Cara Mengubah Stiker Telegram Menjadi Stiker WhatsApp

Jika Anda pengguna setia aplikasi Telegram dan ingin menggunakan stiker keren yang ada di sana di WhatsApp, beruntunglah karena ada cara mudah untuk mengubah stiker Telegram menjadi stiker WhatsApp. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melakukan konversi ini. Jadi, jika Anda penasaran dan ingin tahu lebih lanjut, teruslah membaca!

Sebelum kita mulai, pastikan Anda memiliki aplikasi Telegram dan WhatsApp terinstall di ponsel Anda. Setelah itu, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengubah stiker Telegram menjadi stiker WhatsApp.

Membuat dan Mengunduh Stiker di Telegram

Langkah pertama dalam mengubah stiker Telegram menjadi stiker WhatsApp adalah membuat dan mengunduh stiker di aplikasi Telegram. Buka aplikasi Telegram dan cari bot Stickers. Jika Anda belum memiliki bot tersebut, Anda dapat mencarinya di fitur pencarian Telegram.

Setelah menemukan bot Stickers, buka obrolan dengan bot tersebut. Ketikkan perintah “/newpack” untuk membuat paket stiker baru. Bot Stickers akan memandu Anda melalui proses pembuatan paket stiker.

Membuat Paket Stiker Baru

Pada tahap ini, Anda perlu memberikan nama untuk paket stiker baru yang akan Anda buat di Telegram. Berikan nama yang menarik dan sesuai dengan tema stiker yang akan Anda tambahkan. Setelah memberikan nama, Anda juga perlu memberikan nama pengguna yang akan digunakan sebagai identitas paket stiker Anda.

Setelah itu, Anda dapat mulai membuat stiker sendiri atau mengunduh stiker dari koleksi publik yang tersedia di bot Stickers. Jika Anda ingin membuat stiker sendiri, Anda dapat menggunakan foto atau gambar yang ada di galeri ponsel Anda.

Mengunduh Stiker dari Koleksi Publik

Jika Anda memilih untuk mengunduh stiker dari koleksi publik yang tersedia di bot Stickers, Anda dapat menggunakan fitur pencarian untuk mencari stiker yang sesuai dengan tema yang Anda inginkan. Setelah menemukan stiker yang Anda sukai, cukup ketuk stiker tersebut untuk melihatnya dalam ukuran penuh.

Setelah memilih stiker yang Anda inginkan, tekan tombol “Add to Stickers” untuk menambahkannya ke paket stiker Anda. Anda dapat memilih beberapa stiker sekaligus untuk ditambahkan ke paket stiker yang sama.

Mempublikasikan Paket Stiker

Setelah Anda selesai membuat atau memilih stiker yang diinginkan, saatnya mempublikasikan paket stiker tersebut agar dapat diunduh dan digunakan di WhatsApp. Tekan tombol “Publish Sticker Pack” yang ada di bot Stickers untuk mempublikasikan paket stiker.

Pastikan untuk mengatur paket stiker sebagai publik agar dapat diakses oleh pengguna lainnya. Jika ingin menjaga privasi, Anda juga dapat mengatur paket stiker sebagai pribadi, tetapi stiker tersebut hanya akan tersedia untuk pengguna yang memiliki tautan undangan.

Mengunduh Stiker dari Telegram

Setelah berhasil membuat dan mempublikasikan paket stiker di Telegram, langkah berikutnya adalah mengunduh stiker dari Telegram ke ponsel Anda. Buka browser di ponsel Anda dan buka situs web Telegram menggunakan tautan “https://t.me/addstickers/[nama pengguna paket stiker]”.

Mengakses Paket Stiker

Pada halaman tersebut, ganti “[nama pengguna paket stiker]” dengan nama pengguna yang telah Anda tentukan saat membuat paket stiker di Telegram. Halaman tersebut akan menampilkan semua stiker yang ada di paket tersebut.

Anda dapat menelusuri stiker-stiker tersebut dengan menggeser layar ke atas atau ke bawah. Jika Anda ingin melihat stiker dalam ukuran penuh, cukup ketuk stiker tersebut. Halaman tersebut juga akan menampilkan judul dan nama pengguna paket stiker yang Anda buat.

