Cara Menghilangkan Temukan Orang di Instagram: Panduan Lengkap

Apakah Anda ingin menjaga privasi dan menghilangkan fitur Temukan Orang di Instagram? Jika iya, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menghilangkan Temukan Orang di Instagram agar Anda dapat mengontrol siapa yang dapat menemukan akun Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda dapat meningkatkan privasi akun Instagram Anda dan memastikan bahwa hanya orang-orang yang Anda inginkan yang dapat menemukan dan menghubungi Anda di platform ini.

Instagram adalah salah satu platform media sosial terbesar di dunia dengan jutaan pengguna aktif setiap hari. Meskipun ini memberikan banyak manfaat, ada juga risiko kehilangan privasi. Fitur Temukan Orang di Instagram memungkinkan pengguna lain menemukan akun Anda berdasarkan nomor telepon atau alamat email yang terhubung dengan akun Anda. Jika Anda ingin mengendalikan siapa yang dapat menemukan dan menghubungi Anda di Instagram, berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menghilangkan Temukan Orang di Instagram.

Buka Aplikasi Instagram

Langkah pertama dalam menghilangkan fitur Temukan Orang di Instagram adalah membuka aplikasi Instagram di perangkat Anda. Pastikan Anda sudah masuk ke akun Anda sebelum melanjutkan.

Setelah membuka aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengatur privasi akun Anda dan menghilangkan fitur Temukan Orang:

Masuk ke Akun Anda

Sebelum Anda dapat mengatur privasi akun Anda, pastikan Anda sudah masuk ke akun Instagram Anda. Buka aplikasi Instagram dan masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda. Setelah berhasil masuk, Anda dapat melanjutkan untuk mengatur privasi akun Anda.

Buka Pengaturan Akun

Setelah Anda masuk ke akun Instagram Anda, arahkan kursor ke foto profil Anda di sudut kanan bawah layar. Ketuk foto profil Anda untuk membuka halaman profil Anda.

Di halaman profil Anda, Anda akan melihat berbagai opsi pengaturan yang tersedia. Ketuk opsi “Pengaturan” untuk membuka pengaturan akun Anda.

Pilih “Akun Pribadi”

Pada halaman pengaturan akun Anda, gulir ke bawah dan cari opsi “Privasi”. Di bawah opsi Privasi, Anda akan melihat opsi “Akun Pribadi”. Ketuk opsi ini untuk mengubah akun Anda menjadi akun pribadi.

Dengan mengatur akun Anda sebagai akun pribadi, Anda memiliki lebih banyak kendali atas siapa yang dapat menemukan dan menghubungi Anda di Instagram. Hanya pengikut Anda yang dapat melihat konten Anda secara penuh, dan orang yang tidak mengikuti Anda harus meminta izin untuk mengikuti Anda dan melihat konten Anda.

Aktifkan “Akun Pribadi”

Setelah Anda memilih opsi “Akun Pribadi”, Anda akan melihat konfirmasi bahwa akun Anda telah diubah menjadi akun pribadi. Anda juga akan melihat peringatan bahwa dengan mengubah akun Anda menjadi akun pribadi, Anda akan membatasi siapa yang dapat melihat konten dan aktivitas Anda.

Ketuk opsi “Ya, Saya Mengerti” untuk mengkonfirmasi perubahan. Setelah itu, akun Anda akan menjadi akun pribadi.

Nonaktifkan “Temukan Orang”

Setelah mengatur akun Anda sebagai akun pribadi, Anda dapat melanjutkan dengan menghilangkan fitur Temukan Orang di Instagram. Fitur ini memungkinkan pengguna lain menemukan akun Anda berdasarkan nomor telepon atau alamat email yang terhubung dengan akun Anda.

Untuk menghilangkan fitur Temukan Orang, kembali ke halaman pengaturan akun Anda. Di bawah opsi “Privasi”, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Temukan Orang”. Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturannya.

Nonaktifkan Temukan Orang

Di halaman pengaturan Temukan Orang, Anda akan melihat tombol pengaktifan/nonaktifan. Untuk menghilangkan fitur Temukan Orang di Instagram, geser tombol ini ke posisi mati (biasanya ke arah kiri).

