Cara Melihat Etalase di TikTok: Panduan Lengkap

Anda tertarik untuk mengetahui cara melihat etalase di TikTok? Jika ya, Anda berada di tempat yang tepat. TikTok, platform media sosial yang semakin populer, menawarkan fitur etalase yang dapat membantu Anda menemukan konten yang sesuai dengan minat Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan komprehensif tentang cara melihat etalase di TikTok dan bagaimana memanfaatkannya sebaik mungkin. Mari kita mulai!

Mengakses Etalase di TikTok

Untuk mengakses etalase di TikTok, buka aplikasi TikTok di perangkat Anda dan masuk ke akun Anda. Setelah Anda berhasil masuk, Anda akan melihat tampilan beranda TikTok. Di bagian bawah layar, Anda akan menemukan ikon “Search”. Ketuk ikon ini untuk membuka menu pencarian.

Setelah menu pencarian terbuka, Anda akan melihat beberapa kategori di bagian atas layar, seperti “For You”, “Following”, dan “Discover”. Ketuk kategori “Discover” untuk membuka etalase TikTok.

Menyesuaikan Etalase Anda

Setiap pengguna TikTok memiliki etalase yang unik, yang didasarkan pada minat dan preferensi mereka. Untuk memastikan etalase Anda sesuai dengan minat Anda, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut:

1. Isi profil Anda dengan informasi yang akurat tentang minat dan hobi Anda. TikTok akan menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan etalase Anda.

2. Ikuti akun-akun yang sesuai dengan minat Anda. Dengan mengikuti akun-akun ini, Anda memberi tahu TikTok tentang minat Anda dan membantu memperbaiki etalase Anda.

Mengeksplorasi Video di Etalase

Selamat! Anda telah berhasil masuk ke etalase TikTok. Sekarang, mari kita jelajahi berbagai video yang ditampilkan di dalamnya. Anda dapat menggulir layar ke atas atau ke bawah untuk melihat berbagai video yang tersedia di etalase Anda.

Menonton Video dengan Detail

Jika Anda menemukan video yang menarik, Anda dapat mengetuknya untuk melihatnya dengan lebih detail. Ketika video terbuka, Anda akan melihat ikon suara di bagian kanan bawah layar, ikon tanda suka di bagian kanan atas layar, dan ikon komentar di bagian bawah layar. Anda juga dapat melihat jumlah tanda suka dan komentar yang telah diberikan pada video tersebut.

Anda dapat menyukai video tersebut dengan mengetuk ikon tanda suka, atau meninggalkan komentar dengan mengetuk ikon komentar. Selain itu, jika Anda ingin mengikuti akun yang membagikan video tersebut, Anda dapat mengetuk nama pengguna di atas video dan mengeklik tombol “Follow”. Dengan mengikuti akun ini, Anda akan melihat lebih banyak konten dari mereka di etalase Anda.

Menyimpan Video yang Menarik

Jika Anda menemukan video yang ingin Anda simpan untuk ditonton nanti, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Di bawah video, Anda akan melihat ikon panah ke bawah. Ketuk ikon ini untuk membuka opsi lainnya. Anda akan melihat opsi “Save” di bawah opsi lainnya. Ketuk opsi “Save” untuk menyimpan video ke daftar video yang telah Anda simpan.

Video yang telah Anda simpan akan tersedia di bagian “Saved” di profil Anda. Anda dapat mengaksesnya kapan saja dan menonton ulang video yang menarik bagi Anda. Menyimpan video yang menarik dapat membantu Anda mengumpulkan konten yang ingin Anda tonton atau bagikan di kemudian hari.

Menggunakan Fitur “Not Interested”

Salah satu fitur yang berguna di etalase TikTok adalah fitur “Not Interested”. Jika Anda menemukan video yang tidak relevan atau tidak menarik bagi Anda di etalase, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk memberi tahu TikTok tentang preferensi Anda.

Cara Menggunakan Fitur “Not Interested”

Untuk menggunakan fitur “Not Interested”, cukup ketuk dan tahan video yang ingin Anda tandai. Setelah Anda menahan video tersebut, Anda akan melihat beberapa opsi di layar. Salah satunya adalah “Not Interested”. Ketuk opsi ini untuk memberi tahu TikTok bahwa Anda tidak tertarik dengan konten semacam itu.