Mengunduh Stiker ke Galeri

Untuk mengunduh stiker dari Telegram, Anda perlu menyimpannya di galeri ponsel Anda. Untuk melakukannya, tekan dan tahan stiker yang ingin Anda unduh. Sebuah menu akan muncul dengan beberapa opsi.

Pilih opsi “Save Image” atau “Simpan Gambar” untuk menyimpan stiker ke galeri ponsel Anda. Ulangi langkah ini untuk semua stiker yang ingin Anda unduh. Anda dapat mengunduh stiker satu per satu atau mengunduh semua stiker dalam paket tersebut.

Mengubah Format Stiker

Setelah Anda mengunduh semua stiker dari Telegram, langkah selanjutnya adalah mengubah format stiker agar dapat digunakan di WhatsApp. Saat ini, WhatsApp hanya mendukung format stiker dalam bentuk file dengan ekstensi .webp.

Menggunakan Aplikasi Konversi Stiker

Untuk mengubah format stiker, Anda dapat menggunakan aplikasi konversi stiker seperti “Personal Stickers for WhatsApp” yang tersedia di Play Store atau App Store. Instal aplikasi tersebut di ponsel Anda dan buka aplikasi tersebut setelah proses instalasi selesai.

Membuat Paket Stiker Baru

Setelah membuka aplikasi konversi stiker, Anda perlu membuat paket stiker baru. Pilih opsi “Create a new sticker pack” atau “Buat paket stiker baru” yang ada di aplikasi tersebut.

Beri nama untuk paket stiker baru yang akan Anda buat. Pastikan nama yang Anda berikan sesuai dengan tema stiker yang akan Anda tambahkan. Setelah memberikan nama, Anda dapat memilih gambar yang akan dijadikan stiker dari galeri ponsel Anda.

Menambahkan Stiker ke Paket

Setelah memilih gambar, Anda dapat memberikan keterangan atau judul yang sesuai untuk stiker tersebut. Pastikan untuk memberikan keterangan yang jelas agar stiker dapat dengan mudah dikenali oleh pengguna lainnya.

Setelah memberikan keterangan, Anda dapat menambahkan stiker ke paket stiker dengan menekan tombol “Add Sticker” atau “Tambahkan Stiker”. Ulangi langkah ini untuk semua stiker yang ingin Anda tambahkan ke paket stiker baru.

Mengonversi Stiker

Setelah semua stiker diunggah dan diatur dengan benar di aplikasi konversi stiker, saatnya mengonversi stiker ke format .webp yang dapat digunakan di WhatsApp. Tekan tombol “Convert” atau “Konversi” yang ada di aplikasi konversi stiker tersebut.

Aplikasi akan melakukan proses konversi stiker. Harap bersabar karena waktu yang dibutuhkan tergantung pada jumlah stiker yang Anda konversi. Setelah proses konversi selesai, stiker akan siap digunakan di WhatsApp.

Mengimpor Stiker ke WhatsApp

Setelah berhasil mengonversi stiker ke format .webp, langkah selanjutnya adalah mengimpor stiker ke WhatsApp. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda dan buka obrolan dengan teman atau kelompok yang ingin Anda gunakan stiker baru tersebut.

Membuka Stiker

Untuk membuka stiker di WhatsApp, ketuk ikon stiker yang ada di sebelah area input teks. Ikon stiker biasanya berbentuk emoji yang tersenyum atau tanda tawa. Ketuk ikon tersebut untuk membuka panel stiker.

Mengimpor Stiker

Setelah membuka panel stiker, cari stiker baru yang telah Anda impor dari aplikasi konversi stiker. Stiker baru biasanya akan muncul di awal panel atau di bagian “Recently Added” atau “Baru Ditambahkan”.

Jika stiker tidak muncul di panel, Anda dapat mencarinya dengan menggulir panel ke atas atau ke bawah. Jika Anda ingin menggunakan stiker tertentu secara lebih cepat, Anda juga dapat menambahkannya ke stiker favorit.

Menggunakan Stiker

Setelah menemukan stiker yang ingin Anda gunakan, cukup ketuk stiker tersebut untuk mengirimkannya ke obrolanWhatsApp. Stiker akan langsung muncul di area input teks dan dapat dikirim ke teman atau kelompok dengan menekan tombol kirim.

Menyimpan Stiker di WhatsApp

Jika Anda ingin menyimpan stiker di WhatsApp agar dapat menggunakannya kembali tanpa harus mencarinya di aplikasi konversi stiker, Anda dapat menambahkannya ke favorit. Fitur ini memungkinkan Anda mengakses stiker favorit dengan mudah tanpa harus mencarinya di panel stiker.