Setelah Anda menggeser tombol nonaktif, fitur Temukan Orang tidak akan lagi tersedia bagi pengguna lain untuk menemukan akun Anda berdasarkan nomor telepon atau alamat email. Ini akan membantu meningkatkan privasi akun Anda dan memastikan bahwa hanya orang-orang yang Anda izinkan yang dapat menemukan dan menghubungi Anda di Instagram.

Batasi Pengikut

Selain menghilangkan fitur Temukan Orang, Anda juga dapat membatasi siapa yang dapat mengikuti Anda di Instagram. Dengan mengatur pengaturan privasi Anda, Anda dapat memilih untuk menerima pengikut hanya dari orang-orang yang Anda setujui. Ini memberi Anda lebih banyak kendali atas siapa yang dapat melihat konten Anda dan berinteraksi dengan Anda di platform ini.

Masuk ke Pengaturan Privasi

Untuk mengatur batasan pengikut, kembali ke halaman pengaturan akun Anda. Di bawah opsi “Privasi”, cari dan ketuk opsi “Pengikut”.

Dalam pengaturan pengikut, Anda akan melihat beberapa opsi yang dapat Anda atur sesuai keinginan Anda.

Aktifkan “Setujui Pengikut”

Untuk membatasi siapa yang dapat mengikuti Anda di Instagram, aktifkan opsi “Setujui Pengikut”. Dengan mengaktifkan opsi ini, setiap kali seseorang ingin mengikuti Anda, Anda harus menyetujui permintaan mereka terlebih dahulu.

Dengan demikian, Anda memiliki kendali penuh atas siapa yang dapat mengikuti Anda di Instagram. Anda dapat meninjau permintaan pengikut dan memutuskan apakah ingin menerima atau menolaknya.

Atur Pengikut yang Telah Anda Setujui

Setelah Anda mengaktifkan opsi “Setujui Pengikut”, Anda akan melihat daftar pengikut yang telah Anda setujui. Anda dapat mengakses daftar ini dengan kembali ke pengaturan pengikut.

Jika ada pengikut yang ingin Anda hapus dari daftar pengikut Anda, Anda dapat melakukannya dengan mengklik nama pengikut dan memilih opsi “Hapus” atau “Unfollow” (bergantung pada versi aplikasi Instagram yang Anda gunakan).

Atur Privasi Konten

Langkah selanjutnya adalah mengatur privasi konten Anda di Instagram. Anda dapat memilih untuk membuat akun Anda pribadi, tetapi Anda juga dapat mengatur privasi konten individual yang Anda posting.

Masuk ke Pengaturan Privasi

Untuk mengatur privasi konten, kembali ke halaman pengaturan akun Anda. Di bawah opsi “Privasi”, cari dan ketuk opsi “Privasi Konten”.

Di halaman pengaturan privasi konten, Anda akan melihat beberapa opsi yang dapat Anda atur sesuai keinginan Anda.

Pilih Opsi Privasi Konten

Di halaman pengaturan privasi konten, Anda dapat memilih salah satu dari tiga opsi privasi untuk konten Anda:

  1. Publik: Jika Anda memilih opsi ini, konten Anda akan dapat dilihat oleh siapa pun, termasuk orang-orang yang tidak mengikuti Anda.
  2. Hanya Pengikut: Jika Anda memilih opsi ini, hanya pengikut Anda yang dapat melihat konten Anda secara penuh. Orang yang tidak mengikuti Anda hanya akan melihat foto profil Anda dan jumlah pengikut Anda.
  3. Teman yang Anda Pilih: Jika Anda memilih opsi ini, hanya teman yang Anda pilih yang dapat melihat konten Anda secara penuh. Orang-orang yang tidak Anda pilih sebagai teman hanya akan melihat foto profil Anda danjumlah pengikut Anda, tanpa dapat melihat konten yang Anda posting.

Pilih opsi privasi konten yang paling sesuai dengan preferensi Anda. Anda dapat mengubah pengaturan ini kapan saja sesuai keinginan Anda.

Hapus Kontak yang Tersimpan

Jika Anda ingin memastikan akun Anda tidak ditemukan oleh orang-orang yang ada di daftar kontak Anda, Anda juga dapat menghapus kontak yang tersimpan di Instagram.

