktivitas yang ingin Anda hapus.

Pilih filter “Aplikasi dan Situs Web” atau “Aplikasi” untuk memfilter aktivitas yang terkait dengan aplikasi Instagram.

Setelah Anda memilih filter, Anda akan melihat daftar aktivitas yang terkait dengan aplikasi Instagram. Anda bisa menghapus aktivitas satu per satu dengan menggeser ke kanan dan ketuk tombol “Hapus”, atau Anda bisa menghapus semua aktivitas dengan menggeser ke kanan dan ketuk tombol “Hapus Semua” atau “Hapus Aktivitas”.

Summary: Untuk menghapus riwayat aktivitas Facebook-Instagram, hapus aktivitas di aplikasi Facebook dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Langkah 12: Hapus Aktivitas di Instagram

Setelah Anda menghapus aktivitas di aplikasi Facebook, sekarang saatnya untuk menghapus aktivitas di aplikasi Instagram.

Buka aplikasi Instagram di ponsel Anda dan masuk ke akun Instagram yang ingin Anda ubah pengaturannya.

Setelah masuk, ketuk ikon profil di pojok kanan bawah layar untuk membuka halaman profil Anda.

Setelah berada di halaman profil, ketuk ikon tiga garis di pojok kanan atas layar untuk membuka menu opsi.

Dalam menu opsi, gulir ke bawah dan temukan opsi “Pengaturan”. Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan akun Instagram Anda.

Gulir ke bawah dan temukan opsi “Akun Terhubung”. Ketuk opsi ini untuk melihat daftar akun media sosial yang terhubung dengan akun Instagram Anda.

Pada daftar akun terhubung, cari dan ketuk opsi “Aktivitas Terkait Facebook”.

Anda akan melihat daftar aktivitas yang terkait dengan akun Facebook Anda. Ketuk opsi “Hapus Semua” atau “Hapus Aktivitas” untuk menghapus semua aktivitas yang terkait dengan akun Facebook.

Summary: Untuk menghapus riwayat aktivitas Facebook-Instagram, hapus aktivitas di aplikasi Instagram dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Menghapus Aplikasi Instagram dari Facebook

Setelah semua langkah di atas selesai, Anda juga bisa menghapus aplikasi Instagram dari akun Facebook Anda. Ini adalah tindakan opsional, tetapi jika Anda ingin membersihkan sepenuhnya koneksi antara kedua akun tersebut, Anda bisa melakukannya.

Langkah 13: Buka Aplikasi Facebook

Untuk menghapus aplikasi Instagram dari akun Facebook, buka aplikasi Facebook di ponsel Anda. Pastikan Anda telah masuk ke akun Facebook yang ingin Anda ubah pengaturannya.

Setelah masuk, cari dan ketuk opsi “Pengaturan” yang biasanya terletak di bagian bawah menu navigasi atau di menu opsi tambahan.

Setelah masuk ke menu pengaturan, cari dan ketuk opsi “Pengaturan Akun” atau “Pengaturan dan Privasi” untuk melanjutkan.

Setelah masuk ke menu pengaturan akun, cari dan ketuk opsi “Aplikasi dan Situs Web”.

Langkah 14: Temukan Aplikasi Instagram

Pada menu “Aplikasi dan Situs Web”, cari aplikasi Instagram dalam daftar aplikasi yang terhubung dengan akun Facebook Anda. Ketuk aplikasi Instagram untuk membuka opsi pengaturan aplikasi tersebut.

Langkah 15: Hapus Aplikasi Instagram

Setelah Anda membuka opsi pengaturan aplikasi Instagram, cari dan ketuk opsi “Hapus” atau “Putus Hubungan”. Ini akan menghapus aplikasi Instagram dari akun Facebook Anda dan memutuskan koneksi antara keduanya.

Setelah Anda menghapus aplikasi Instagram, pastikan untuk memeriksa kembali daftar aplikasi yang terhubung untuk memastikan bahwa aplikasi Instagram tidak lagi terhubung dengan akun Facebook Anda.

Summary: Jika Anda ingin membersihkan sepenuhnya koneksi antara akun Facebook dan Instagram, Anda bisa menghapus aplikasi Instagram dari Facebook melalui pengaturan aplikasi Facebook di ponsel Anda.

Menghubungkan Kembali Akun Facebook dan Instagram

Jika suatu saat Anda ingin menghubungkan kembali akun Facebook dan Instagram setelah memutuskannya, Anda bisa melakukannya dengan mudah. Ini akan memungkinkan Anda menggunakan login Facebook untuk masuk ke akun Instagram dan membagikan postingan Instagram secara otomatis ke Facebook.

Langkah 16: Buka Aplikasi Instagram

Untuk menghubungkan kembali akun Facebook dan Instagram, buka aplikasi Instagram di ponsel Anda. Pastikan Anda telah masuk ke akun Instagram yang ingin Anda hubungkan kembali.

Setelah masuk, ketuk ikon profil di pojok kanan bawah layar untuk membuka halaman profil Anda.

Setelah berada di halaman profil, ketuk ikon tiga garis di pojok kanan atas layar untuk membuka menu opsi.

Dalam menu opsi, gulir ke bawah dan temukan opsi”Hubungkan Akun”. Ketuk opsi ini untuk melihat daftar akun media sosial yang dapat terhubung dengan akun Instagram Anda.

Langkah 17: Pilih Opsi “Facebook”

Pada daftar akun terhubung, cari dan ketuk opsi “Facebook”. Ini akan membuka halaman pengaturan akun Facebook yang terhubung dengan Instagram.