Menambahkan Stiker ke Favorit

Untuk menambahkan stiker ke favorit, cukup tekan dan tahan stiker yang ingin Anda simpan. Sebuah menu akan muncul dengan beberapa opsi. Pilih opsi “Add to Favorites” atau “Tambahkan ke Favorit” untuk menyimpan stiker ke bagian stiker favorit di WhatsApp.

Setelah ditambahkan ke favorit, stiker tersebut akan tersedia di bagian stiker favorit di panel stiker. Anda dapat mengaksesnya dengan cepat dan menggunakannya dalam obrolan WhatsApp Anda.

Pemanfaatan Stiker Telegram di WhatsApp

Dengan mengubah stiker Telegram menjadi stiker WhatsApp, Anda dapat memanfaatkan beragam stiker keren dari Telegram untuk menambah keceriaan dan ekspresi dalam obrolan WhatsApp Anda. Stiker dapat menggambarkan emosi, situasi, atau bahkan karakter yang lucu dan menggemaskan.

Dengan memiliki koleksi stiker yang lebih luas, Anda dapat mengekspresikan diri dengan lebih kreatif dan menambahkan sentuhan pribadi dalam obrolan dengan teman, keluarga, atau rekan kerja.

Kreativitas Stiker Sendiri

Tidak hanya menggunakan stiker yang sudah ada, Anda juga dapat menunjukkan kreativitas Anda dengan membuat stiker sendiri di Telegram. Fitur ini memungkinkan Anda membuat stiker dengan menggunakan foto atau gambar dari galeri ponsel Anda.

Menggunakan Foto atau Gambar

Untuk membuat stiker sendiri, buka obrolan dengan bot Stickers di Telegram. Ketikkan perintah “/newpack” untuk membuat paket stiker baru. Setelah memberikan nama dan nama pengguna untuk paket stiker, pilih opsi “Add Sticker” untuk menambahkan stiker baru ke paket.

Pilih opsi “Use Photo” atau “Gunakan Foto” untuk menggunakan foto atau gambar dari galeri ponsel Anda. Pilih foto atau gambar yang ingin Anda jadikan stiker, lalu sesuaikan ukuran dan potongan yang diinginkan.

Mengatur Transparansi dan Teks

Setelah memilih gambar, Anda dapat mengatur transparansi stiker dengan menggeser slider ke sebelah kiri atau kanan. Transparansi yang lebih tinggi akan membuat stiker lebih transparan, sementara transparansi yang lebih rendah akan membuat stiker lebih terlihat.

Anda juga dapat menambahkan teks ke stiker dengan memilih opsi “Add Text” atau “Tambahkan Teks”. Ketikkan teks yang diinginkan dan sesuaikan ukuran, warna, dan posisi teks sesuai keinginan Anda.

Mempublikasikan Stiker

Setelah selesai membuat stiker, tekan tombol “Publish Sticker Pack” untuk mempublikasikan paket stiker tersebut. Pastikan untuk mengatur paket stiker sebagai publik agar dapat diakses oleh pengguna lainnya.

Dengan membuat stiker sendiri, Anda dapat mengekspresikan diri dengan lebih unik dan pribadi. Anda dapat menggunakan foto atau gambar dari momen spesial atau mengambil gambar dari karakter favorit Anda untuk membuat stiker yang benar-benar unik.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara mengubah stiker Telegram menjadi stiker WhatsApp. Mulai dari membuat dan mengunduh stiker di Telegram, mengubah format stiker, hingga mengimpor dan menyimpan stiker di WhatsApp, semua langkah-langkahnya telah dijelaskan secara rinci.

Sekarang Anda tidak perlu lagi merasa terbatas dengan stiker bawaan WhatsApp. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menambahkan stiker keren dari Telegram ke koleksi stiker WhatsApp Anda. Nikmati koleksi stiker yang lebih luas dan tambahkan sentuhan kreativitas Anda dalam obrolan WhatsApp Anda!

Jadi, jangan ragu untuk mencoba langkah-langkah dalam panduan ini dan beri kesan baru dalam obrolan WhatsApp Anda!

Related video of Cara Mengubah Stiker Telegram Menjadi Stiker WhatsApp