Untuk menghapus kontak yang tersimpan, kembali ke halaman pengaturan akun Anda. Di bawah opsi “Privasi”, cari dan ketuk opsi “Kontak yang Tersimpan”.

Hapus Kontak yang Tidak Diinginkan

Di halaman kontak yang tersimpan, Anda akan melihat daftar kontak yang telah disinkronkan dengan akun Instagram Anda. Ketuk nama kontak yang ingin Anda hapus dari daftar.

Pada halaman kontak individu, Anda akan melihat opsi “Hapus” atau “Unlink” (bergantung pada versi aplikasi Instagram yang Anda gunakan). Ketuk opsi ini untuk menghapus kontak dari daftar kontak yang tersimpan di Instagram.

Dengan menghapus kontak yang tidak diinginkan, Anda dapat memastikan bahwa akun Anda tidak akan ditemukan oleh orang-orang di daftar kontak tersebut.

Verifikasi Langkah-langkah Anda

Setelah Anda mengatur semua pengaturan privasi di Instagram, penting untuk memverifikasi langkah-langkah yang Anda ambil. Pastikan Anda telah menghilangkan fitur Temukan Orang, membatasi pengikut, dan mengatur privasi konten sesuai dengan preferensi Anda.

Anda juga dapat menguji pengaturan privasi Anda dengan mencoba menemukan akun Anda sendiri menggunakan nomor telepon atau alamat email. Jika akun Anda tidak muncul dalam hasil pencarian, ini berarti pengaturan privasi Anda berhasil.

Periksa kembali setiap langkah yang telah Anda ambil dan pastikan semuanya berjalan sesuai rencana. Jika ada yang perlu Anda ubah atau perbarui, lakukan sekarang untuk memastikan privasi akun Instagram Anda terjaga dengan baik.

Tetap Mengupdate Pengaturan Privasi Anda

Penting untuk tetap mengupdate pengaturan privasi Anda secara teratur. Instagram terus memperbarui platformnya, dan ada kemungkinan ada perubahan dalam pengaturan privasi yang akan mempengaruhi akun Anda.

Periksa pengaturan privasi Anda secara rutin dan pastikan Anda tetap mengikuti langkah-langkah terbaru untuk menjaga privasi akun Instagram Anda. Teruslah memperbarui pengaturan privasi Anda sesuai kebutuhan dan pastikan Anda mengetahui perubahan apa pun yang mungkin terjadi di platform ini.

Periksa Pemberitahuan Dari Instagram

Instagram akan mengirimkan pemberitahuan jika ada perubahan penting dalam pengaturan privasi atau kebijakan mereka. Pastikan Anda membaca pemberitahuan ini dengan seksama dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memastikan privasi akun Anda terjaga dengan baik.

Jika ada perubahan yang signifikan, seperti pengaturan privasi default yang berubah, pastikan Anda memeriksa ulang pengaturan privasi akun Anda dan sesuaikan jika diperlukan.

Kesimpulan

Menjaga privasi akun Instagram Anda adalah penting untuk melindungi diri Anda dari penyalahgunaan dan memastikan hanya orang-orang yang Anda inginkan yang dapat menemukan dan menghubungi Anda di platform ini. Dalam panduan ini, kami telah memberikan langkah-langkah yang komprehensif tentang cara menghilangkan Temukan Orang di Instagram dan mengatur pengaturan privasi lainnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan mengupdate pengaturan privasi Anda secara teratur, Anda dapat memiliki kendali penuh atas siapa yang dapat menemukan dan menghubungi Anda di Instagram. Tetaplah waspada dan perhatikan perubahan pengaturan privasi yang mungkin terjadi di platform ini untuk menjaga privasi dan keamanan akun Instagram Anda.

Dengan menjaga privasi akun Anda, Anda dapat lebih nyaman dan tenang saat menggunakan Instagram, serta menjaga keamanan dan kenyamanan dalam berkomunikasi dengan orang-orang di platform ini. Ingatlah untuk mengatur pengaturan privasi sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda, dan selalu periksa pengaturan privasi Anda secara rutin untuk memastikan semuanya tetap sesuai dengan harapan Anda.

Related video of Cara Menghilangkan Temukan Orang di Instagram: Panduan Lengkap