TikTok akan menggunakan informasi ini untuk memperbaiki etalase Anda dan menyajikan konten yang lebih sesuai dengan minat Anda. Dengan menggunakan fitur “Not Interested” secara konsisten, Anda akan melihat perbaikan dalam konten yang ditampilkan di etalase Anda seiring berjalannya waktu.

Menggunakan Filter Etalase

TikTok juga menyediakan filter etalase yang memungkinkan Anda menyaring konten yang ditampilkan berdasarkan minat dan preferensi Anda. Anda dapat menggunakan filter etalase untuk mendapatkan konten yang lebih spesifik sesuai dengan minat Anda.

Mengakses Filter Etalase

Untuk mengakses filter etalase di TikTok, buka etalase seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Di bagian atas layar, Anda akan melihat ikon filter di sebelah kanan ikon kategori. Ketuk ikon filter ini untuk membuka menu filter etalase.

Setelah menu filter etalase terbuka, Anda akan melihat berbagai pilihan filter yang dapat Anda gunakan. Misalnya, jika Anda tertarik pada musik, Anda dapat memilih filter “Music” untuk melihat konten yang berkaitan dengan musik. Jika Anda tertarik pada tarian, Anda dapat memilih filter “Dance” untuk melihat konten tari yang menarik.

Menyesuaikan Filter Etalase

Anda juga dapat menyesuaikan filter etalase sesuai dengan minat Anda. Di bagian bawah menu filter etalase, Anda akan melihat opsi “Manage” di sebelah kanan. Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan filter etalase.

Di dalam pengaturan filter etalase, Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan berbagai kategori filter. Misalnya, jika Anda tidak tertarik pada olahraga, Anda dapat menonaktifkan filter “Sports” sehingga konten olahraga tidak akan ditampilkan di etalase Anda.

Menemukan Konten Baru di Etalase

Selain menonton video di etalase yang ditampilkan, Anda juga dapat menemukan konten baru yang menarik di TikTok melalui etalase. Berikut adalah beberapa cara untuk menemukan konten baru di etalase:

Menjelajahi Kategori Etalase

TikTok menyediakan berbagai kategori di etalase yang dapat Anda jelajahi. Misalnya, jika Anda tertarik pada kuliner, Anda dapat menjelajah kategori “Food & Drink” untuk menemukan konten tentang resep, makanan, dan minuman.

Kategori lainnya termasuk “Beauty”, “Fashion”, “Animals”, dan banyak lagi. Pilih kategori yang sesuai dengan minat Anda dan temukan konten menarik yang Anda sukai.

Mencari Kata Kunci

Anda juga dapat mencari konten spesifik dengan menggunakan kata kunci di etalase TikTok. Di bagian atas layar etalase, Anda akan melihat ikon kaca pembesar. Ketuk ikon ini untuk membuka menu pencarian.

Setelah menu pencarian terbuka, Anda dapat memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari di kotak pencarian. Misalnya, jika Anda tertarik pada seni lukis, Anda dapat mencari kata kunci “art” atau “painting”. TikTok akan menampilkan konten yang relevan dengan kata kunci yang Anda masukkan.

Mengikuti Tag Tren

TikTok juga menampilkan tag tren yang populer di etalase. Anda dapat menemukan tag-tag ini di bagian atas layar etalase. Ketuk tag tren yang menarik bagi Anda untuk melanjutkan menelusuri konten-konten yang terkait dengan tag tersebut. Misalnya, jika Anda melihat tag tren “DIY” (Do-It-Yourself), Anda dapat mengetuk tag tersebut untuk melihat berbagai video tutorial yang menunjukkan cara membuat berbagai proyek DIY.

Dengan menjelajahi kategori etalase, mencari kata kunci, dan mengikuti tag tren, Anda dapat menemukan konten baru yang menarik dan sesuai dengan minat Anda di TikTok.

Menggunakan Fitur “For You”

Fitur “For You” adalah salah satu fitur utama di TikTok yang akan membantu Anda menemukan konten yang disesuaikan dengan minat Anda. Fitur ini memilih konten secara otomatis berdasarkan preferensi dan interaksi Anda di platform ini.

Menjelajahi Konten di “For You”

Untuk menjelajahi konten di fitur “For You”, buka aplikasi TikTok dan masuk ke akun Anda. Setelah itu, Anda akan langsung melihat beranda TikTok yang menampilkan video-video yang telah dipilih khusus untuk Anda.