Langkah 18: Masuk ke Akun Facebook

Untuk menghubungkan kembali akun Facebook dengan Instagram, Anda perlu masuk ke akun Facebook yang ingin Anda hubungkan.

Ketuk opsi “Masuk” atau “Login” dan masukkan informasi login akun Facebook Anda, seperti alamat email atau nomor ponsel, serta kata sandi. Setelah itu, ketuk “Masuk” atau “Login” untuk masuk ke akun Facebook Anda.

Langkah 19: Izinkan Koneksi Akun

Setelah masuk ke akun Facebook, Instagram akan meminta izin untuk menghubungkan kembali akun Facebook dengan Instagram. Pastikan untuk membaca dan memahami persyaratan dan kebijakan yang terkait dengan koneksi akun.

Jika Anda setuju, ketuk opsi “Izinkan” atau “Allow” untuk mengizinkan koneksi akun Facebook-Instagram.

Langkah 20: Selesai

Setelah Anda mengizinkan koneksi akun Facebook-Instagram, akun Facebook Anda akan terhubung kembali dengan akun Instagram Anda. Anda bisa memeriksa daftar akun terhubung di pengaturan akun Instagram untuk memastikannya.

Sekarang Anda dapat menggunakan login Facebook untuk masuk ke akun Instagram dan membagikan postingan Instagram secara otomatis ke Facebook.

Summary: Jika Anda ingin menghubungkan kembali akun Facebook dan Instagram, buka pengaturan akun Instagram dan pilih opsi “Akun Terhubung” untuk memasukkan kembali akun Facebook Anda.

Melakukan Pemisahan dengan Bijak

Terakhir, penting untuk melakukan pemisahan antara akun Facebook dan Instagram dengan bijak. Memutuskan koneksi antara kedua akun tersebut adalah keputusan yang penting, dan Anda perlu mempertimbangkan konsekuensi serta kehilangan fitur yang mungkin terjadi.

Langkah 21: Pertimbangkan Konsekuensi

Sebelum memutuskan akun Facebook dari Instagram, pertimbangkan konsekuensi yang mungkin terjadi. Anda akan kehilangan beberapa fitur dan kemampuan, seperti penggunaan login Facebook untuk masuk ke Instagram dan pengiriman otomatis postingan ke Facebook.

Pikirkan apakah kehilangan fitur-fitur ini akan mempengaruhi pengalaman penggunaan Anda di Instagram. Jika Anda merasa kehilangan fitur tersebut tidak akan mengganggu Anda, Anda dapat melanjutkan dengan pemutusan hubungan.

Langkah 22: Evaluasi Kehilangan Fitur dan Kemampuan

Sebelum memutuskan akun Facebook dari Instagram, evaluasilah kehilangan fitur dan kemampuan yang akan terjadi. Pertimbangkan apakah Anda masih dapat menggunakan Instagram dengan nyaman tanpa fitur-fitur tersebut.

Jika Anda merasa bahwa kehilangan fitur dan kemampuan tersebut akan mengganggu pengalaman penggunaan Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali keputusan Anda atau mencari alternatif penggunaan.

Langkah 23: Lakukan Pemisahan dengan Hatihati

Setelah mempertimbangkan konsekuensi dan kehilangan fitur, lakukan pemisahan akun Facebook dari Instagram dengan hati-hati. Pastikan Anda memahami langkah-langkah yang dijelaskan dalam panduan ini dan ikuti petunjuk dengan seksama.

Pastikan juga untuk membaca dan memahami setiap pesan konfirmasi yang muncul selama proses pemisahan. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan atau mencari bantuan jika ada hal yang tidak jelas.

Langkah 24: Perhatikan Ulang Keputusan Anda

Setelah memisahkan akun Facebook dari Instagram, perhatikan lagi keputusan Anda. Pastikan bahwa Anda benar-benar ingin memutuskan koneksi antara kedua akun tersebut dan siap dengan konsekuensi yang mungkin terjadi.

Jika ada keraguan atau perubahan pikiran, Anda dapat menghubungkan kembali akun Facebook dan Instagram dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Langkah 25: Nikmati Penggunaan Instagram yang Baru

Setelah memutuskan akun Facebook dari Instagram, nikmati penggunaan Instagram yang baru. Manfaatkan fitur-fitur dan kemampuan yang masih tersedia, dan jangan ragu untuk menjelajahi fitur-fitur baru yang mungkin belum pernah Anda coba sebelumnya.

Gunakan waktu ini untuk mengenal Instagram dengan lebih baik dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang telah Anda buat. Jangan lupa untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga melalui Instagram dan berbagi momen-momen spesial dalam hidup Anda.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara memutuskan akun Facebook dari Instagram. Kami telah menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti dengan rinci dan memberikan informasi tentang konsekuensi yang mungkin terjadi setelah memutuskan koneksi antara kedua akun tersebut. Memisahkan akun Facebook dari Instagram adalah keputusan yang penting, dan kami berharap panduan ini dapat membantu Anda dalam proses tersebut.

Ingatlah bahwa setelah memutuskan akun Facebook dari Instagram, Anda akan kehilangan beberapa fitur dan kemampuan, seperti pengiriman otomatis postingan ke Facebook dan penggunaan login Facebook untuk masuk ke Instagram. Oleh karena itu, pastikan Anda mempertimbangkan dengan baik sebelum mengambil langkah ini.

Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam memutuskan akun Facebook dari Instagram. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami. Terima kasih telah membaca artikel kami.

Related video of Cara Memutuskan Akun Facebook dari Instagram: Panduan Lengkap