Anda dapat menggulir layar ke atas atau ke bawah untuk melihat berbagai video yang ditampilkan. Jika Anda menemukan video yang menarik, Anda dapat mengetuknya untuk melihatnya dengan lebih detail, memberikan tanda suka, atau meninggalkan komentar.

Menggunakan Fitur “Following”

Fitur “Following” memungkinkan Anda melihat konten yang dibagikan oleh akun-akun yang Anda ikuti. Untuk menggunakan fitur ini, masuk ke akun Anda dan ketuk ikon “Following” di bagian bawah layar.

Setelah Anda masuk ke fitur “Following”, Anda akan melihat semua video yang dibagikan oleh akun-akun yang Anda ikuti. Anda dapat menggulir layar untuk melihat video-video ini dan melakukan interaksi dengan mereka seperti memberikan tanda suka atau meninggalkan komentar.

Menggunakan Fitur “Discover”

Fitur “Discover” di TikTok adalah tempat di mana Anda dapat menemukan konten baru dan mengeksplorasi berbagai kategori yang menarik bagi Anda. Untuk menggunakan fitur ini, ketuk ikon “Search” di bagian bawah layar dan pilih kategori “Discover”.

Selanjutnya, Anda akan melihat berbagai video yang ditampilkan berdasarkan minat dan preferensi Anda. Anda dapat mengeksplorasi konten-konten ini dengan menggulir layar ke atas atau ke bawah. Jika Anda menemukan video yang menarik, Anda dapat mengetuknya untuk melihatnya dengan lebih detail atau melakukan interaksi dengan video tersebut.

Menyimpan Video dari Etalase

Selama menjelajahi etalase TikTok, Anda mungkin menemukan video yang ingin Anda simpan untuk ditonton atau dibagikan di kemudian hari. Untungnya, TikTok menyediakan fitur penyimpanan yang memudahkan Anda untuk menyimpan video-video tersebut.

Menyimpan Video yang Menarik

Untuk menyimpan video yang menarik, cari video yang ingin Anda simpan di etalase TikTok. Setelah menemukan video tersebut, ketuk dan tahan video tersebut untuk membuka opsi lainnya.

Dalam opsi lainnya, Anda akan melihat opsi “Save” di antara opsi lainnya. Ketuk opsi “Save” untuk menyimpan video ke daftar video yang telah Anda simpan.

Mengakses Video yang Telah Disimpan

Video yang telah Anda simpan akan tersedia di bagian “Saved” di profil Anda. Untuk mengakses video yang telah disimpan, masuk ke akun Anda dan ketuk ikon profil di bagian kanan bawah layar. Setelah itu, ketuk tab “Saved” di bagian atas layar.

Di tab “Saved”, Anda akan melihat semua video yang telah Anda simpan. Anda dapat menggulir layar untuk melihat video-video ini dan menonton ulang video yang menarik bagi Anda kapan pun Anda mau.

Interaksi dengan Konten di Etalase

Etalase TikTok bukan hanya tentang menonton video, tetapi juga tentang berinteraksi dengan konten yang Anda temukan. Dalam etalase, Anda memiliki beberapa opsi untuk berinteraksi dengan video-video yang ditampilkan.

Memberikan Tanda Suka pada Video

Memberikan tanda suka pada video adalah salah satu cara untuk berinteraksi dengan konten di etalase TikTok. Anda dapat memberikan tanda suka pada video yang Anda sukai dengan mengetuk ikon hati di bagian kanan atas video.

Dengan memberikan tanda suka, Anda menunjukkan apresiasi Anda terhadap video tersebut kepada pembuat konten dan memberi tahu TikTok bahwa Anda menyukai jenis konten semacam itu.

Meninggalkan Komentar pada Video

Selain memberikan tanda suka, Anda juga dapat meninggalkan komentar pada video yang Anda temukan di etalase. Untuk meninggalkan komentar, ketuk ikon komentar di bagian bawah video.

Setelah itu, Anda dapat mengetikkan komentar Anda dan mengirimkannya. Meninggalkan komentar dapat memungkinkan Anda berinteraksi dengan pembuat konten dan memulai percakapan dengan mereka atau pengguna lain yang melihat video tersebut.

Membagikan Video ke Media Sosial Lain

Jika Anda menemukan video yang ingin Anda bagikan dengan teman-teman Anda di media sosial lainnya, TikTok menyediakan fitur pembagian yang memudahkan Anda untuk melakukannya.

Untuk membagikan video, ketuk ikon “Share” di bagian bawah video. Setelah itu, Anda akan melihat berbagai opsi pembagian, termasuk pembagian ke platform media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya.

Pilih platform yang ingin Anda gunakan untuk membagikan video dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menyelesaikan proses pembagian.

Melacak Perkembangan Etalase Anda

Seiring berjalannya waktu, etalase TikTok Anda akan terus berubah dan menyesuaikan dengan minat dan preferensi Anda. Anda dapat melacak perkembangan etalase Anda melalui beberapa metode berikut:

Menggunakan Fitur “For You” dan “Following”

Fitur “For You” dan “Following” memungkinkan Anda melihat konten yang disesuaikan dengan minat dan akun yang Anda ikuti. Dengan terus menjelajahi dan berinteraksi dengan konten di fitur ini, etalase Anda akan semakin terpersonalisasi dan menampilkan konten yang lebih relevan dengan minat Anda.

Menggunakan Fitur “Not Interested”

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fitur “Not Interested” memungkinkan Anda memberi tahu TikTok tentang preferensi Anda dengan menandai video yang tidak relevan atau tidak menarik bagi Anda. Dengan menggunakan fitur ini secara konsisten, Anda akan melihat perbaikan dalam konten yang ditampilkan di etalase Anda seiring berjalannya waktu.

Menggunakan Filter Etalase

Anda dapat terus menyesuaikan filter etalase sesuai dengan minat Anda. Dengan mengaktifkan atau menonaktifkan berbagai kategori filter yang tersedia, Anda dapat memastikan konten yang ditampilkan di etalase Anda tetap sesuai dengan minat dan preferensi Anda.

Mengikuti Akun yang Relevan

Terakhir, dengan mengikuti akun-akun yang relevan dengan minat Anda, Anda akan melihat lebih banyak konten dari akun-akun ini di etalase Anda. Dengan mengikuti akun-akun ini dan berinteraksi dengan konten mereka, Anda dapat memperkaya pengalaman Anda di TikTok dan terus menemukan konten yang menarik.

Demikianlah panduan lengkap tentang cara melihat etalase di TikTok. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat menemukan konten yang sesuai dengan minat Anda dan memaksimalkan pengalaman Anda di platform ini. Jadi, jangan ragu untuk menjelajahi etalase, mengikuti akun yang sesuai dengan minat Anda, dan menggunakan fitur-fitur yang disediakan, seperti “Not Interested” dan filter etalase, untuk memperbaiki dan menyempurnakan etalase Anda.

Teruslah berinteraksi dengan konten yang Anda temukan di etalase TikTok dengan memberikan tanda suka, meninggalkan komentar, dan membagikannya ke media sosial lain. Dengan berinteraksi, Anda dapat menjadi bagian dari komunitas TikTok yang dinamis dan menarik.

Selain itu, jangan lupa untuk menyimpan video yang menarik bagi Anda. Dengan menyimpan video, Anda dapat membuat koleksi konten yang sesuai dengan minat dan preferensi Anda. Anda juga dapat melihat kembali video-video tersebut di kemudian hari atau membagikannya dengan teman-teman Anda.

Perlu diingat bahwa etalase TikTok akan terus berubah seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, penting untuk terus mengikuti perkembangan etalase Anda dan melakukan penyesuaian yang diperlukan untuk memastikan konten yang ditampilkan tetap relevan dengan minat Anda.

Terakhir, jangan lupa untuk menjaga privasi dan keamanan Anda saat menggunakan TikTok. Pastikan untuk mengatur pengaturan privasi yang sesuai dan berhati-hati dalam membagikan informasi pribadi Anda.

Dengan mengikuti panduan ini, Anda sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara melihat etalase di TikTok. Manfaatkan fitur-fitur yang disediakan dan eksplorasi konten yang menarik untuk meningkatkan pengalaman Anda di platform ini. Selamat menikmati menonton dan berinteraksi dengan konten yang sesuai dengan minat Anda di TikTok!

Related video of Cara Melihat Etalase di TikTok: Panduan Lengkap